Simak Cara Sinkron Kontak Gmail ke Android Ini Agar Data Tetap Aman

By | May 26, 2021
Cara Sinkron Kontak Gmail ke Android

Pada umumnya cara sinkron kontak Gmail ke Android akan bekerja secara otomatis. Device akan melakukan sinkronisasi  bahkan ketika membuat akun atau log in pertama kali. Di tahapan ini pengguna diarahkan untuk mengatur sejumlah menu di ponsel. Namun, ada beberapa faktor yang membuat perangkat mematikan sistem sync pada pengaturan maupun aplikasi yang digunakan.

Sistem sinkronisasi yang tidak berjalan bisa disebabkan oleh memori penyimpanan penuh di Android. Pengguna tidak bisa menerima notifikasi dari Gmail seperti kotak masuk email maupun pembaruan aplikasi. Selain itu, Google Keep juga tidak bisa digunakan untuk mengedit atau menulis catatan baru. 

Jadi, pengguna perlu mengaktifkan kembali fitur sync agar tidak ketinggalan informasi. Lalu, bagaimana langkah mengatasi problem tersebut? Berikut ini ulasan tentang cara sinkron kontak Gmail ke Android beserta penjelasan lengkapnya wajib disimak.

Mengenal Apa Itu Sinkron Kontak Gmail Serta Fungsinya

Sinkronisasi merupakan sistem yang dipakai untuk mengintegrasikan akun Google ke fitur smartphone seperti email, kalender, kontak, dan lain sebagainya. Fungsi dari sistem tersebut yaitu memudahkan pengguna memperoleh notifikasi dan pembaruan dari akun yang terhubung. Pengguna harus mempunyai email sebagai syarat mengaktifkan sistem sinkron pada Android.

Selain itu, pengguna juga memakai Gmail ketika menyinkronkan buku telepon. Layanan Contacts ini dapat membantu menyimpan informasi berupa nomor ponsel, alamat serta nama seseorang. Aktifkan sinkronisasi di menu Settings untuk memindahkan serta menyimpan kontak pada smartphone baru.

Bagaimana Cara Sinkron Kontak Gmail ke Android

Mengaktifkan sistem synchronize di ponsel sangat penting dilakukan untuk tetap mendapatkan pemberitahuan terkini dari akun Google. Jika sistem tersebut tidak bekerja, pengguna bisa mengatur ulang di menu Settings dengan metode tertentu. Berikut ini beberapa tahapan cara sinkron kontak Gmail ke Android dengan cepat.

1. Mengatur Sinkronisasi Kontak Melalui Settings

Cara sinkron kontak Gmail ke Android  dapat dilakukan dengan mengaturnya melalui menu Settings. Sebelum melakukan tahapan ini, pastikan untuk memakai akun Google aktif dan sudah tersambung. Pertama, bukalah Setelan kemudian klik Akun dan pilih opsi Sinkron. Lalu, pilih menu Google dan masukkan alamat email yang ingin disinkronkan.

Setelah tersambung dengan akun Gmail, pengguna bisa memilih Kontak serta memberi centang.  Cara ini bermanfaat untuk menyimpan nomor ponsel tanpa khawatir hilang atau terhapus.  Selain itu, sistem ini bisa digunakan untuk menyinkronkan akun sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga WhatsApp.

2. Mengecek Kontak Hp via Email

Mengetahui buku telepon yang tersimpan di Gmail cukup mudah dilakukan. Tentunya pengguna perlu login ke account yang berisi informasi dan nomor penting terlebih dahulu melalui browser. Untuk mengeceknya, pengguna harus membuka website milik Google Contacts.

3. Mengimpor Kontak dengan Sistem Sinkron

Metode impor ini sebenarnya  masih diakses secara manual. Informasi data tersimpan di account Google akan muncul setelah proses impor selesai dilakukan. Fitur sinkronisasi bisa menjadi  alternatif untuk mengimpor data serta langsung terhubung ke Android.

Caranya buka menu Setelan lalu sign in Akun Google yang akan disambungkan. Kemudian pilih Sinkronisasi serta ketuk pilihan Contact, tunggu selama beberapa saat.  Jika proses telah selesai, kontak dan semua data penting tersimpan otomatis ke ponsel.

4. Ekspor Contact dari Gmail ke Ponsel

Salah satu metode memindahkan nomor ke smartphone yaitu dengan bantuan Google Contacts. Aplikasi ini mampu mengekspor kontak ke dalam bentuk data dengan beberapa pilihan format seperti  Vcard (VCF), Outlook serta Google CSV.  Biasanya format yang dipakai di Android adalah VCF atau Vcard.

Langkah pertama, pengguna perlu mengakses halaman Google Contacts lalu pilih Lainnya. Setelah itu, klik pilihan Ekspor dan tentukan format dengan opsi Vcard. Kemudian, copy file Vcard tersebut ke ponsel apabila proses dilakukan di PC.

Selanjutnya, buka Settings dan pilih opsi VCF.  Ekspor contact akan segera diproses apabila file yang tersimpan telah dimasukkan.

Demikian penjelasan  mengenai cara sinkron kontak Gmail ke Android yang dapat dipraktekkan. Sinkronisasi pada akun Google ternyata memiliki banyak manfaat sebagai media penyimpan data penting di ponsel. Pengguna dapat mencoba metode diatas untuk mengetahui  informasi data secara lengkap dan terjamin keamanannya.

 

BACA JUGA :  6 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Termudah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *