5 Cara Menghapus Data di Android Secara Permanen Dengan Aman

By | May 29, 2021
Cara Menghapus Data di Android Secara Permanen

Membersihkan ponsel dari berkas-berkas yang tidak berguna terkadang justru menimbulkan masalah. Terutama bagi pengguna Android yang kurang begitu paham sistematikanya. Sebab, umumnya file hanya dihapus sementara dan masih tersimpan pada bagian Recycle Bin. Untuk itulah, perlu cara menghapus data di Android secara permanen agar penyimpanan perangkat tidak lekas penuh.

Sebelum membersihkan seluruh berkas pada smartphone, pastikan benar-benar tidak ada data yang dibutuhkan lagi. Bila dikhawatirkan file masih berguna untuk waktu mendatang, pengguna dapat menyalin pada memori penyimpanan atau perangkat yang lain. Adapun cara yang perlu dilakukan untuk menghapus seluruh berkas dijelaskan pada rincian berikut ini:

1. Menggunakan Aplikasi iShredder 6

Saat ini ada banyak aplikasi untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam membersihkan berkas. Salah satunya iShredder 6 yang dapat diunduh gratis di Play Store. Di samping itu, adanya aplikasi tambahan juga memungkinkan untuk mendeteksi file-file sensitif yang dapat membahayakan keamanan perangkat. Namun, pengguna diharuskan berlangganan agar dapat memperoleh fitur yang lengkap.

Mulailah membersihkan penyimpanan dengan memilih file-file ataupun folder yang akan dihapus. Berhati-hatilah untuk menghindari adanya kesalahan ketika menyeleksi data. Lanjutkan dengan memilih metode penghapusan yang diinginkan. Kemudian mulai proses menghapus dan tunggu hingga selesai. Data yang dipilih tidak akan muncul lagi pada perangkat smartphone.

2. Hapus Data Lewat PC

Bila jumlah berkas terlampau banyak, penerapan cara ini akan terbilang lebih efektif. Sebab, pengguna dapat melakukan seleksi data dengan mudah menggunakan PC atau laptop. Sehingga dapat memilah-milah bila sekiranya ada file yang masih diperlukan dan tidak ingin dihapus. Untuk mentransfer data-data, silahkan gunakan port USB guna menghubungkan smartphone ke PC.

Bukalah penyimpanan perangkat maupun microSD menggunakan PC. Temukan folder letak menyimpan berkas-berkas yang akan dihapus secara permanen. Blok beberapa file untuk menghapus data sekaligus, lalu klik kanan pada mouse dan pilih Delete. Secara otomatis, seluruh file yang telah ditandai tidak akan ditemukan lagi pada smartphone maupun perangkat penyimpanan PC.

3. Reset Smartphone ke Setelan Pabrik

Cara menghapus data di Android secara permanen ini dapat menjadi rekomendasi ketika sebuah smartphone akan dijual atau diberikan ke orang lain. Bukan hanya berkas penyimpanan saja yang akan terhapus, melainkan seluruh pembaruan aplikasi akan kembali ke settingan semula. Data-data akan dihapus secara permanen, sehingga ruang penyimpanan smartphone tersisa lebih banyak.

Untuk mereset setelan pabrik, pengguna dapat mengunjungi menu Setelan atau Settings. Temukan bagian Tentang Ponsel pada opsi paling bawah, sehingga akan ditampilkan informasi mengenai smartphone. Pilih reset untuk mengembalikan ke setelan paling awal. Setiap perangkat biasanya memiliki metode yang berbeda-beda, pengguna dapat membacanya pada buku panduan ponsel masing-masing.

4. Pergi ke File Manager

Bila ingin membersihkan data berupa foto atau video lewat penampil galeri, kemungkinan besar berkas akan ditransfer ke folder Bin. Sehingga pengguna masih harus menghapus untuk kedua kalinya agar data benar-benar tidak kembali. Cara menghapus data di Android secara permanen sebenarnya dapat dilakukan dengan mengunjungi File Manager.

Temukan folder berisi file media yang akan dihapus pada penyimpanan perangkat maupun eksternal. Tandai seluruh data untuk menghapus banyak file sekaligus. Kemudian pilih opsi hapus seperti yang biasa dilakukan. Dengan melakukan cara ini, data tidak akan ditemukan pada Bin, sehingga ruang penyimpanan tidak akan lekas habis.

5. Format Kartu MicroSD

Cara ini dapat menjadi pilihan terakhir bila pengguna hendak membersihkan seluruh data yang tersimpan. Tetapi, sebaiknya salinlah file-file penting yang kemungkinan masih diperlukan di masa yang akan datang. Sebab dengan mempraktekkan cara ini, data tidak akan dapat dipulihkan kembali. Sehingga tentu akan sangat menyulitkan pengguna bila terlanjur menghapus data yang penting.

Upaya yang perlu dilakukan untuk melakukan format dapat dilakukan dengan memilih menu Pengaturan, lalu pilih opsi Penyimpanan. Kemudian akan ditampilkan penyimpanan internal dan eksternal yang terdapat pada perangkat. Pada bagian microSD pilih hapus dan format kartu SD. Setelah proses selesai, seluruh berkas yang tersimpan pada penyimpanan eksternal akan terhapus.

Demikianlah penjelasan dari 5 cara menghapus data di Android secara permanen sehingga memberikan ruang lebih pada penyimpanan. Membersihkan berkas sangatlah diperlukan, terutama ketika sebuah smartphone akan dijual atau diberikan orang lain. Tujuannya agar dapat menghindari penyalahgunaan data yang terdapat pada penyimpanan perangkat. Sehingga keamanan dan privasi pemilik HP tetap terjaga.

 

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Android Lemot Anti Badmood dan 100% Berhasil!

Leave a Reply