Cara Mengunci Aplikasi HP Oppo Agar Tidak Mudah Dibuka Orang Lain

By | June 1, 2021
Cara Mengunci Aplikasi HP Oppo

Beberapa aplikasi kadangkala berisi tentang privasi dan tidak ingin diketahui orang lain. Untuk itu, pengguna smartphone perlu memberikan kunci khusus pada aplikasi tersebut. Sebagian besar smartphone telah dilengkapi fitur tersebut, termasuk Oppo. Akan tetapi, karena ketidaktahuan seringkali membuat fungsinya justru diabaikan. Berikut penjelasan cara mengunci aplikasi HP Oppo yang perlu disimak:

Menggunakan Fitur Bawaan

Sebenarnya setiap HP Oppo telah memiliki fitur bawaan untuk meningkatkan keamanan smartphone. Cara ini merupakan langkah yang paling sederhana dan tidak memerlukan aplikasi tambahan apa pun. Kunci utamanya terletak pada bagian settings keamanan perangkat. Berikut penjelasan 5 cara mengunci aplikasi HP Oppo menggunakan fitur bawaan yang telah tersedia:

1. Buka Menu Pengaturan Smartphone

Segala sesuatu yang berhubungan dengan smartphone pada dasarnya dapat disetting melalui menu Pengaturan. Mulailah dengan membuka menu Pengaturan dengan cara klik satu kali pada ikon aplikasi. Biasanya aplikasi ini dapat dengan mudah ditemukan pada bagian home screen. Buka dan gulirkan ke bagian bawah agar dapat membaca seluruh opsi yang tersedia di dalamnya.

2. Kelola Layar Kunci

Pengguna dapat memilih opsi Keamanan yang terletak pada bagian bawah pengaturan. Selanjutnya akan ditampilkan berbagai pilihan untuk menjaga keamanan smartphone. Gulirkan menu ke bagian bawah, hingga terlihat opsi Kunci APK. Klik satu kali pada opsi tersebut sehingga muncul kotak dialog yang menyarankan pengguna untuk membuat password.

3. Menyusun Kata Sandi

Mulailah menyusun password yang akan digunakan ketika membuka aplikasi. Kata sandi yang digunakan dapat berupa angka atau pola. Bila menggunakan angka, buatlah angka acak sebanyak 6 digit. Hindari penggunaan tanggal lahir atau angka berurutan, sebab akan mudah ditebak orang lain. Pengguna juga dapat menggunakan pola dengan menggabungkan minimal 4 titik.

Setelah selesai memasukkan kata sandi, biasanya akan muncul pertanyaan sederhana yang akan ditampilkan ketika pengguna lupa password. Jawablah pertanyaan tersebut dengan singkat dan usahakan mudah untuk diingat. Selanjutnya aturlah alamat e-mail pemulihan sebagai alternatif bila sewaktu-waktu tidak dapat mengingat kata sandi yang pernah dimasukkan pada bagian keamanan smartphone.

4. Tentukan Aplikasi yang Ingin Dikunci

Setelah selesai, smartphone akan menampilkan daftar seluruh aplikasi yang terpasang pada perangkat. Centang aplikasi yang dianggap penting untuk dienkripsi. Khususnya aplikasi yang memuat data privasi dan tidak ingin dibaca oleh orang lain, seperti WhatsApp, Facebook, dan sebagainya. Akhiri dengan memilih opsi Aktifkan Enkripsi pada bagian paling bawah.

5. Cobalah Membuka Salah Satu Aplikasi

Untuk memastikan, pengguna dapat mencoba membuka salah satu aplikasi yang telah dicentang sebelumnya. Pada bagian menu, buka aplikasi dengan cara klik satu kali. Bila muncul kotak dialog untuk memasukkan kata sandi berarti langkah-langkah yang diterapkan sudah berhasil. Sehingga, orang lain yang meminjam smartphone tidak akan lagi dapat membuka aplikasi.

Memanfaatkan Aplikasi Pengunci Tambahan

Selain fitur bawaan, pengguna HP Oppo juga dapat memanfaat aplikasi pengunci tambahan. Salah satu yang direkomendasikan adalah AppLock. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan memperoleh rating 4.7 di Play Store. Ukuran berkas hanya sebesar 8,3 MB, sehingga tidak akan banyak menguras penyimpanan internal perangkat.

Selain karena fitur pengamanan aplikasi menggunakan kata sandi, AppLock dilengkapi dengan kemampuan untuk mengambil foto tersembunyi. Ini ditujukan bagi orang yang mencoba membuka aplikasi dengan memasukkan password dan menjawab pertanyaan keamanan dengan salah. Sehingga pemilik smartphone dapat mengetahui siapa saja yang telah mencoba membuka aplikasi terkunci.

Adapun cara mengatur kata sandi dapat dimulai dengan menjalankan AppLock pada perangkat. Kemudian pilih bagian menu Aktifkan, sehingga muncul daftar aplikasi. Centang aplikasi yang ingin dikunci, kemudian buatlah pola untuk menggunakannya. Tambahkan pertanyaan keamanan sebagai alternatif bila sewaktu-waktu terjadi lupa password. Setelah selesai, secara otomatis aplikasi yang dipilih akan terkunci.

Demikianlah panduan cara mengunci aplikasi HP Oppo sehingga orang lain tidak dapat mengetahui informasi yang sifatnya privasi. Kedua cara di atas dapat dipraktekkan bagi pengguna smartphone dengan brand Oppo. Usahakan untuk memasukkan kata sandi yang susah ditebak namun mudah diingat pemilik smartphone, sehingga orang lain akan kesulitan ketika mencoba membukanya.

 

BACA JUGA :  5 Cara Memindahkan Aplikasi dari Penyimpanan Internal ke Kartu SD Dengan Mudah

 

Leave a Reply