Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo dengan Sistem dan Third Party App

By | May 25, 2021
Cara Menggandakan Aplikasi di HP Vivo

Pengguna smartphone Vivo di Indonesia maupun mancanegara semakin banyak jumlahnya. Selain karena harga smartphone merk tersebut terjangkau, fiturnya sangat beragam. Pengguna yang produktif bahkan bisa mempelajari cara menggandakan aplikasi di HP Vivo untuk menjadi lebih produktif lagi. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan fungsi tersebut.

Menggunakan Aplikasi Bawaan App Clone untuk Penggandaan Aplikasi

Merk smartphone ini ternyata dilengkapi oleh aplikasi bawaan dari sistem yang berfungsi untuk melakukan duplikasi. Menu tersebut disebut sebagai menu “App Clone” yang bisa ditemukan di dalam Pengaturan atau Setting. Menu tersebut tersedia karena adanya perangkat dengan 2 SIM Card.

Menggunakan menu ini sebagai cara untuk menggandakan aplikasi di HP Vivo cukup sederhana. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Akses menu Pengaturan atau Setting di dalam perangkat lalu pilih App Clone
  • Geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan menu tersebut
  • Akses home screen untuk melihat aplikasi-aplikasi yang terinstal di dalam perangkat
  • Klik aplikasi yang ingin digandakan dan tahan hingga muncul pilihan Hapus dan Tambah
  • Pilih tombol Tambah (juga dilambangkan dengan +)
  • Aplikasi akan sukses ditambahkan setelah beberapa saat
  • Aplikasi hasil penggandaan memiliki simbol peta merah dengan angka 2 untuk membedakan dengan aplikasi yang utama

Perlu diingat bahwa metode ini tidak memiliki tingkat keberhasilan 100%. Pasalnya, kemungkinan akan ada aplikasi yang tidak mendukung duplikasi. Aplikasi yang tidak bisa diduplikasi biasanya tidak akan memunculkan tanda Tambah meskipun App Clone diaktifkan. Terdapat beberapa alasan yang membuat aplikasi tidak bisa dikloning.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Penggandaan

Third party app atau aplikasi pihak ketiga menjadi alternatif yang bisa dilakukan jika pengguna smartphone Vivo ingin melakukan duplikasi. Di PlayStore, terdapat beberapa aplikasi yang bisa diunduh gratis dan memiliki fungsi tersebut. Berikut merupakan tahapan untuk duplikasi dengan aplikasi semacam ini:

  • Mencari aplikasi untuk penggandaan aplikasi yang ingin diinstal
  • Melakukan instalasi aplikasi hingga sukses ke dalam sistem perangkat
  • Mengakses aplikasi dan mengikuti petunjuk seperti yang diberikan

Perlu diingat bahwa karena pengguna perlu menginstal aplikasi tambahan untuk mendapatkan fungsi ini. Karenanya, perangkat yang digunakan harus memiliki storage space yang cukup lapang untuk mengakomodasi aplikasi tersebut. Storage space yang harus disediakan tidak hanya mengakomodasi aplikasi yang diinstal. Hasil dari penggandaan aplikasi juga akan menempati storage space.

Tidak semua orang menyukai instalasi third party app sebagai cara menggandakan aplikasi di HP Vivo. Selain karena alasan storage space, terdapat beberapa hal lain yang menyebabkan metode ini bukan menjadi pilihan utama. Ada kekhawatiran bahwa aplikasi yang diunduh dapat mendatangkan malware. Jika begitu, keseluruhan perangkat dapat terdampak.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal tersebut, yaitu melakukan riset dulu untuk menentukan third party app yang paling direkomendasi. Aplikasi tersebut harus bebas dari malware. Sangat disarankan untuk memilih aplikasi dengan bugs yang sedikit dan tidak mengonsumsi daya terlalu besar. Informasi dapat dilihat melalui review di laman Google Play.

Apakah Dua Aplikasi Diperlukan dalam Kehidupan Sehari-hari?

Tidak semua orang membutuhkan dua aplikasi yang sama di dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Namun, bagi orang yang menggunakan smartphonenya untuk bekerja dan aktivitas rekreasi, memiliki duplikat aplikasi sangat berguna. Aplikasi yang biasanya diduplikasi adalah jenis aplikasi instant messaging maupun media sosial lainnya.

Dengan menerapkan cara menggandakan aplikasi di HP Vivo, seorang pengguna smartphone akan bisa dengan lebih mudah mengatur kehidupannya. Ia dapat menggunakan aplikasi pertama untuk urusan pekerjaan dan aplikasi duplikat untuk keperluan pribadi. Urusan profesional dan pribadi pun menjadi tidak bercampur dan menyebabkan ketenangan dalam diri sendiri.

Tentunya dalam penggunaan fungsi semacam ini, perlu dilakukan dengan sangat berhati-hati. Pasalnya, bisa jadi dalam melakukan kegiatan sehari-hari, pengguna tertukar akun. Karenanya disarankan untuk mengategorisasikan aplikasi-aplikasi ganda ke dalam folder sendiri. Strategi ini juga membuat home screen tampak lebih rapi.

Cara menggandakan aplikasi di HP Vivo sangat mudah untuk dipraktekkan. Pengguna Vivo dapat memanfaatkan sistem yang sudah ada atau menginstal third party app. Kedua cara tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi dari pengguna sendiri.

 

BACA JUGA :  Rekomendasi 5 Aplikasi Nonton Anime Offline, Wajib Coba Oleh Para Otaku!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *