Inilah Cara Merekam Layar Android Tanpa Aplikasi dan Tips Mengatur Kualitas Rekaman

By | May 26, 2021
cara merekam layar Android tanpa aplikasi

Screen recording sering kali dibutuhkan untuk membuat video ketika bermain game atau melakukan aktivitas lain di ponsel.  Namun, pengguna perlu menginstall aplikasi lain untuk memakai fitur yang mungkin dapat menghabiskan space memori. Tidak perlu bingung,  pengguna dapat mengikuti sejumlah cara merekam layar Android tanpa aplikasi yang praktis serta gampang diterapkan

Para pengguna dapat merekam screen melalui bantuan fitur asli dari ponsel. Pada tipe serta merk tertentu biasanya telah dilengkapi oleh alat recording bawaan. Kemungkinan ponsel  Android generasi terbaru saat ini sudah dilengkapi fitur tersebut tanpa perlu mengunduh aplikasi pendukung lainnya.

Penasaran bagaimana melakukan screen recording tersebut? inilah cara merekam layar Android tanpa aplikasi untuk jenis ponsel pilihan wajib diketahui.

Cara Merekam Layar Android Tanpa Aplikasi

Salah satu fungsi dari screen recording adalah mendokumentasikan serta membagikan karyanya berupa video ke media sosial. Untuk membuat video tersebut setidaknya memiliki aplikasi pendukung yang bagus. Jika tidak ingin menginstalnya, berikut ini sejumlah cara merekam layar Android tanpa aplikasi sebagai alternatif.

1. Samsung

Screen recorder pada ponsel Samsung memang tergolong masih baru dan hanya tersedia  untuk One UI tertentu saja. Aplikasi bawaan ini cukup gampang diaplikasikan serta mempunyai sejumlah keunggulan lengkap. Oleh karena itu, pengguna tidak harus menginstall aplikasi pendukung ketika melakukan screen recording.

Cara merekam layar Android tanpa aplikasi untuk ponsel Samsung mudah digunakan. Pertama, bukalah Quick Panel lalu tap opsi Screen Recorder. Nanti akan ada setting untuk memilih recording memakai suara atau tidak. Selanjutnya, pengguna bisa melakukan rekaman dan juga memilih resolusi video jika selesai.

2. Oppo

Oppo ternyata membekali ponsel keluarannya dengan aplikasi screen recorder bawaan. Pengguna dapat memakainya dengan hanya membuka Settings lalu tap Screen Recording. Jika ingin merekam, pilih opsi Record Screen lakukan sampai slider dalam keadaan hidup. Proses perekaman layar ini dilakukan secara otomatis serta muncul pada menu navigasi.

3. Xiaomi

Langkah pertama, pastikan pengguna sudah menginstall aplikasi Screen Recorder bawaan Xiaomi. Kemudian, muncul pesan No Video dengan tombol navigasi lalu pilih opsi Mulai Rekam. Supaya mendapatkan rekaman dengan suara jernih, pengguna bisa menyambungkan headset yang dilengkapi microphone.

4. Vivo

Vivo memiliki fitur screen recorder yang sangat mudah digunakan. Pengguna hanya perlu menggeser layar untuk membuka menu status bar. Setelah itu, pilih menu S-Capture yang kemudian dapat dipakai untuk recording secara otomatis. Hasil rekaman video pun nantinya tersimpan di galeri dan bisa diedit.

5. Aplikasi Google Play Games

Google Play Games adalah aplikasi yang sudah terinstall secara default di hampir semua smartphone bersistem Android. Fitur tersebut berisi rekomendasi permainan yang pernah diinstall atau sedang dimainkan. Apabila ingin merekam layar, pastikan telah mempunyai akun terdaftar.

Caranya buka Google Play Games serta klik menu Koleksi  yang berisi daftar permainan. Lalu, klik game yang dimainkan nanti terdapat tombol untuk screen recording. Jika sudah di klik, maka menerima pesan setting resolusi video kemudian rekam layar.

Tips Mengatur Kualitas Video Screen Recording

Resolusi rekaman kurang bagus menjadi  kekurangan dari fitur screen recorder. Rendahnya kualitas video dapat disebabkan oleh ruang penyimpanan tidak cukup. Sebaliknya jika memori internal tersedia maka hasilnya pun akan lebih bagus.

Hasil video rekaman layar ini bisa diatur melalui menu Settings pada ponsel. Perlu diingat jika pengaturan pada setiap ponsel biasanya berbeda-beda. Cobalah untuk membuka Screen Recorder pilih Video Qualities , atur sesuai dengan besar resolusi yang diinginkan.

Menu Settings juga memungkinkan pengguna mengatur kualitas suara dari rekaman layar. Tentunya suara dihasilkan akan semakin bagus dan jelas. Pengguna dapat memaksimalkan video screen recording  untuk dibagikan di sosial media.

Inilah ulasan mengenai cara merekam layar Android tanpa aplikasi yang bisa dicoba. Hadirnya aplikasi bawaan tersebut akan sangat memudahkan aktivitas pengguna ketika melakukan screen recording. Pengguna bisa memakai bantuan aplikasi tambahan yang memiliki fitur lebih lengkap untuk proses pengeditan video. Dapatkan video berkualitas tinggi dengan mengikuti cara merekam layar di atas.

 

BACA JUGA :  Ampuh! Ini 5 Cara Mencari Hp Android yang Hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *