Cara Meningkatkan Kualitas Suara Video di Android Paling Mudah

By | May 26, 2021
cara meningkatkan kualitas suara video di Android

Menonton video dengan suara jernih merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi tiap orang. Namun bagaimana apabila volume dirasa terlalu kecil dan tidak bisa mendengarkan suaranya secara jernih? Tentunya ada banyak hal yang perlu dilakukan. Beberapa cara meningkatkan kualitas suara video di Android berikut ini bisa dicoba:

1. Lihat Pengaturan Smartphone

Langkah pertama sebagai cara meningkatkan kualitas suara video di Android adalah dengan mengecek pengaturan smartphone terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kebanyakan mengoptimalkan audio pada Android bisa diatur melalui Settings. Caranya cukup mudah, yaitu hanya perlu menekan Settings dan klik Sounds and Vibration. Barulah kemudian pilih Sound quality and effects untuk memaksimalkan audio yang ada.

Apabila tidak berfungsi di smartphone yang digunakan, maka bisa pula dengan mengaktifkan ClearAudio pada Xperia UI dan BoomSound pada perangkat HTC. Hindarilah menekan turn off agar kualitas suara audio yang dihasilkan jernih dan bagus.

2. Coba Gunakan Headphone

Jika telah melihat Settings namun tidak menghasilkan apa-apa, hal ini bisa disiasati dengan penggunaan headphone agar kualitas suaranya meningkat. Pilihlah produk berkualitas terbaik dan harga lebih mahal untuk membuat suara terdengar lebih baik. Namun perhatikan pula apakah kompatibel dengan smartphone yang dipunya agar bisa digunakan sesuai fungsinya dengan baik.

3. Download Aplikasi Pemutar Video Baru

Cara meningkatkan kualitas suara video di Android berikutnya adalah dengan mendownload aplikasi pemutar video atau musik baru. Beberapa diantaranya yaitu seperti Poweramp dan PlayerPro yang memiliki kelengkapan berupa audio tweaks, bass boost dan lain sebagainya. Sehingga nantinya suara jadi terdengar jernih dan berkualitas lebih baik.

Beberapa aplikasi tersebut cukup bagus untuk memperhatikan aspek audio dari video maupun suatu musik yang diputar. Bahkan meskipun tidak gratis atau berbayar, aplikasi ini tidak mengecewakan dan wajib dimiliki.

4. Download EQ

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah mendownload EQ untuk meningkatkan audio pada video yang ada di Android. Tentunya aplikasi ini digunakan untuk mengontrol audio bawaan dan sekaligus membuat suaranya jadi lebih jernih. Beberapa aplikasinya yaitu seperti Music Volume EQ dan juga Bass Booster.

Dalam hal ini bisa disesuaikan kebutuhan smartphone Android yang dimiliki. Pastikan apakah ponsel memiliki tools yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas suara video yang diputar. Barulah pengguna bisa memutuskan untuk mendownload aplikasi satu ini atau tidak.

5. Cek Bagian Penutup Smartphone

Jangan lupa pula mengecek bagian penutup atau cover smartphone. Pada umumnya, case yang sering dipakai untuk melindungi ponsel tidak memiliki ukuran pas. Sehingga membuatnya menutupi bagian speaker dan tentu saja kualitas suara jadi memburuk serta tidak jernih seperti sebelumnya.

Maka dari itu, pastikan memilih case smartphone yang sesuai, baik ukuran dan juga kualitas bahannya. Pemilihan case yang benar tidak akan menutupi bagian audio jack, speaker maupun microphone penyebab kualitas suara buruk. Dijamin nantinya suara akan lebih jernih dan bagus.

6. Menggunakan Aplikasi Kinemaster

Cara terakhir yang bisa dilakukan apabila langkah di atas tidak berhasil adalah dengan mengeditnya ulang menggunakan aplikasi Kinemaster. Biasanya banyak YouTuber maupun pengguna pemula memilihnya karena hasil cukup bagus dan suara semakin berkualitas bagus.

Untuk mengeditnya cukup mudah, yaitu pertama buka aplikasi dan buat project baru. Kemudian pilih video yang ingin diedit dan ditingkatkan suaranya. Setelah itu, barulah klik pada file atau layer video dan klik ikon Suara. Lalu, inilah langkah untuk meningkatkan volume yang hanya 100% menjadi 200%.

Jika sudah selesai, maka jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan ikon Centang. Dijamin nantinya volume atau kualitas suara video di Android jadi lebih keras dan jernih. Namun apabila masih kurang jelas, pastikan untuk mengaktifkan kompresor dan atur ke arah kanan maupun kiri sesuai kebutuhan.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai bagaimana cara meningkatkan kualitas suara video di Android yang paling mudah. Tentunya beberapa langkah diatas bisa dilakukan secara mandiri tanpa perlu bantuan. Namun apabila kualitasnya masih terdengar buruk, maka bisa pula dengan cara mengedit video ataupun melakukan servis agar suaranya kembali normal. Semoga bermanfaat.

 

BACA JUGA :  5 Cara Agar Lampu LED Android Menyala Ketika Muncul Notifikasi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *