Nonton Tanpa Terganggu, Cara Mengatasi Codec Video Tidak Didukung di Android Paling Simpel

By | June 6, 2021
Cara Mengatasi Codec Video Tidak Didukung di Android

Tidak hanya mengakses platform streaming, pengguna smartphone pun dapat mengunduh video untuk dijadikan koleksi. Namun, kegiatan tersebut seringkali terganggu karena tidak dapat dibuka. Masalah itu kemungkinan disebabkan oleh codec mengalami perbedaan proses. Cara mengatasi codec video tidak didukung di Android sangat mudah dilakukan serta simple.

Codec memiliki peranan untuk menjalankan serta menyusun visual dan audio pada suatu video. File video tidak dapat berfungsi dengan semestinya jika mengalami kerusakan. Pengguna dapat menggunakan aplikasi tambahan maupun membuka situs online untuk mengatasinya.  Mengubah format ke mengekspor file juga dapat dilakukan guna menjaga kualitas serta mencegah error.

Supaya semakin paham, berikut pembahasan lengkap tentang penyebab serta cara mengatasi codec video tidak didukung di Android perlu disimak:

Penyebab Video Tidak Dapat Diputar

Compress-Decompress merupakan program yang diterapkan untuk mengubah video ke dalam bentuk maupun format berbeda, serta dikembalikan ke ukuran semula. Jika video tidak dapat dibuka lewat smartphone biasanya disebabkan oleh kesalahan proses pada codec. Problem yang dihadapi pun beragam misalnya visual serta audio pada video mengalami error.

Program tersebut memiliki fungsi penting dalam setiap pemutaran file video. Codec berisi komponen yang bertugas menyusun visual serta suara di dalam video agar dapat dimainkan. Jadi, apabila terjadi kesalahan di dalamnya maka cobalah untuk memeriksa bagian codec di file.

Cara Mengatasi Codec Video Tidak Didukung di Android Sederhana

Program codec mungkin menjadi faktor menyebabkan video pada smartphone tidak dapat dimainkan melalui media player. Pengguna bisa menginstall aplikasi pendukung untuk menyelesaikan problem tersebut sebagai alternatif. Berikut beberapa cara mengatasi codec video tidak didukung di Android perlu diketahui:

1. Mengubah Format File Pada Video

Format file tidak cocok menjadi faktor lain yang membuat video tidak compatible di ponsel Android. Pengguna dapat mengubahnya dengan menginstall aplikasi maupun lewat situs converter secara online. Pastikan untuk melakukan convert format yang disesuaikan dengan jenis smartphone, misalnya dari mkv diubah menjadi bentuk mp4 agar dapat dimainkan di pemutar media.

2. Menginstall Aplikasi Pendukung

Cara mengatasi codec video tidak didukung di Android dapat dilakukan melalui pemasangan aplikasi pendukung. Berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan tersedia di Google PlayStore serta website penyedia apk gratis. Pengguna disarankan untuk memilih program yang compatible dengan tipe ponsel dan mendukung format video.

Aplikasi media player tersebut umumnya didukung fitur menarik untuk menunjang pengguna menikmati video dalam berbagai format. Jika ingin menonton video beresolusi tinggi, pastikan storage ponsel memadai supaya tidak lemot atau lag ketika diputar.

3. Kompres Video File ke ZIP atau RAR

Selanjutnya, mengompres file video ke bentuk ZIP maupun RAR dapat menjadi solusi simple jika ingin mengunggahnya ke internet. Biasanya tipe ponsel Android sudah dibekali dengan fitur untuk melakukan kompres file. Apabila tidak didukung, pengguna bisa menginstall aplikasi tambahan maupun mengubahnya melalui website online.

Buka aplikasi terlebih dahulu lalu pilih file video atau folder yang akan dikompres. Kemudian, tap opsi Extract Files dan tentukan tempat penyimpanan untuk mulai mengekstraknya.  Cara tersebut bisa menjadi solusi praktis sehingga tidak repot melakukannya di komputer.

4. Save File Video dengan Format Berbeda

Mengubah format menjadi metode agar video dapat dimainkan di ponsel. Namun, pengguna sering kali harus bekerja dua kali untuk mengedit serta mengekspor kembali dalam bentuk lain. Sebagai solusi, ada baiknya untuk menyimpan video langsung sesuai format yang support di Android supaya semakin efisien serta cepat.

Umumnya  mengedit ulang video dapat menurunkan kualitas suara serta gambar didalamnya. Berbeda dengan mengekspor serta render menggunakan format yang cocok, kualitasnya semakin terlihat bagus. Metode ini juga bisa menjadi alternatif untuk mencegah error ketika video dibuka lewat ponsel.

Itulah ulasan tentang cara mengatasi codec video tidak didukung di Android serta faktor penyebabnya. Ternyata metode yang digunakan cukup sederhana dan tidak memakan banyak waktu. Jangan lupa memilih format yang tepat ketika menyimpannya maupun mendownload dari internet. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tidak didukungnya video ketika diputar di media player.

 

BACA JUGA :  Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi Termudah

Leave a Reply