3 Cara Membuka File Pdf di Android Tanpa Aplikasi dengan Sekejap

By | May 28, 2021
Cara Membuka File Pdf di Android Tanpa Aplikasi

Ada beragam format dokumen yang tersedia seperti word, excel, pdf, dan ppt. Salah satu diantara contoh tersebut yaitu jenis pdf yang dibuat untuk memudahkan pengiriman dan pembacaan tanpa merubah isinya. Dokumen pdf ternyata bisa dibuka tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut adalah cara membuka file pdf di android tanpa aplikasi 100% berhasil:

Cara Pertama Buka Pdf Tanpa Bantuan Aplikasi

Seperti namanya yaitu portable, format file ini memang sangat fleksibel. Nah, dibawah adalah cara membuka file pdf di Android tanpa aplikasi yang pertama. Cara ini 100% work bagi HP yang sudah memiliki fitur penampil pdf otomatis.

1. Buka File Manager

Semua ponsel pasti ada yang namanya file manager. Bukalah menu yang ada di ponsel android pembaca. Jika pembaca kesulitan menemukan file manager, maka bisa dicari pada ikon search di menu utama. Terdapat istilah lain dari file manager yang harus diketahui pembaca yaitu file explorer, file penyimpanan, atau penyimpanan saya.

Istilah tersebut berbeda tergantung dengan merk ponsel yang dipunya. Setelah menemukan file manager, buka lalu masuk pada tempat penyimpanan pdf berada. Apakah tersimpan di penyimpanan eksternal atau internal. Jika sudah, pembaca bisa langsung ke step berikutnya.

2. Cari Dokumennya

Setelah terbuka, pembaca bisa langsung mencari file pdf pada folder dokumen. Scroll hingga ditemukan. Bisa juga dengan searching pada kolom pencarian. Carilah menggunakan judul yang pas.  Jika salah memasukkan judul, maka dipastikan dokumen tidak akan ditemukan. Sayangnya, hal ini cukup merepotkan bagi pembaca yang lupa akan judul foldernya.

3. Klik Dokumen

Setelah pdf ditemukan, segera klik filenya. Secara otomatis, file itu dapat dilihat dan bisa mulai dibaca-baca. Apabila ingin membaca pada format word, klik titik tiga yang berada pada kanan atas dan pilih menu “buka dengan”. Dengan menu ini, pembaca juga bisa sambil mengedit pdf jika diperlukan.

Cara Kedua Buka Pdf Tanpa Bantuan Aplikasi

Apabila cara pertama berlaku bagi ponsel yang memiliki fitur penampil pdf, trik kedua ini berlaku untuk android tanpa fitur tersebut. Trik ini bekerja pada android manapun dan tentunya tidak perlu menginstall software tambahan. Bagaimana caranya? Yuk simak!

1. Buka Google Drive Melalui Chrome

Pembaca langsung pergi ke mesin pencari Chrome yang sudah menjadi software wajib semua ponsel. Cari dan buka GDrive pada Chrome. Bagi pengguna pemula, memakai Gdrive diharuskan membuat akun terlebih dahulu. Langkah-langkah dalam pembuatan akun GDrive sangat simple. Cukup masukkan nama email dan kata sandi dan akun pembaca pun sudah jadi.

2. Unggah File Pdf pada Gdrive

Setelah Gdrive terbuka, upload file terpilih pada Gdrive. Ketika menguploadnya, pembaca bisa menekan tanda tambah lalu klik file upload, pilih filenya, dan pencet OK. Tunggu beberapa saat dan pdf pun sudah terunggah di GDrive pembaca. Pastikan sinyal internet baik agar proses pengunggahan pdf lancar dan cepat.

3. Buka Dokumen Yang Sudah Diupload

Setelah terupload, klik hasil upload tersebut pada Gdrive. Secara otomatis pdf akan langsung terbuka. Selesai deh! Prosesnya sangat cepat bukan?. Sangat disayangkan, menampilkan file menggunakan GDrive harus menggunakan koneksi internet dengan sinyal kuat.

Cara Ketiga Buka Pdf Tanpa Bantuan Aplikasi

Untuk cara membuka file pdf di android tanpa aplikasi yang ketiga ini hampir sama dengan cara sebelumnya. Jika cara sebelumnya menggunakan chrome, cara yang satu ini langsung menggunakan GDrive yang sudah tersedia di ponsel pembaca. Langsung saja simak caranya dibawah ini!

1. Tekan File Hingga Muncul Centang

Apabila sudah menemukan pdf pada file manager, langsung saja tekan dokumen tersebut hingga muncul centang di sampingnya.  Nantinya akan tersedia beberapa pilihan. Nah, pembaca bisa memilih menu “berbagi”. Selanjutnya klik opsi “Tambah ke Drive”.

2. Masukkan ke GDrive dan Buka

Unggah file seperti cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. File pun bisa langsung dibuka dan ditampilkan. Karena sudah otomatis memiliki GDrive pada ponsel, pembaca tidak perlu repot membuat akun seperti cara sebelumnya. Harus diingat bahwa membuka pdf pada GDrive harus selalu menghidupkan data internet.

Nah, diatas adalah penjelasan mengenai cara membuka file pdf di android tanpa aplikasi. 3 cara tersebut hanya membutuhkan waktu cepat dalam menampilkan pdf. Bagaimana? Sudah mencoba cara-cara diatas? worth it bukan?

 

BACA JUGA :  Inilah Aplikasi Untuk Membuat Subtitle Video Di Android

 

One thought on “3 Cara Membuka File Pdf di Android Tanpa Aplikasi dengan Sekejap

  1. Pingback: Aplikasi Membuat Denah Rumah 2d Terbaik Mudah Digunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *