5 Cara Agar Lampu LED Android Menyala Ketika Muncul Notifikasi

By | May 31, 2021
Cara Agar Lampu LED Android Menyala

Nada pesan yang terlalu singkat terkadang membuat pengguna smartphone tidak menyadarinya. Untuk itulah, diperlukan tanda yang lain agar dapat tanggap ketika menjawab pesan atau pun telepon. Penerapan cara agar lampu LED Android menyala tentu akan sangat membantu dalam memberikan kemudahan. Sehingga meski dari kejauhan, pengguna dapat menyadari bila muncul notifikasi baru.

Hampir sebagian besar perangkat smartphone dilengkapi dengan lampu indikator. Akan tetapi, karena ketidaktahuan membuat pengguna mengabaikan fitur tersebut. Padahal bila dipelajari lebih dalam, lampu LED dapat diaktifkan dengan mudah. Berikut penjelasan mengenai 5 cara untuk mengaktifkan LED agar menyala saat muncul notifikasi baru:

1. Melakukan Setting Nada Dering

Kerap kali pengguna terlanjur panik ketika mengetahui lampu indikator smartphone tidak menyala. Hal ini mungkin saja terjadi ketika perangkat dalam kondisi disenyapkan atau dalam mode getar saja. Untuk menyalakan dering, silahkan geser tab menu bar ke bawah. Tekan beberapa kali pada bagian dering hingga aktif, secara otomatis lampu LED turut diaktifkan.

2. Mengaktifkan Fitur LED pada Pengaturan

Sudah terlanjur menginstal aplikasi LED flash, tetapi lampu tetap tidak menyala memang sangat mengecewakan. Lampu indikator yang mati mungkin dikarenakan ketidakpahaman pengguna dalam mengaktifkan fitur tersebut. Untuk memastikan apakah settingan smartphone telah sesuai, sebaiknya pengguna melihat ke menu pengaturan atau settings. Gulirkan pilihan opsi ke bawah dan pilih bagian Pemberitahuan.

Setelah itu, akan ditampilkan pengaturan smartphone yang berhubungan dengan notifikasi. Aktifkan indikator LED dengan cara menggeser tombol ON agar dapat menyala dengan semestinya. Secara otomatis, lampu akan menyala saat ada notifikasi yang masuk ke perangkat. Umumnya cara sederhana ini dapat diterapkan pada sebagian besar tipe HP.

3. Mengecek Izin Notifikasi Pada Tiap Aplikasi

Terkadang ada beberapa aplikasi yang memang tidak membuat lampu LED menyala meski telah mengirimkan beberapa notifikasi. Ini mungkin terjadi bila pengguna belum mengatur lampu indikator untuk semua aplikasi. Sehingga pengguna perlu mengecek izin notifikasi pada tiap-tiap aplikasi yang terpasang di smartphone dan mengaturnya secara khusus.

Cara agar lampu LED Android menyala dapat dilakukan dengan mengunjungi menu Settings pada perangkat. Pilih opsi Pemberitahuan, dilanjutkan dengan memilih bagian Kelola Pemberitahuan untuk melihat seluruh aktivitas pada aplikasi. Temukan aplikasi yang ingin diaktifkan lampu indikatornya, sehingga pengguna dapat mengetahui ketika ada notifikasi yang masuk.

4. Menggunakan Aplikasi Flash Notification for All

Selain melalui pengaturan perangkat, pengguna juga dapat mencoba aplikasi untuk menyalakan flash. Salah satu yang direkomendasikan adalah Flash Notification for All. Aplikasi ini hanya berukuran 6,4 MB saja dan dapat diunduh gratis di Play Store. Sejak awal rilis hingga saat ini, aplikasi memperoleh rating 4.7 dan telah diunduh lebih dari 5 juta kali.

Aktifkan bagian Flash Notification, kemudian pilih aplikasi mana sajakah yang ingin diberikan izin untuk menyalakan lampu LED. Di samping itu, pengguna juga dapat mengatur notifikasi flash guna memberi peringatan baterai. Sehingga dapat mengetahui dengan mudah saat baterai perangkat tersisa sedikit. Jangan lupa untuk selalu menyimpan pengaturan yang telah diubah.

5. Menggunakan Aplikasi Flash Alert

Aplikasi selanjutnya yang dapat dimanfaatkan guna menyalakan lampu indikator adalah Flash Alert. Aplikasi ini terbilang hemat baterai, ukuran berkasnya juga ringan hanya 9,5 MB saja. Flash Alert memperoleh rating 4.6 dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store. Pengguna Android dapat memasang aplikasi ini secara gratis tanpa perlu berlangganan.

Jalankan Flash Alert pada Android, berikan izin bagi aplikasi untuk mengakses media dan telepon yang terdapat pada perangkat. Pada menu Status, gulirkan tombol ON untuk opsi Incoming Calls dan Incoming SMS. Guna mengaktifkan lampu LED ketika ada notifikasi, pilih Notification for Apps. Lanjutkan dengan memberikan centang pada tiap aplikasi yang terinstal.

Demikianlah penjelasan dari 5 cara agar lampu LED Android menyala ketika muncul notifikasi baik panggilan atau pun pesan. Aturlah lampu indikator sedemikian rupa agar dapat memberikan kenyamanan saat menggunakan smartphone. Namun ketika sedang bekerja atau sibuk, sebaiknya nyala lampu LED dimatikan sementara sehingga tidak mengganggu konsentrasi pengguna.

 

BACA JUGA :  Cara Memutar Youtube di Latar Belakang Android Sekaligus Menjalankan Aplikasi Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *