Cara Membersihkan Sisa Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android Anti Ribet Bagi Pemula

By | June 4, 2021
Cara Membersihkan Sisa Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android

Kapasitas penyimpanan penuh sepertinya masih menjadi persoalan yang cukup mengganggu. Kinerja ponsel pun semakin lambat karena terlalu banyak menyimpan foto, video, serta file penting lainnya. Mencopot aplikasi pun dapat dilakukan agar storage lebih leluasa. Cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di Android jangan sampai terlewatkan untuk menambah performa device.

Membersihkan file sampah di ponsel dapat dilakukan dengan berbagai cara simple. Pengguna bisa menghapusnya secara manual atau dengan aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut bisa membuang file tidak berguna tanpa mengganggu sistem perangkat di ponsel, sehingga bersih dan tidak tersisa.

Sebelum mencobanya, sebaiknya simak dulu ulasan tentang cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di Android serta penyebabnya yang harus diketahui berikut ini:

Penyebab Memori Penyimpanan Android Penuh

Storage di ponsel mudah penuh disebabkan oleh beberapa hal misalnya aplikasi terlalu banyak hingga folder dan cache sisa. Cache adalah file yang berisi data dari website serta aplikasi yang bersifat sementara. Jika tidak sering dibersihkan maka kinerja ponsel akan terganggu dan membuatnya semakin lemot.

Selain mempercepat performa ponsel yang lemot, membersihkan cache dapat menambah storage, mengubah tampilan website, serta memperbaiki masalah pada aplikasi. Cache yang terhapus ini tidak akan mempengaruhi data di aplikasi, sehingga sangat aman untuk dilakukan.

Sama halnya dengan folder sisa uninstall aplikasi, keberadaannya juga dapat memenuhi memori ponsel. Hal ini karena aplikasi tidak benar-benar menghapus file sisa instalasi, sehingga sistem file menjadi tersumbat. Oleh karena itu, folder tersebut sebaiknya dihapus agar ponsel tidak lambat.

Cara Membersihkan Sisa Aplikasi yang Sudah di Uninstall di Android Paling Gampang

Cache dan folder sisa instalasi terkadang membuat sistem perangkat tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi problem tersebut, pengguna perlu menghapusnya supaya ponsel tidak lemot. Inilah beberapa cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di Android wajib disimak:

1. Menghapus Secara Manual

Tidak harus menggunakan aplikasi lain untuk membersihkan folder dan cache yang tertinggal. Cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di Android ini cukup simple. Pengguna bisa melakukannya secara manual dengan memanfaatkan menu Settings di ponsel.

Setelah membuka menu Settings, lalu klik opsi Apps dan pilih aplikasi mana yang ingin dibersihkan. Kemudian pilih storage, pengguna bisa memilih antara bersihkan data atau cache saja. Proses tersebutĀ  kemungkinan dapat mempengaruhi data tambahan yang terinstall. Terakhir, tekan tombol Uninstall dan klik Ok untuk konfirmasi jika aplikasi akan dihapus.

2. Memanfaatkan Files by Google

Seperti namanya, aplikasi file manager ini merupakan keluaran Google. Pengguna cukup mengunduh dan menginstalnya melalui PlayStore secara gratis. Files memiliki tampilan yang sederhana serta mudah digunakan dengan berbagai fitur menarik didalamnya.

Langkah pertama, buka Clean yang terletak di bagian bawah layar di menu awal. Kemudian pengguna akan diminta untuk mengonfirmasi dan membersihkan storage. Nanti muncul pemberitahuan pop-up untuk mengetahui file yang akan dihapus. Terakhir, klik opsi Clear untuk memulai pembersihan file yang tidak terpakai.

3. Menggunakan ES File Explorer

Aplikasi file manager ini dikenal memiliki fitur menarik seperti Cleaner tool untuk menghapus folder instalasi yang tertinggal. ES Explorer ini sangat membantu membersihkan sampah, thumbnail hingga menguninstall aplikasi. Pengguna bisa memasang program tersebut dengan mengunduh diĀ  website penyedia apk karena tidak tersedia Google Play Store.

Pertama, cobalah buka Cleaner tool terlebih dahulu lalu device akan di scan untuk melihat file tidak terpakai. Setelah itu, file tersebut akan muncul di menu Residual Junk dan pengguna dapat memilih mana saja yang dihapus dengan menandainya. Terakhir, pilih Clean Now untuk membuang folder dari sistem perangkat.

4. Menginstall SD Maid

Alternatif lain untuk menghapus sampah di Android adalah SD Maid. Aplikasi ini tersedia di Google PlayStore dengan berbagai fitur yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Untuk bisa menikmati fitur premium tersebut, pengguna harus berlangganan terlebih dahulu.

Jika sudah menginstall SD Maid, pengguna dapat memilih menu Corpse Finder yang belum diberi judul. Kemudian coba ketik nama atau ikon panah bundar di bagian kanan untuk mengetahui fungsi serta mencari sisa file dari aplikasi yang terhapus. Pengguna tinggal menghapus saja file tersebut dengan menekan tombol delete.

Demikian pembahasan tentang penyebab dan cara membersihkan sisa aplikasi yang sudah di uninstall di Android. Pengguna kini bisa menghapus file tanpa takut data dalam perangkat hilang. Pastikan untuk mengikuti prosedur dengan tepat agar tidak keliru.

 

BACA JUGA :  6 Aplikasi Chatting Selain WhatsApp, Buruan Coba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *