Cara Mengatasi Limit Google Drive di Android Termudah

By | June 9, 2021
Cara Mengatasi Limit Google Drive di Android

Kelebihan Android dapat menyimpan file dicadangkan, sayangnya terdapat limit apabila mengunduhnya, maka ketahuilah cara mengatasi limit Google drive di Android. Menyimpan file cadangan di Google drive sebagai solusi aman agar data tidak hilang. Disamping itu, mudah dibagikan dengan pengguna lain. Apabila terdapat limit saat mengunduhnya, lakukanlah cara berikut ini:

1.  Log In ke Google Drive

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi limit Google Drive di Android harus masuk ke akun Google drive masing-masing terlebih dahulu. Dengan demikian, bisa memilih file yang akan diunduh. Cara ini dapat dilakukan oleh pemilik file atau menerima file dan ingin mengunduhnya.

Dengan demikian diharuskan memiliki akun Google drive terlebih dahulu atau memiliki email dari Gmail agar mudah log in ke semua perangkat Google. Apabila telah masuk, akan mendapatkan banyak file yang tersimpan di perangkat lunak Android termasuk file kiriman. Dengan demikian, dapat dengan mudah untuk memilih salah satunya.

2.  Buka File Akan Diunduh

Ada banyak file tersimpan di Google drive, apabila telah disinkronkan dengan perangkat ponsel maka semua file bisa tersimpan secara otomatis, termasuk file kiriman. Maka dari itu, sebagai cara mengatasi limit Google drive di Android diharuskan memilih satu file yang akan diunduh. Kemudian klik file tersebut untuk membukanya.

Apabila file berupa teks, akan ditampilkan dalam versi Ms. Word serta dapat tersimpan otomatis di Google Docs. Maka dari itu, sebelum mengunduhnya, terlebih dahulu harus membuka file yang akan diunduh. Sebelum melakukan pengunduhan, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu kapasitas file tersebut dan disesuaikan dengan memori ponsel.  

3.  Ubah URL

Saat file dibuka, tampilan bar atas pada perangkat ponsel akan menunjukan URL, yaitu link sebagai alamat penyimpanan file di Google Drive. Ubahlah link tersebut. Mengubahnya dengan cara menghapus link &export=download. Masih pada link tersebut, ubah kata UC menjadi open. Dengan demikian akan menghasilkan link baru.

Setelah link diubah lalu tekan ok/enter maka akan menampilkan dokumen pada layar yang siap diunduh. Mengganti link tersebut bertujuan agar file tidak terkena limit diunduh oleh Google Drive. Hasilnya file yang dimaksud dapat diunduh dengan mudah. Termasuk file kiriman, bisa diunduh tanpa terkena limit.  

4.  Klik Ikon Tiga Titik

Langkah selanjutnya klik ikon tiga titik untuk memilih menu ‘bagikan dengan saya’. Dengan demikian, file bisa diunduh. Langkah ini bisa dilakukan bila mendapat file kiriman. Untuk membedakannya lihat ikon ‘bagikan’. Apabila ikon tersebut berwarna biru, maka file tersebut bisa diakses oleh penerima.

Tutup File agar menampilkan nama filenya saja. Untuk menemukan ikon tiga titik, harus menitip file tersebut selanjutnya layar akan menampilkan beberapa nama file dan di sebelah kanan file tersebut terdapat menu tiga titik tersebut. Dengan demikian, bisa dengan mudah mengunduhnya tanpa terkena limit dari Google drive.

5.  Klik Buat Salinan

Masih di menu 3 titik tersebut, akan menampilkan beberapa menu. Selanjutnya pilih menu ‘buat salinan’ sebagai cara mengatasi limit Google drive di Android. Dengan demikian, data yang diunduh merupakan data salinan dari file asli, sehingga file masih dicadangkan di Google Drive agar tidak mudah hilang bila file salinan terhapus.

Setelah membuat salinan, pilihlah menu ‘drive saya’. Selanjutnya file akan menampilkan namanya berubah menjadi tambahan kata ‘copy of’ di awal nama file tersebut. Apabila nama file telah berubah, maka file tersebut bisa diunduh beberapa kali tanpa terkena limit dari Google Drive, yang dapat menghambat penerimaan file.  

6.  Klik Unduh dari File yang telah Disalin

Langkah terakhir sebagai cara mengatasi limit Google drive di Android adalah memilih menu ‘drive saya’, file yang telah dibuat salinan tadi akan muncul pada menu tersebut. Selanjutnya pilih menu tiga titik di sebelah kanan file, lalu mulailah untuk mengunduhnya dengan cara klik ‘unduh’ dari beberapa menu yang ditampilkan  pada ikon tiga titik tersebut.

Mengunduh file kiriman ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus terkena limit. Dengan demikian pengguna bisa menerima file sebanyak mungkin. Maka dari itu, harus melakukan beberapa tahapan yang telah dijelaskan sebelumnya. Terlebih bila file tersebut dikirim melalui Google Drive, akan selalu tersimpan sehingga tidak akan hilang.

Google Drive memberikan banyak kemudahan untuk menyimpan data cadangan dan membagikannya. Namun terbatas saat akan mengunduhnya, sehingga file tidak dapat diunduh semua. Maka dari itu, harus mengetahui cara mengatasi limit Google drive di Android.

 

BACA JUGA :  Inilah Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android Gampang dan Sederhana

Leave a Reply