Intip Cara Menyembunyikan Folder di Android dengan dan Tanpa Aplikasi

By | May 27, 2021
Cara Menyembunyikan Folder di Android

Pembaca termasuk orang yang mementingkan privasi terutama folder pada ponsel? Sudah tahu cara untuk menyembunyikannya? Jika belum, baca penjelasan ini hingga selesai. Ternyata cara menyembunyikan folder di android dapat dilakukan dengan mudah. Ada 2 cara umum yang dapat dilakukan. Apa saja? Berikut ini penjelasannya!

Cara Menyembunyikan Folder di Android Tanpa Aplikasi

Hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja ketika pembaca ingin menyembunyikan folder tanpa aplikasi. Langkah pertama pembaca dapat mencari file explorer atau manager file pada menu utama. Setelahnya pilih folder yang ingin disembunyikan dan tahan hingga muncul tanda centang. Akan muncul titik tiga pada kanan atas, klik lalu pilih opsi “rename”.

Gantilah nama folder yang tadinya ( whatsapp ) menjadi ( .whatsapp ). Hanya menambahkan titik pada bagian awal dan folder akan langsung tersembunyi. Untuk melihat kembali folder tersembunyi, cukup klik “tampilkan folder tersembunyi” yang bisa pembaca temukan di tanda strip tiga menu file explorer. Mudah dan cepat bukan?

Cara Menyembunyikan Folder di Android dengan Aplikasi

Berikutnya adalah menyembunyikan atau hidden folder menggunakan bantuan software tambahan. Pembaca akan mendapat keunggulan yang lebih dibandingkan ketika tidak menggunakan software. Nah, dibawah ini merupakan 5 software terbaik untuk menyembunyikan folder di Android!

1. FotoX

Software satu ini hanya dapat digunakan untuk menyembunyikan folder foto saja. Sudah diketahui bersama bahwa foto merupakan salah satu hal paling privasi di dunia. Dengan menyembunyikan foto, pengguna pun akan terhindar dari kejahatan penyalahgunaan foto yang marak terjadi. Pada software FotoX juga dibekali dengan fitur proteksi yang canggih.

Fitur tersebut antara lain keamanan pola, kata sandi, PIN, bahkan deteksi wajah pengguna. Selain menyembunyikan, backup data foto juga dapat dilakukan saat menggunakan software ini. Ditambah lagi, tidak sembarang orang dapat menghapus software FotoX. Hanya pengguna yang dapat meng uninstall software ini. Benar-benar aman!

2. Coverme

Selanjutnya adalah software Cover Me. Jika pada aplikasi sebelumnya hanya menyembunyikan foto, Coverme dapat sekaligus menyembunyikan pesan chat dan log panggilan. Tersedia dalam 4 pilihan level proteksi yaitu normal, protected, delete after 5 minutes dan delete on read. Untuk proteksi paling aman, pengguna bisa memilih opsi delete on read.

Dengan opsi ini, pesan yang dikirimkan akan langsung terhapus saat sudah dibaca oleh penerima pesan. Agar lebih aman, pengguna bisa mengaktifkan password atau sidik jari. Agar bisa menikmati semua fitur yang ada, pengguna harus membayar untuk berlangganan. Walaupun tidak gratis, software ini sangat ampuh untuk menyembunyikan folder di android.

3. Locked Secret Album

Karena memiliki ukuran yang mungil yaitu 8.3 mb, software satu ini cocok diinstall untuk tipe ponsel apapun termasuk ponsel kentang. Locked Secret Album dapat digunakan untuk menyembunyikan berbagai folder seperti foto, file, dan video pengguna. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menulis diary rahasia.

Untuk jenis proteksi pada software ini yaitu pola dan sidik jari. Saat ada yang ingin mencoba membuka file privasi pengguna, secara otomatis aplikasi ini akan memfoto wajah orang jahil tersebut. Yuk segera coba aplikasi ini.

4. Solid Explorer File Manager

Semua jenis file dapat disembunyikan menggunakan software ini. Baik foto, dokumen, video, dan music dapat disembunyikan dengan aman. Tampilan dengan letak panel ganda yang sederhana memudahkan pengguna ketika menggunakannya. Pengguna juga dapat menambah maupun membuat folder sesuka hati.

Aplikasi yang dikembangkan oleh NeatBytes ini sudah diunduh lebih dari 5 pengguna. Tak perlu khawatir karena aplikasi ini gratis. Jika pengguna ingin fitur lebih, maka bisa berlangganan. Harga yang ditawarkan cukup murah yaitu 3000 rupiah sampai 10.000 rupiah saja.

5. Hide Apps

Urutan terakhir untuk cara menyembunyikan folder di android yaitu dengan aplikasi Hide Apps. Walaupun dari namanya menyembunyikan aplikasi, namun semua jenis file dapat disembunyikan. Bahkan software ini bisa digunakan untuk cloning aplikasi lho! Benar-benar software all in one. Canggihnya lagi ketika pengguna ingin menyembunyikan aplikasi, Hide Apps bisa menyamarkannya menggunakan ikon kalkulator.

Itulah cara menyembunyikan folder di android yang dapat pembaca terapkan ketika ingin merahasiakan suatu folder dari orang lain. Dijamin! Folder akan tersembunyi dengan sempurna tanpa ada yang menemukannya. Segera coba cara diatas yuk!

 

BACA JUGA :  Inilah 5 Cara Menggunakan Earphone Bluetooth yang Patut Dipahami

Leave a Reply