Inilah Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di Android Paling Ampuh dan Aman

By | May 26, 2021
Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Game menjadi salah satu jenis aplikasi yang banyak diunduh oleh masyarakat. Namun, sering kali terjadi error ketika memainkannya, seperti aplikasi keluar sendiri hingga tidak dapat diakses. Cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android ini dapat dilakukan dengan efisien dan cepat.

Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, seperti layar hitam ketika game dibuka maupun memori penuh. Jika kondisi ini dibiarkan tentu akan merusak sistem operasi pada handphone. Oleh karena itu, pengguna perlu memahami gejalanya dan segera melakukan pertolongan untuk mengatasinya sendiri di rumah.

Sebelum memperbaikinya sendiri, berikut ini penjelasan mengenai penyebab serta cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android yang wajib disimak.

Faktor Penyebab Game Tidak Bisa Dibuka di Android

Aplikasi game yang sering keluar dengan sendirinya ke menu home menjadi salah satu penyebab paling umum terjadi di ponsel Android. Masalah ini disebabkan oleh spesifikasi yang tidak kompatibel dengan smartphone yang dipakai. Kemungkinan lain yaitu versi game yang diinstall sudah lama dan perlu pembaruan.

Faktor selanjutnya yaitu memori ponsel penuh yang membuat aplikasi tidak bekerja dengan semestinya. File cache dari aplikasi inilah yang membuat penyimpan internal tidak cukup. Sebaiknya bersihkan cache terlebih dahulu sebelum memainkannya.

Selain problem memori tidak cukup, layar ponsel yang menghitam juga menyebabkan kinerja aplikasi tersendat. Spesifikasi ponsel dan game yang diinstall tidak sesuai ini membuat layarnya blank, sehingga sangat mengganggu ketika dimainkan.

Cara Mengatasi Game Tidak Bisa Dibuka di Android Paling Ampuh

Setelah mengetahui penyebabnya, kini pengguna bisa mengatasinya dengan metode sederhana. Tahapan tersebut bahkan tidak membutuhkan alat khusus. Inilah cara mengatasi game tidak bisa dibuka di Android dengan cepat dan efisien.

1. Menghapus File Cache Ponsel

Keberadaan cache pada aplikasi bisa mempengaruhi sistem meski sifatnya aman dan tidak merusak. File ini dapat membuat memori internal Android penuh karena tersimpan sementara. Pengguna bisa menghapus cache supaya game bisa berjalan seperti semula.

Cukup buka menu Settings dan pilih opsi Aplikasi untuk menghapus file didalamnya. Kemudian, tekan pilihan “Hapus Cache” lalu coba mainkan game kembali. Sebagai alternatif, pengguna dapat menambahkan program lain untuk memudahkan proses pembersihan data dan cache.

2. Reinstall Game

Cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android selanjutnya adalah dengan menerapkan ulang aplikasinya. Metode ini  diketahui dapat mengembalikan data serta memperbarui sistem. Pengguna hanya perlu mengakses Google Play Store dan pilih lakukan uninstall game.

Setelah proses uninstall selesai, pengguna bisa mengunduh dan menginstall ulang game. Game pun dapat dimainkan kembali dengan normal tanpa gangguan.

3. Mengupdate Aplikasi

Dalam jangka waktu tertentu, pengguna akan menerima notifikasi pembaruan pada setiap aplikasi yang diinstal. Update berfungsi untuk memperbaiki serta menyempurnakan kekurangan pada sistemnya seperti error, bug, serta tambahan fitur baru.  Pengguna dapat mengeceknya melalui Google PlayStore langsung.

Cara mengupdate permainan tersebut sangat simple, tinggal membuka PlayStore lalu cari di list koleksi. Lalu, klik pilihan Update untuk memperbarui game kemudian tunggu hingga proses selesai. Pengguna juga dapat mengaktifkan pembaruan otomatis dengan kondisi terkoneksi internet.

4. Gunakan Versi Lama dari Game

Google Play Store merupakan layanan penyedia game pada sistem operasi Android. Pengguna dapat mengaksesnya secara gratis maupun berbayar. Toko tersebut juga akan memberikan informasi update untuk versi terbaru dengan berbagai fitur dan pembaruan terkini.

Game yang tidak bisa dijalankan disebabkan oleh tidak kompatibelnya smartphone. Untuk tetap menggunakannya, pengguna dapat menginstall versi lama dari permainan tersebut. Aplikasi tersebut biasanya diunduh melalui situs menyediakan layanan dengan format apk. Selain itu, pengguna dapat memilih berbagai versi untuk disesuaikan pada ponsel.

Itulah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android. Metode diatas dapat disesuaikan jenis problem yang dialami agar tidak semakin merusak ponsel. Sebaiknya cek kompatibel dan spesifikasi ponsel terlebih dahulu sebelum menginstall game yang diinginkan. Dengan begitu tidak akan terjadi kendala berarti saat akan menggunakan aplikasi game di android.

 

BACA JUGA :  5 Aplikasi Lagu Anak Anak Sebagai Media Belajar Musik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *