Ketahui 5 Cara Membuat Background Transparan Lewat Smartphone

By | June 8, 2021
Cara Membuat Background Transparan

Memperoleh foto dengan latar belakang yang mempesona tidak selalu mengharuskan untuk pergi ke tempat yang jauh. Sebab, background dapat diganti dengan melakukan sedikit editing untuk menghilangkan latar belakang asli. Pekerjaan ini tentu memerlukan pemahaman tentang cara membuat background transparan tanpa mengubah objek foto yang ada, seperti pada penjelasan berikut ini:

1. Menggunakan LunaPic

Meski pengeditan dilakukan pada situs, akan tetapi LunaPic memfasilitasi beberapa fitur dasar yang sangat diperlukan. Seperti melakukan pemotongan gambar, rotasi, skala, dan mengatur transparansi latar belakang. Pengguna dapat mengunjungi situs LunaPic dan mengunggah salah satu foto yang akan di edit.

Proses unggahan memerlukan waktu beberapa detik hingga menit, bila berhasil foto akan segera ditampilkan. Pilihlah opsi Transparent untuk membuat latar belakang menjadi transparan, sehingga memudahkan pada proses pengeditan. Gulirkan halaman ke bawah dan pilih opsi save to your device untuk menyimpannya pada perangkat. Pengguna juga dapat membagikan foto ke Facebook dan Twitter.

2. Menghilangkan Background Menggunakan PIXLR

Alternatif lain untuk menghilangkan background secara otomatis dapat memanfaatkan fitur pada situs PIXLR. Kunjungi situs resminya dan ganti bahasa menjadi Bahasa Indonesia agar mudah dipahami. Upload satu foto pada bagian ‘Buka Gambar’ dan tunggu hingga situs menampilkan foto yang dipilih. Dibandingkan situs lain, PIXLR membutuhkan waktu yang cepat untuk memproses foto.

Pengguna dapat menentukan resolusi hasil akhir yang diharapkan, ukuran dapat dikecilkan bila gambar terlalu besar. Sehingga pengguna dapat menghemat memori penyimpanan perangkat. Lanjutkan dengan memilih opsi Apply dan tunggu hingga situs menampilkan hasil transparansi background. Tekan ‘Unduh’ untuk mendownload hasil akhir foto yang telah selesai di edit.

3. Menghapus Background di Removebg

Bila ingin membuat latar belakang menjadi transparan tanpa perlu repot mengedit manual salah satunya rekomendasi situs yang memungkinkan yaitu Removebg. Mulailah mengunjungi situs resmi Removebg, lalu unggah sebuah foto pada bagian upload image. Pengguna juga dapat menempel alamat URL bila foto tersimpan pada Google Drive.

Tunggu hingga proses unggahan selesai, tahapan ini memerlukan waktu beberapa menit. Kecepatan pada proses pengeditan tergantung dari koneksi internet pada perangkat. Bila telah selesai, situs akan menampilkan hasil foto dengan latar belakang transparan yang diinginkan. Pengguna dapat mendownload versi HD bila ingin memperoleh foto dengan resolusi yang tinggi.

4. Mengedit Foto Pada Background Eraser

Bila ingin fokus untuk menghilangkan latar belakang dan menggantinya dengan background lain, pengguna dapat mengunduh aplikasi Background Eraser. Aplikasi ini telah di download lebih dari 100 juta kali dan memperoleh rating 4.6 di Play Store. Background Eraser dapat digunakan secara gratis di perangkat smartphone dan tidak memerlukan koneksi internet untuk mengoperasikannya.

Adapun cara membuat background transparan tidak akan memerlukan waktu yang lama, silahkan instal Background Eraser di smartphone. Jalankan aplikasi dengan memberikan izin pada untuk mengakses media pada perangkat. Unggahlah sebuah foto yang ingin di edit, dilanjutkan dengan memotong bagian objek gambar.

Gunakan fitur auto untuk menghilangkan latar belakang secara otomatis, atur manual size untuk memperbesar atau memperkecil tools penghapus. Pengguna juga dapat menghilangkan background secara manual agar hasilnya lebih akurat. Bila telah selesai mengedit, akhiri dengan klik menu Done. Simpan hasilnya pada perangkat smartphone dengan memilih opsi Save.

5. Menggunakan Aplikasi PixelLab

Berbagai fitur yang tersedia pada PixelLab memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan foto secara rinci. Mulai dari penambahan teks, stiker, efek, dan transparansi latar belakang. PixelLab telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna dan memperoleh rating 4.4 di Play Store. Pengguna dapat menjalankan aplikasi edit foto ini dengan memberikan izin akses media.

Unggahlah satu foto yang diinginkan, kemudian klik ikon segi enam pada bagian bawah. Lakukan pengeditan background dengan memilih opsi erase color. Sesuaikan dengan latar belakang yang ingin dibuat transparan. Bila telah selesai, pengguna dapat menyimpan lembar kerja dengan memilih save as project atau menyimpan foto dengan memilih save as image.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 cara membuat background transparan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di beberapa situs dan aplikasi. Pengguna bisa melakukan editing secara perlahan dan hati-hati, sehingga hasilnya terlihat natural dan tidak mengurangi keindahan objek foto. Bila memanfaatkan bantuan situs, usahakan menggunakan jaringan internet yang stabil supaya tahapan mengedit lancar.

 

BACA JUGA :  Anti Ribet! Ternyata Begini Cara Mengembalikan Data Backup Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *