Cara Mengatasi Instagram Error di Android 100% Berhasil! Ini

By | May 29, 2021
Cara Mengatasi Instagram Error di

Tentu tidak semua aplikasi buatan pengembang terkenal memiliki hasil sempurna. Pasti ada kalanya ketika aplikasi tersebut mengalami masalah seperti lag atau error. Salah satunya adalah Instagram yang merupakan platform media sosial terbesar. Kini ada cara mengatasi Instagram error di android anti bad mood dan ribet. Apa saja? Yuk simak dibawah ini!

1. Cek Kualitas Internet

Saat mengalami gangguan pada tampilan media yang error, bisa dipastikan bahwa kualitas internet pengguna sedang tidak baik. Ada berbagai cara untuk mengembalikan sinyal internet yang buruk. Salah satunya yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat lalu menonaktifkannya kembali. Dengan cara ini, kualitas internet akan normal kembali.

Jika ternyata kualitas internet baik, namun tampilan media Instagram masih saja mengalami gangguan, maka kemungkinan besar data internet habis. Pengguna bisa membuktikannya dengan mengecek sisa data internet. Jika cara mengatasi Instagram error di android yang pertama ini masih belum mengembalikan kenormalan Instagram, langsung saja coba cara selanjutnya.

2. Update dan Uninstall Instagram

Pasti pengguna sering heran ketika suatu aplikasi sering minta pembaharuan. Sebagian pengguna pasti merasa malas ketika update aplikasi. Mulai saat ini jangan malas ya! Karena menginstall aplikasi terutama Instagram ternyata bisa memperbaiki bug dan error. Sehingga ketika mengalami gangguan saat membuka Instagram, segera saja update aplikasi.

Jika ternyata masih error padahal sudah diperbarui, coba uninstall lalu pasang kembali. Setelah itu, pengguna bisa login dan Instagram pun dapat dijalankan dengan lancar. Semua proses update maupun install bisa dilakukan di Play Store. Pastikan penyimpanan tersedia serta koneksi memadai agar proses unduhan lancar.

3. Periksa Status Instagram

Jika kedua cara mengatasi Instagram error di android diatas masih belum berhasil. Penyebab lain yang mungkin adalah website yang sedang down. Nah, apakah statusnya benar-benar sedang memburuk, pengguna dapat mengecek sendiri melalui bantuan situs di internet. Caranya mudah juga cepat. Pertama-tama ketikkan situs pengecekan tersebut pada mesin pencari.

Salah satu contoh situsnya yaitu “is it down or just me”. Setelah mengetik nama situsnya, pengguna bisa langsung klik search dan pilih website paling atas. Pada kolom yang ditampilkan, pengguna bisa mengisi “Instagram.com”.  Selanjutnya klik opsi warna biru bertuliskan just me. Nah, status instagram akan langsung ditampilkan dengan jelas.

4. Keluar Akun serta Ubah Sandi

Cara selanjutnya jika IG mengalami lag atau error, maka pengguna dapat menyiasatinya dengan log out. Maksud dari log out adalah keluar dari akun. Untuk melakukan logout, pengguna bisa masuk ke menu settings lalu scroll sampai bawah hingga menemukan tulisan log out. Tinggal tap dan akun akan keluar dengan sendirinya.

Setelah keluar, pengguna bisa masuk atau log in kembali namun dengan syarat harus mengganti kata sandi terlebih dahulu. Jika sudah melakukan keduanya, kemungkinan Instagram untuk kembali normal akan lebih besar. Pengguna pun bebas bermain media sosial Instagram tanpa lag hingga bosan!

5. Bersihkan Sampah Aplikasi

Instagram keluar tiba-tiba ketika sedang dibuka? Jika pengguna mengalami hal ini, penyebabnya  adalah memori yang sudah kepenuhan atau terlalu banyaknya sampah. Agar masalah ini tidak terulang kembali, pengguna dapat menghapus sampah dari aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah dan tidak perlu bantuan software tambahan.

Pertama, pengguna harus keluar terlebih dahulu dari Instagram agar data akun tidak hilang. Lalu, pengguna bisa membuka menu settings atau pengaturan yang ada di dalam ponsel. Nah, baru setelahnya pada bagian penyimpanan masuk pada bagian aplikasi. Pilih Instagram dan langsung saja hapus data atau sampah aplikasi dengan menekan pilihan clear data/cache.

6. Coba Mulai Ulang Ponsel

Segera lakukan restart ketika Instagram tidak bisa ditekan maupun error. Dengan ini,  maka seluruh sistem termasuk aplikasi akan memulai ulang dengan keadaan lebih fresh dari sebelumnya. Ketika hidup kembali, performa ponsel dalam membuka Instagram menjadi lebih lancar. Apabila menginginkan performa lebih, pengguna dapat mematikan selama beberapa menit lalu menghidupkan kembali.

7. Tunggu Error Selesai

Menunggu error hingga normal dengan sendirinya menjadi cara terakhir yang dapat ditempuh. Apabila ternyata 6 cara diatas masih belum berhasil, maka kemungkinan besar error memang sedang terjadi pada aplikasi itu sendiri. Maka pengguna dapat menunggu hingga pihak Instagram sendiri yang mengembalikannya. Biasanya membutuhkan waktu beberapa jam atau bahkan beberapa menit saja!

Sudah mencoba cara mengatasi Instagram error di android diatas? Berhasil bukan?. Aplikasi yang error memang menjadi masalah umum yang akan dihadapi pengguna. Dengan adanya solusi maka tidak perlu bersedih ataupun badmood lagi ya!

 

BACA JUGA :  Informasi Harga dan Spesifikasi iPhone 8 Plus 256GB Terbaru

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *