Inilah Cara Mengaktifkan VPN di Opera Mini Android Paling Gampang

By | June 2, 2021
Cara Mengaktifkan VPN di Opera Mini Android

Opera merupakan browser web yang cukup populer digunakan karena memiliki banyak fitur didalamnya. Tidak ketinggalan, developer pun menambahkan fitur VPN gratis di smartphone serta desktop. Cara mengaktifkan VPN di Opera Mini Android terbilang sangat gampang serta praktis serta tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

Free VPN dari Opera Mini tersebut bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengakses internet dengan aman dan nyaman. Browser tersebut dilengkapi dengan peralatan untuk mengecek keamanan jaringan Wifi serta memblokir iklan. Pengguna dapat mengaktifkan Bypass VPN serta mengatur ulang konfigurasi router agar bisa mengakses internet tanpa terganggu masalah keamanan.

Tertarik untuk mencoba layanan virtual ini? Inilah pembahasan mengenai fitur dan cara mengaktifkan VPN di Opera Mini Android wajib disimak.

Mengenal Fitur VPN di Opera Mini Android

Opera Mini kembali meluncurkan inovasi di browser web yaitu VPN. Layanan ini langsung terhubung dengan safari, sehingga tidak perlu mendownload aplikasi tambahan. Tidak hanya itu, sistem tersebut dapat diakses secara gratis. Pengguna tidak usah repot berlangganan untuk memakai fitur tersebut  bahkan tanpa batasan waktu penggunaan.

Jika telah dihidupkan, VPN bawaan ini akan secara otomatis mengarahkan traffic ke server milik Opera yang sudah terenkripsi. Aktivitas pengguna di internet akan sulit terpantau oleh orang lain maupun provider terkoneksi ke jaringan Wi-Fi. Fitur ini juga mempunyai sistem keamanan yang diterapkan ketika memakai internet di publik, seperti hotel, airport serta restoran.

VPN berfungsi untuk melindungi alamat IP asli dan koneksi internet, mengingat di ponsel terdapat banyak data penting. Pengaturan tersebut bisa merubah IP address sesuai dengan negara lain. Nantinya pengguna dapat membuka berbagai website serta melakukan streaming.

Cara Mengaktifkan VPN di Opera Mini Android

VPN (Virtual Private Network) sering kali dipakai untuk menyembunyikan internet pribadi yang terhubung melalui traffic data terenkripsi. Pengguna dapat mengubah IP Address menjadi alamat milik server dituju agar dapat membuka web terblokir. Inilah sejumlah cara mengaktifkan VPN di Opera Mini Android sederhana dan cepat:

1. Menginstall Aplikasi Opera Mini

Untuk dapat menggunakan fitur VPN, pengguna harus mengunduh dan menginstall  Opera Mini terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia di Google PlayStore maupun mendownloadnya di situs tertentu dengan format apk. Jika sudah selesai, pengguna sudah bisa mengaktifkan fitur tersebut serta memakainya secara gratis.

2. Aktifkan VPN Lewat Setelan

Cara mengaktifkan VPN di Opera Mini Android sebenarnya cukup mudah dilakukan. Pastikan sudah menginstall aplikasinya terlebih dahulu agar bisa menikmati fitur tersebut. Layanan VPN di web browser ini memang dinonaktifkan secara default. Jadi, VPN perlu diatur ulang supaya bisa digunakan.

Bukalah menu Settings dengan menekan tombol berlogo Opera yang ada di bagian bawah layar. Kemudian, klik tombol VPN untuk mengaktifkannya. Pengguna juga bisa mengatur fitur tersebut agar bisa dipakai secara otomatis dengan menghidupkan beberapa opsi lain.

Selanjutnya, tekan Connect untuk menghidupkan fitur VPN. Biasanya terdapat jeda ketika menghubungkan ke jaringan. Sistem server mengecek supaya jaringannya lebih bagus serta optimal

3. Mengubah ke Mode Private

Memakai VPN memang tidak menjamin koneksi internet terlindungi. Pengguna disarankan untuk menggunakan tab private jika ingin melakukan penelusuran. Caranya  buka konfigurasi tab dengan menekan ikon persegi empat di Opera Mini. Kemudian, klik pilihan Private yang terletak di sebelah kiri bagian atas layar lalu tinggal buka tab baru.

Biasanya logo seperti lencana biru akan muncul ketika VPN sudah dihidupkan. Dengan begitu, koneksi internet pengguna telah aman terlindungi. Nantinya data akan dienkripsi supaya sulit dibuka peretas.

4. Mengubah Lokasi IP

Kelebihan VPN Opera Mini yaitu dapat mengubah IP Address, sehingga pengguna bisa menentukan lokasi server. Langkah pertama, bukalah private tab dan ketikkan web yang akan diakses. Selanjutnya, tekan lencana berwarna biru di kiri bagian atas lalu muncul tab sesuai data yang akan dikirim ke fitur VPN.

Langkah berikutnya, buka menu Settings kemudian pilih lokasi yang tersedia seperti Asia, Eropa, Amerika serta optimal. Aktifkan ByPass VPN pada pencarian untuk memunculkan hasil yang dipersonalisasikan. Search engine yang digunakan bisa membuka IP Address serta mengetahui tempat sebenarnya.

Itulah ulasan tentang cara mengaktifkan VPN di Opera Mini Android paling simple serta gampang. Fitur free tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengakses situs yang terblokir. Pastikan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar agar internet terhubung lancar.

 

BACA JUGA :  Ketahui Penyebab dan 6 Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil untuk Berbagai Operator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *