6 Cara Menggabungkan File di Android dengan dan Tanpa Aplikasi

By | May 31, 2021
Cara Menggabungkan File di Android dengan dan Tanpa Aplikasi

Ternyata, file dokumen dalam bentuk pdf, word, maupun excel dapat digabung menjadi satu lho. Terutama untuk cara menggabungkan file di Android bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja. Terdapat 2 cara gampang untuk dipilih pembaca yaitu menggunakan web online atau bantuan aplikasi khusus. Sudah penasaran? Langsung saja simak dibawah ini!

1. Gunakan Aplikasi Foxit PDF Editor

Aplikasi yang pertama ini dulunya bernama foxit reader. Dikembangkan oleh perusahaan ternama yaitu Foxit Software Inc yang memang fokus membuat software khusus pdf terutama dalam hal penggabungan file. Tak hanya mendukung penggabungan dokumen atau merge, software ini juga mengantongi beragam fitur canggih.

Diantaranya adalah edit, anotasi, mengubah format dokumen, dapat menajamkan resolusi tulisan dan masih banyak lainnya. Walaupun belum tersedia dalam Bahasa Indonesia, cara penggunaannya tetap mudah dipahami dengan user interfacenya yang sederhana. Untuk langkah menggabungkan dokumen menggunakan software ini sangat gampang.

Masuklah pada pilihan file dan klik add dengan ikon plus. Selanjutnya bisa pilih menu from multiple files hingga ada tampilan baru. Tekan pilihan opsi selanjutnya yang muncul. Tambahkan file sesuka hati pada menu add. Untuk menggabungkan, pembaca langsung saja tekan pilihan convert.

2. Gunakan Aplikasi Adobe Acrobat

Selain menjadi software ponsel, aplikasi diatas juga tersedia dalam versi PC. Tidak perlu ragu menggunakan software ini karena masuk dalam top 5 kategori software produktivitas. Perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut hanya dapat digunakan untuk menyatukan file jenis pdf saja. Untuk file word dan excel cukup sebatas editing.

Setelah aplikasi terbuka, masuk pada menu tools dan akan langsung tersedia berbagai pilihan. Salah satunya adalah penggabungan pdf pada opsi combine files. Tambahkan semua file yang ingin disatukan. Jika sudah dipilih semua, klik pilihan combine sebagai langkah terakhir.

3. Gunakan Aplikasi PDF Utils

Selanjutnya masih merupakan aplikasi untuk jenis format file pdf. Diantara 3 aplikasi sebelumnya, PDF Utils memiliki ukuran yang kecil sehingga ramah untuk ponsel kentang. Ukuran dari software ini hanya 9.9 mb. Karena ukurannya mungil, fiturnya pun terbatas hanya fitur basic saja. Tentunya ada fitur untuk penggabungan file kok.

Untuk cara menggabungkan file di android menggunakan PDF utils adalah dengan memilih menu merge di tampilan utama. Pilih beberapa dokumen yang ingin digabung dan langsung klik opsi create pdf. Jika pembaca ingin melindungi file, fitur proteksi disediakan pada aplikasi ini.

4. Gunakan Situs DocSoSo

Nah, di urutan keempat ini sudah masuk pada cara menggabungkan file di android tanpa bantuan software. DocSoSo bisa diakses secara gratis pada web browser manapun serta melalui perangkat apapun khususnya android. Cukup ketik kata DocSoSo pada mesin pencari dan pilih web yang muncul paling atas.

Setelah tampilan utamanya terbuka, ada beragam menu yang bisa dipilih. Semua versi dokumen bisa digabung menggunakan situs ini. Contohnya adalah cara menggabungkan file word. Pembaca bisa langsung klik tulisan word converter yang ada di bagian atas dengan tanda segitiga di sampingnya. Akan ada banyak pilihan dan pembaca bisa klik opsi merge word.

Pilih dokumen lebih dari satu untuk digabung pada menu select files. Jika sudah, klik menu merge word untuk menyatukannya. Lakukan cara yang sama jika pembaca ingin menggabungkan file kerja lain.

5. Gunakan Situs Filesmerge

Situs diatas merupakan situs yang hanya dapat digunakan untuk merge file. Walaupun hanya memiliki satu buah fitur, 9 jenis file bisa digabung pada website ini. Tak hanya file kerja Microsoft, musik hingga gambar sangat mudah disatukan menggunakan file merge.

Setelah masuk pada webnya, tap menu berdasarkan jenis dokumen yang ingin digabung. Pada tampilan selanjutnya akan ada kolom dengan tulisan select a local file. Kolom tersebut digunakan untuk memasukkan berbagai file dari penyimpanan pembaca. Saat dokumen sudah terupload pada web, langsung saja tekan merge dan dokumen pembaca pun secara otomatis tersimpan pada ponsel.

6. Gunakan Situs Aspose

Terakhir adalah situs yang bernama Aspose. Menu untuk menggabungkan dokumen terdapat pada bagian beranda dari web. Masuklah pada menu merger dan langsung saja upload dokumen dan klik tombol warna hijau bertuliskan merge. Nah, file pun sudah digabung menjadi satu dan siap untuk dibagikan. Sayangnya, situs ini hanya berlaku untuk jeni dokumen word.

Keenam cara menggabungkan file di android diatas bisa dipraktekkan secara mudah terutama bagi pembaca pemula. Apabila ingin fitur lengkap, maka pembaca bisa menggunakan bantuan software tambahan. Sebaliknya jika ingin menghemat penyimpanan ponsel maka bisa memakai web online yang tersedia secara free!

 

BACA JUGA :  5 Cara Mengatasi File RAR yang Tidak Bisa Di Ekstrak di Android Anti Gagal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *