Ampuh! Ini 5 Cara Mencari Hp Android yang Hilang

By | May 25, 2021
Cara Mencari Hp Android

Kehilangan data atau memori penuh menjadi masalah yang tergolong kecil untuk sebuah ponsel karena untuk menyelesaikannya cukup simple. Hal ini tidak sebanding dengan HP yang hilang bukan? Karena kehilangan ponsel berarti kehilangan segalanya. Namun, ternyata ada cara mencari HP android yang hilang lho! Bagaimana ya? Ini dia penjelasannya!

1. Gunakan IMEI

Semua ponsel pasti memiliki IMEi. Bagi yang belum tahu, IMEI sendiri merupakan nomor identitas. Cara yang pertama ini tergolong memakan waktu lama dalam pencarian HP hilang. Walaupun lama, hasilnya tetap worth it dengan jaminan amannya data pengguna. Mengapa bisa memakan waktu lama? Hal ini dikarenakan harus adanya surat keterangan hilang.

Mengurus keterangan di polisi tidaklah cepat. Setelah mengurus surat hilang, pembaca langsung saja menelpon operator seluler khusus HP masing-masing. Begitu selesai memberitahu nomor IMEI serta surat hilang, operator akan langsung mencari tahu posisi HP dengan segera. Ponsel harus dalam kondisi hidup ketika ingin menggunakan cara ini.

Sudah tahu cara menampilkan IMEI? Cukup tekan kombinasi tombol *#06#, maka IMEI akan langsung muncul dalam sekejap. Usahakan untuk mencatat informasi ini pada tempat lain agar tidak lupa.

2. Gunakan Email

Menggunakan email menjadi cara mencari HP android yang hilang selanjutnya. Perlu diingat bahwa  email harus aktif dan sudah digunakan menjadi akun utama pada HP tersebut. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika memanfaatkan email yaitu:

  • Buka email. Pembaca bisa buka dan masuk akun email aktif melalui HP lain atau PC.
  • Masuk menu “find my device”. Menu ini berada pada bagian atas sebelah kanan dashboard email dengan ikon kotak. Langsung saja masuk ke menu “find my device”.
  • Pilih HP yang hilang. Pembaca dapat memilih jenis ponsel lalu ketik password akun sekali lagi.
  • Cari ponsel. Setelah klik temukan, secara langsung ditampilkan peta lokasi keberadaan ponsel. Nah, pembaca pun bisa langsung mencari ke lokasi tersebut untuk menemukannya.

3. Gunakan Android Device Manager

Penggunaan software ini untuk mencari android yang hilang hanya berfungsi jika HP tersebut aktif terutama pada lokasinya. Walaupun tidak bisa digunakan pada HP non aktif, cara mencari HP android yang hilang dengan ADM tetap patut untuk dicoba. Pertama-tama pengguna dapat mengunduh ADM pada perangkat lain.

Setelah mengunduhnya, pengguna bisa segera login menggunakan email yang sama dengan email pada ponsel yang hilang, Setelah login, ADM akan langsung menampilkan jenis ponsel sekaligus dengan lokasi keberadaannya. Prosesnya sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.

4. Gunakan Google Maps

Google Maps atau Gmaps memiliki fungsi utama sebagai penunjuk jalan penggunanya. Ternyata dibalik fungsi utamanya tersebut ada fitur tersembunyi lain untuk mencari android hilang. Gmaps juga memungkinkan mencari dalam keadaan ponsel tidak hidup lho. Cara mencari HP android yang hilang tersebut tergolong praktis serta gampang.

Setelah masuk pada aplikasi Gmaps, langsung saja ke pengaturan dan klik share location. Setelah mulai, atur waktu yang dikehendaki sebagai waktu pencarian. Direkomendasikan pada pilihan waktu diisi 1 jam agar ponsel dapat dipantau terus menerus. Masukkan email dan nomor hidup pada “people”. Lalu bisa langsung bagikan dan aktifkan. Ponsel pun akan terlacak.

5. Gunakan Software Tambahan

Banyak sekali software gratis yang menawarkan fungsi untuk mencari ponsel hilang. Nah, cara mencari HP android yang hilang menggunakan software dijamin membantu serta wajib dicoba. Dengan mencoba semua cara, tentunya peluang ponsel ditemukan menjadi lebih besar. Nah, beberapa software tersebut akan dijelaskan di bawah ini:

  • Find my device: Software satu ini bisa didapatkan secara gratis dengan ukuran yang kecil. Hanya 2.1 MB saja. Setelah login, HP yang hilang akan langsung terlacak dengan cepat.
  • Family locator: Sebenarnya, software ini digunakan untuk melacak lokasi dari keluarga pengguna. Namun jika dimanfaatkan dengan baik, family locator bisa digunakan untuk mencari android hilang. Apalagi, lokasi yang ditampilkan merupakan real time.
  • Lost phone tracker: Tidak hanya bisa melacak lokasi, software ini memiliki beragam fitur unggulan cukup mengesankan. Salah satunya yaitu pengaktifan keamanan dan auto reset pabrik. Rasa aman akan dirasakan pengguna karena tersedianya kecanggihan ini.

Nah, itulah 5 cara mencari HP Android yang hilang secara gampang dan ampuh. Bagi pembaca yang sedang kehilangan HP, segera lakukan 5 tips diatas ya!. Walaupun ada cara mencarinya, pengguna tetap dianjurkan berhati-hati dan jangan ceroboh agar HP tidak hilang.

BACA JUGA :  Rekomendasi Aplikasi Nonton Anime Sub Indo Terlengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *