Memahami Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Dengan Bantuan Launcher dan Icon Pack

By | May 28, 2021
cara mengganti icon aplikasi Android

Tampilan default sebuah ikon aplikasi terkadang memunculkan kesan yang membosankan. Sebab, tampilan layar menu terlihat biasa saja tanpa adanya unsur estetika. Pemahaman mengenai cara mengganti icon aplikasi Android akan sangat berguna bila ingin menampilkan kesan khusus bagi pemilik smartphone. Hingga nantinya mampu memberikan ciri khas yang membedakan dengan perangkat lain.

Pada dasarnya ada banyak sekali aplikasi penyedia pilihan tema untuk mengganti ikon sesuai gambar yang diinginkan. Akan tetapi, tanpa pemahaman yang dalam pengguna mungkin akan mengalami kesulitan ketika mengaplikasikannya pada smartphone. Sebagai bahan referensi, berikut penjelasan tentang cara mengganti ikon aplikasi dengan mudah bagi pengguna Android:

Memanfaatkan Aplikasi Launcher

Selain bekerja untuk membantu dalam mengubah tampilan menu sebuah smartphone, adanya laucher juga sangat bermanfaat dalam mengubah icon aplikasi. Namun, setiap launcher memiliki pengaturan tersendiri sehingga pengguna perlu mempelajarinya lebih dulu. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Nova Laucher yang dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Nova Laucher memiliki ukuran berkas 7,6 MB saja, sehingga tidak akan banyak menghabiskan ruang perangkat. Aplikasi ini sering direkomendasikan, sebab mempunyai banyak kegunaan. Nova Laucher memiliki rating 4.2 dan telah diunduh lebih dari 50 juta unduhan. Adapun tata cara mengganti icon aplikasi Android dengan memanfaatkan laucher ini dijelaskan pada rincian berikut:

1. Instal Aplikasi Nova Launcher

Karena ukuran berkas yang ringan, proses menginstal tidak akan membutuhkan waktu yang lama. Namun, hal ini juga tergantung dari koneksi jaringan internet pada perangkat. Bila jaringan stabil, proses instalasi mungkin hanya akan membutuhkan waktu beberapa detik saja. Pengguna dapat memasang launcher ini dengan mengunduhnya pada Play Store.

2. Buka Bagian Pengaturan

Setelah proses instalasi selesai, ikon aplikasi Nova Launcher akan terlihat pada bagian beranda berdampingan dengan aplikasi yang lain. Pengguna dapat mulai menjalankan launcher dengan memilih bagian Pengaturan atau Settings. Pilihan menu ini akan sangat berguna untuk mengatur tampilan home screen, termasuk mengubah maupun mengembalikan tampilan ikon kembali seperti semula.

3. Pilih Menu Look and Feel

Pada bagian paling bawah, terdapat menu Look and Feel yang memiliki beberapa peranan. Salah satunya dapat berfungsi untuk mengatur preferensi ikon. Animasi dan kecepatan gulir perangkat juga dapat disetting pada bagian menu tersebut. Bila tertarik, pengguna juga dapat mengatur bar notifikasi menyesuaikan dengan yang diinginkan.

4. Pilih Opsi Icon Style

Menu Look and Feel terdiri dari beberapa opsi yang dapat dipilih, salah satunya icon style. Pengguna dapat memilih opsi tersebut bila akan mengganti tema dan ukuran sebuah ikon aplikasi. Terutama bagi pengguna smartphone yang ingin mengatur tampilan menu sesuai kreativitas. Maupun memiliki tema khusus yang telah disiapkan sebelumnya.

5. Pilih Paket Ikon yang Tersedia

Nova Launcher akan menampilkan beberapa paket ikon yang tersedia, bahkan pilihan akan menjadi lebih banyak ketika seseorang telah mendownload icon pack sebelumnya. Pilihlah salah satu tema yang diinginkan, kemudian amati bagian pratinjau. Pengguna dapat memastikan bila tema yang dipilih telah sesuai dengan apa yang diinginkan.

Menggunakan Aplikasi Paket Ikon

Guna menambah pilihan paket ikon yang tersedia pada launcher, pengguna dapat mengunduh beberapa icon pack. Caranya dengan mengunjungi Play Store dan memilih aplikasi icon pack yang diinginkan. Salah satu paket yang direkomendasikan adalah Pixel Pie Icon Pack. Aplikasi memiliki lebih dari 10.000 ikon yang dapat digunakan secara gratis.

Perlu diketahui bahwa aplikasi icon pack ini hanya dapat berjalan pada peluncur seperti Nova Launcher. Untuk mengubah ikon, silahkan tekan lama pada aplikasi hingga muncul tampilan pop up. Pilih opsi Edit, sehingga muncul pilihan berbagai ikon yang dapat digunakan untuk mengganti tampilan default. Pilih salah satu, kemudian sesuaikan ukuran dan tekan OK.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengganti icon aplikasi Android dengan bantuan launcher dan icon pack. Semakin banyak paket ikon yang diunduh, maka pengguna dapat mengganti tema aplikasi pada perangkat smartphone secara berkala. Bila menerapkan kedua cara tersebut sekaligus, pengguna perlu memahami bahwa tidak semua launcher dapat support dengan icon pack yang telah diunduh.

 

BACA JUGA :  Gunakan 5 Aplikasi Desain Rumah Online Untuk Merancang Hunian Impian

 

Leave a Reply