Efisien dan Aman, Inilah Cara Mempercepat Upload File di Google Drive Paling Gampang

By | June 9, 2021
Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Kemudahan akses internet sepertinya membuat seseorang beralih save file secara digital di Google Drive. Mengunggah data di internet diketahui jauh lebih efisien, aman serta terhindar dari kerusakan. Selain itu, pengguna dapat membukanya dimana saja dan membagikannya ke sesama. Cara mempercepat upload file di Google Drive juga cukup sederhana dan gampang dilakukan.

Pengguna dapat mengupload berbagai jenis data mulai dari foto, dokumen, hingga foto dalam format tertentu. Akun Gmail akan diperlukan selama proses mengunggah file ke Drive. Layanan ini memungkinkan untuk dipakai gratis atau berbayar tergantung kebutuhan. Google Drive sendiri dapat dibuka di PC maupun aplikasi di Android dan iOS.

Koneksi lambat menjadi kendala yang sering dialami ketika mengunggah sesuatu, berikut ini pembahasan lengkap tentang cara mempercepat upload file di Google Drive serta alasan mengapa menggunakannya.

Kenapa Harus Menyimpan File di Google Drive

Google Drive memberikan kemudahan pada penggunanya untuk menyimpan file secara gratis dengan kapasitas yang sudah ditentukan. Terdapat pula fitur berbayar yang menyediakan fitur  menarik dengan cakupan lebih luas. Harga yang ditawarkan pun bervariasi serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Layanan ini dapat diakses di semua jenis device seperti smartphone, tablet, serta PC selama terhubung dengan internet. Pengguna bisa membuka file dimana saja karena Google telah menyimpan file ke server. Dokumen juga bisa dicari dengan mudah melalui fitur pencarian kata kunci maupun tipe dokumen yang disimpan.

Tidak hanya itu, layanan dari Google ini dapat memudahkan pengguna share dokumen bersama orang lain secara efektif. Orang lain pun bisa mengedit dokumen tersebut dengan izin pengunggah. Apabila memakai pengolah dokumen seperti Slide atau Spreadsheet digunakan bersamaan dengan Google Drive.

Cara Mempercepat Upload File di Google Drive

Menyimpan data lewat Google Drive sepertinya menjadi solusi jika storage di PC dan smartphone penuh. Pengguna bisa mengunggah file digital gratis dengan batas maksimal 15 GB . Inilah panduan cara mempercepat upload file di Google Drive yang perlu dipahami:

1. Koneksi Internet Lancar

Sebelum mengupload data ke Google Drive, pastikan untuk mengecek koneksi internet di sekitar. Kualitas internet tentu akan mempengaruhi cepat serta lambatnya file yang diupload. Disarankan untuk memanfaatkan Wifi dengan jaringan bagus agar semakin efisien dan tidak menghabiskan kuota ponsel.

Selain jaringan internet memadai, pengguna juga perlu memperhatikan server ketika mengunduh data tersebut. Apabila server digunakan lambat secara otomatis kecepatan internet mengikuti. Oleh karena itu, GDrive bisa dijadikan alternatif saat mengupload data dengan kapasitas besar.

2. Kompres Data ke Format Rar dan Zip

Cara mempercepat upload file ke Google Drive bisa dilakukan dengan mengubahnya ke bentuk zip maupun rar. Metode ini sering kali diterapkan agar proses mengunggah lebih efisien dan tidak memakan waktu lama. Pengguna cukup klik kanan file yang dipilih kemudian tekan opsi kompres ke rar atau zip. Langkah tersebut bisa dilakukan di PC atau smartphone melalui aplikasi tambahan.

3. Unggah File ke Google Drive

Syarat penting untuk memakai cloud berkapasitas 15 GB gratis, pengguna harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu. Apabila telah terdaftar, langsung saja membuka web Google Drive melalui safari lalu masuk memakai akun email aktif. Tinggal masukkan kata sandi dan alamat surel akan langsung terhubung ke akun Drive.

Selanjutnya, pengguna diarahkan membuka halaman utama dari Google Drive.  Pilih menu Baru yang terletak di sebelah kiri [ada bagian atas dan klik File Upload untuk mengunggahnya.  Kemudian, cari dan pilih data yang diupload melalui file explorer. Jika sudah, tekan Open untuk memproses data yang sedang diunggah. Pengguna pun dapat mengeceknya kembali setelah selesai pada menu Recent.

4. Mengupload Folder

Tidak jauh berbeda dengan mengupload file, pengguna harus memiliki Gmail jika ingin mengakses GDrive. Bukalah websitenya terlebih dahulu lalu tekan New dan klik opsi Folder Upload. Diproses ini, pengguna diarahkan ke menu Explorer untuk menentukan folder yang ingin di upload. Barulah tekan Open mengunggahnya ke GDrive serta tunggu hingga proses selesai.

Itulah pembahasan mengenai cara mempercepat upload file di Google Drive secara lengkap. Sebenarnya langkah tersebut mudah dan simple untuk diterapkan cukup dengan mengikuti prosedur yang tepat. Selain itu, jangan lupa memeriksa jaringan internet sebelum mengunggah data supaya tidak menghabiskan waktu.

 

BACA JUGA :  Cara Install Ulang Laptop Windows 10 yang Penting untuk Diketahui

Leave a Reply