Inilah 6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Pekerjaan Semakin Lancar

By | June 8, 2021
Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Kinerja laptop sangat berpengaruh pada kelancaran pengguna selama menyelesaikan pekerjaan. Terutama, berbagai pekerjaan yang mengharuskan untuk menjalankan beberapa software sekaligus. Tanpa strategi yang tepat, perangkat justru menjadi lemot dan butuh waktu yang lama untuk menjalankan perintah. Adapun penyelesaiannya tentu memerlukan pemahaman tentang cara mempercepat kinerja laptop, seperti pada penjelasan berikut:

1. Bersihkan Data di Recycle Bin

Pada penyimpanan laptop, setiap data yang dihapus tidak akan hilang secara permanen. Data akan tersimpan secara otomatis pada Recycle Bin, dan dapat ditampilkan lagi sewaktu-waktu bila diinginkan. Akan tetapi, semakin banyak data yang tersimpan maka akan semakin menghabiskan ruang penyimpanan laptop. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kinerjanya.

Oleh karenanya, pengguna perlu memeriksa Recycle Bin secara berkala guna menghapus sebagian data secara permanen. Upaya untuk menghapus seluruh data, dapat dijalankan dengan klik kanan pada Recycle Bin lalu pilih opsi Empty. Pengguna juga dapat menghapus data satu per satu, bila dikhawatirkan masih ada file yang dibutuhkan untuk waktu mendatang.

2. Gunakan Antivirus Resmi

Salah satu penyebab yang membuat kinerja laptop menurun dapat dikarenakan adanya virus. Keberadaan virus seperti Trojan, Rootkit, dan lainnya membuat kerja perangkat jadi terganggu. Pengguna perlu melakukan scanning untuk membersihkan penyimpanan dari adanya virus. Selain itu, perhatikan pula software antivirus yang digunakan.

Keamanan yang baik akan diperoleh ketika menggunakan software antivirus yang resmi, bahkan beberapa diantaranya berbayar. Akan tetapi, hal ini tentu sebanding dengan perlindungan perangkat dari berbagai ancaman virus yang akan diperoleh. Lakukan update software antivirus secara berkala agar dapat melindungi perangkat dari serangan virus.

3. Lakukan Restart Perangkat Laptop

Cara sederhana untuk mengatasi laptop yang lemot dapat dilakukan dengan memulai ulang perangkat. Biasanya masalah ini muncul pada perangkat yang digunakan beberapa jam tanpa henti, sehingga terlalu banyak cache tersimpan. Berbeda dengan laptop yang baru dinyalakan, tentu kinerjanya jauh lebih cepat. Sebelum mematikan laptop, sebaiknya simpan seluruh file agar tidak hilang.

4. Nonaktifkan Program yang Tidak Dibutuhkan

Pengguna tentu pernah tanpa sadar menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan, hal ini juga akan mempengaruhi kecepatan dalam pemrosesan data. Sehingga cara mempercepat kinerja laptop yang dapat dilakukan yaitu dengan menonaktifkan program yang tidak diperlukan. Supaya perangkat dapat fokus pada satu aplikasi yang sedang dikerjakan.

Untuk mengetahui seluruh program yang sedang berjalan pada perangkat laptop, kunjungi menu Task Manager. Pada bagian ini akan ditampilkan seluruh daftar program yang sedang aktif. Pilih beberapa program yang ingin ditutup dan akhiri dengan memilih opsi End, secara otomatis kerja aplikasi akan berhenti. Cara sederhana ini dapat dicoba bila kinerja laptop dirasa menurun.

5. Gunakan RAM yang Lebih Besar

Bila telah melakukan berbagai cara, tetapi tidak kunjung memperoleh hasil yang maksimal. Permasalahan bisa saja disebabkan karena RAM yang kurang memadai. Sebagaimana yang diketahui, RAM ini berfungsi sebagai penyimpanan sementara pada perangkat. Sehingga bila kapasitas RAM yang tersedia sedikit, laptop akan semakin lemot ketika menjalankan beberapa aplikasi bersamaan.

Ada berbagai jenis RAM yang digunakan pada laptop, pengguna bisa berkonsultasi pada orang yang lebih ahli sebelum membeli. Selain itu, kondisi RAM yang saat ini terpasang pada laptop sebenarnya dapat dipantau menggunakan software khusus misalnya Speccy. Pada aplikasi ini, pengguna dapat memantau berkas penyimpanan yang terpakai.

6. Lakukan Update Window Secara Berkala

Sama halnya dengan smartphone, perangkat laptop juga perlu melakukan update Window secara berkala. Ini bertujuan agar perangkat memperoleh pembaruan sesuai kebutuhan saat ini. Selain itu, mengupdate Window juga menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja laptop. Umumnya proses update akan berjalan otomatis ketika perangkat tersambung ke internet.

Bila tidak memperoleh update secara otomatis, pengguna dapat memeriksa secara manual dengan memilih tombol Start. Pada bagian Settings, pilih opsi Pembaruan dan Keamanan dilanjutkan dengan memilih Windows Update. Tahapan ini memerlukan waktu beberapa menit, sebaiknya lakukan restart pada laptop setelah proses update selesai.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mempercepat kinerja laptop agar pekerjaan lebih mudah diselesaikan. Lakukan pengecekan secara berkala pada perangkat agar dapat mengidentifikasi bila terjadi permasalahan yang perlu diselesaikan. Rutinlah membersihkan data yang tidak diperlukan pada Recycle Bin, serta hindari menjalankan berbagai program sekaligus agar kinerja laptop tidak terganggu.

 

BACA JUGA :  Cara Agar Kamera Laptop Jernih Saat Dipakai Webcam, Simak Ulasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *