5 Cara Mengatasi File RAR yang Tidak Bisa Di Ekstrak di Android Anti Gagal

By | June 6, 2021
Cara Mengatasi File RAR yang Tidak Bisa Di Ekstrak di Android

Mengirim berkas dalam jumlah banyak dapat dipermudah dengan melakukan kompresi data, salah satunya dalam bentuk RAR. Tetapi, proses ekstraksi file terkadang justru mengalami kegagalan disebabkan oleh berbagai hal. Pengguna perlu memahami penyebabnya agar dapat menentukan cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di Android berdasarkan akar permasalahannya.

Penyebab berkas tidak dapat dibuka biasanya dikarenakan smartphone tidak dibekali dengan fitur bawaan untuk membaca berkas RAR. Di samping itu, juga bisa disebabkan karena berkas yang rusak ketika proses mendownload. Berbeda penyebab, tentu membuat penanganannya juga berbeda. Berikut penjelasan 5 cara untuk mengekstrak file RAR di Android dengan mudah:

1. Mengunduh File Lagi

Kecepatan koneksi jaringan internet sangat berpengaruh pada proses mendownload file, termasuk untuk jenis file RAR. Pengguna juga perlu memperhatikan ukuran berkas yang tertera pada halaman tempat mengunduh file. Bila ukurannya sebesar 10MB, maka berkas yang terunduh juga harus memiliki ukuran yang sama. Bila ukuran yang terdownload lebih kecil, berarti terjadi corrupt.

Masalah ini kemungkinan besar dikarenakan koneksi internet yang tidak lancar. Sebaiknya gunakan jaringan yang stabil ketika mendownload, sehingga proses unduhan tidak berhenti di tengah jalan. Bila terjadi hal demikian, lakukan download ulang pada file yang rusak. Setelah terunduh, cobalah membuka file RAR pada perangkat smartphone.

2. Lakukan Update WinRAR

Bagi pengguna smartphone yang menggunakan aplikasi khusus seperti WinRAR untuk membuka berkas, sebaiknya rutin mengecek update aplikasi tersebut. Sebab, ini akan sangat berpengaruh pada proses ekstrak file. Lakukan update aplikasi di Play Store secara berkala, agar aplikasi pembuka RAR memperoleh fitur-fitur terbaru. Sehingga file RAR yang diperoleh dapat di ekstrak dengan mudah.

3. Menggunakan aplikasi ZArchiver

Bekas tidak dapat dibuka bisa jadi dikarenakan smartphone tidak support atau tidak dibekali aplikasi bawaan untuk membaca file RAR. Sehingga cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di Android dapat dilakukan memanfaatkan aplikasi tambahan. Salah satunya ZArchiver yang direkomendasikan untuk membuka berbagai kompresi file. ZArchiver memiliki rating sebesar 4.5 dan telah di download lebih dari 100 juta kali

di Play Store. Pengguna Android dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis tanpa perlu berlangganan. Di samping itu, terdapat berbagai jenis kompresi file selain RAR. Mulailah dengan menginstal aplikasi tersebut agar dapat mengekstrak file RAR yang dimiliki.

Setelah ZArchiver terpasang pada smartphone, berikan izin bagi aplikasi untuk mengakses penyimpanan Android. Kemudian akan ditampilkan seluruh berkas yang tersimpan pada perangkat, temukan salah satu file RAR yang ingin di ekstrak. Klik satu kali pada file, kemudian akan muncul beberapa opsi. Pilih opsi ‘Ekstrak Disini’ dan tunggu hingga data berhasil di ekstrak.

4. Menonaktifkan Antivirus Sementara

Kendala yang seringkali terjadi ketika melakukan ekstrak file RAR adalah munculnya pesan failed atau berkas justru kosong. Ini dapat terjadi pada beberapa perangkat yang memiliki antivirus tertentu. Keamanan yang dilakukan oleh aplikasi antivirus justru membatasi perangkat sehingga tidak dapat membuka berkas yang tidak dikenali.

Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan menonaktifkan antivirus yang terpasang pada perangkat sementara waktu. Sehingga tidak ada yang menghalangi proses mengekstrak file. Kemudian, ekstrak berkas RAR yang dimiliki hingga seluruh data ditampilkan. Setelah proses selesai, pengguna dapat mengaktifkan kembali antivirus untuk meningkatkan keamanan smartphone.

5. Memastikan Bahwa Password yang Dimasukkan Benar

Pembuat RAR terkadang memberikan password pada berkas yang dibagikan. Kesalahan dalam mengetikkan kata sandi akan berakibat fatal, yaitu berkas tidak dapat dibuka. Sehingga pengguna akan kesulitan untuk melihat isinya. Untuk itu, isilah kata sandi yang benar ketika diminta memasukkan password. Tampilkan kata sandi agar terlihat dengan jelas untuk memastikan kebenarannya.

Pengguna tidak perlu tergesa-gesa dalam mengetik password, sebab sangat disayangkan bila harus mengulang tahap ini berkali-kali. Besar kecilnya huruf dan spasi sangat berpengaruh pada penulisan kata sandi. Bila tetap salah, cobalah untuk menghubungi pengirim file RAR dan konfirmasi kata sandi yang tepat untuk membuka berkas.

Demikianlah penjelasan dari 5 cara mengatasi file RAR yang tidak bisa di ekstrak di Android tanpa langkah yang rumit. Lakukan identifikasi penyebab file tersebut tidak dapat dibuka, sehingga mampu menentukan solusi terbaik. Apabila telah mencoba berbagai cara namun tidak kunjung memperoleh hasil, pengguna dapat menghubungi pemilik file RAR dan meminta file baru.

 

BACA JUGA :  Informasi Harga dan Spesifikasi iPhone 8 Plus 256GB Terbaru

 

Leave a Reply