Cara Memperbaiki File yang Rusak di Android Paling Ampuh Praktis dan Cepat

By | June 3, 2021
Cara Memperbaiki File yang Rusak di Android

Masalah foto corrupt sering kali terjadi dan sangat mengganggu, terutama jika file tersebut penting. Cara memperbaiki file yang rusak di Android dapat dilakukan dengan mengunduh serta menginstall aplikasi maupun mengakses situs online di browser. Aplikasi tersebut biasanya menyediakan layanan gratis meski ada sebagian yang berbayar.

Kerusakan dari file tadi dapat diatasi dengan mengunggahnya ke aplikasi maupun situs online. Selanjutnya, pengguna diminta menunggu sebentar selama proses recovery. Hasilnya pun bisa dilihat serta disimpan dengan cara diunduh. Aplikasi tersebut memang sangat praktis dan mampu mengatasi masalah file corrupt dengan cepat.

Bagi yang tertarik mencobanya, inilah pembahasan lengkap mengenai penyebab serta cara memperbaiki file yang rusak di Android yang wajib diketahui.

Apa yang Menyebabkan File Corrupt?

Foto yang rusak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti ukurannya terlalu besar, format tidak cocok, serta file yang mungkin corrupt. Biasanya foto tersebut tidak berhasil disimpan dengan sempurna atau kamera bermasalah saat pengambilan gambar. Selain itu, komponen pada komputer atau Android mengalami error maupun file gagal dipulihkan dapat menjadi penyebabnya.

Problem ini sebenarnya masih dapat diatasi dengan menggunakan cara tertentu. Namun, tetap tidak menjamin jika cara tersebut berhasil dilakukan. Pada dasarnya pengguna perlu membuat source file karena foto tersebut memang mengalami kerusakan.

Cara Memperbaiki File yang Rusak di Android Mudah

Mengatasi foto bermasalah sebenarnya dapat dikerjakan di PC menggunakan software khusus. Sebagai alternatif, pengguna juga dapat melakukannya di ponsel pintar dengan menginstall aplikasi maupun lewat website online. Berikut ini cara memperbaiki file yang rusak di Android yang wajib disimak:

1. Menggunakan VG JPEG

Cara memperbaiki file yang rusak di Android pertama yaitu melalui VG JPEG Image Repair. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap untuk recovery pada foto yang mengalami kerusakan yaitu bagian header rusak, tidak dapat dibuka hingga data stream. Pengguna dapat mengunduhnya di Google PlayStore maupun lewat situs penyedia apk.

Pastikan pengguna sudah menginstalnya terlebih dahulu, kemudian coba buka aplikasi ini untuk melakukan reparasi gambar. Tambahkan file yang rusak dengan menekan Select File lalu unggah foto. Berikutnya, tekan opsi perbaiki gambar lalu tunggu beberapa saat sampai proses selesai . Terakhir, pengguna bisa menyimpan hasil perbaikan dengan mengunduhnya.

2. Mengakses Ezgif WebTool

Ezgif merupakan website online yang memiliki fungsi mengatasi file foto rusak khusus format GIF. Terdapat beragam fitur menarik yang bisa ditawarkan antara lain Gifsicle unoptimize, ImageMagick, Reset color tables, dan lain sebagainya. Website ini dapat dipakai secara gratis dengan kapasitas file tidak boleh melebihi kapasitas sebesar 35 MB.

Pertama, pengguna cukup membuka laman Ezgif WebTool melalui browser di Android. Selanjutnya, masukkan GIF yang akan dibetulkan dengan mengklik pilih file lalu tekan Upload. Nanti pengguna akan diarahkan ke editor untuk mereparasi melalui pilihan fitur Drop corrupt frame. Setelah disubmit, reparasi foto akan dikerjakan serta hasil akhirnya dapat diunduh.

3. Memakai JPEG Image Repair

Selanjutnya, terdapat Image Repair dipakai dalam mengatasi masalah kerusakan file. Layanan tersebut dapat diakses melalui PC dan ponsel Android serta website untuk mengedit secara online. Proses pemakaiannya pun bisa dibilang mirip dengan versi software PC.

Jika mengedit melalui website, pengguna dapat pula mengatasi kerusakan file, misalnya warna atau header bermasalah, dan foto tidak terbuka. Tinggal pilih opsi recover gambar serta tunggu hasilnya diproses. Website ini sebenarnya berbayar namun pengguna bisa memilih mode percobaan gratis. 4.

4. Mengakses OfficeRecovery

Situs OfficeRecovery ini dikenal memiliki banyak fitur untuk mengatasi problem file corrupt dalam berbagai macam format yaitu JPEG, GIF, RAW, PNG, BMP, TIFF, serta JPG. File hasil recovery nantinya dapat disimpan sesuai format gambar aslinya. Pengguna bisa menikmati layanan tersebut secara free dalam demo version dengan watermark di dalamnya.

Pengguna dapat mengakses website ini baik di Android maupun komputer. Cukup membuka OfficeRecovery kemudian pilih opsi Choose File serta unggah foto melalui Upload dan Perbaiki. Jika proses selesai, tinggal tekan Get the Repaired file untuk melihat serta menyimpannya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara memperbaiki file yang rusak di Android dan apa saja penyebabnya. Aplikasi tersebut bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi file foto bermasalah. Pastikan untuk mengikuti prosedur dengan tepat agar foto rusak bisa diperbaiki.

 

BACA JUGA :  Cara Merekam Suara Internal dan Eksternal Android Ketika Membuat Konten

 

 

Leave a Reply