Inilah Cara Mengatasi Limit Google Drive di Android Wajib Disimak

By | May 23, 2021
Cara Mengatasi Limit Google Drive di Android

Aplikasi Google Drive adalah sarana menyimpan file di internet agar bisa diakses oleh orang lain. Namun, tidak semua dokumen bisa dibuka atau diunduh karena keterbatasan storage space. Terdapat sejumlah cara mengatasi limit Google Drive di Android ampuh diterapkan secara efektif serta mudah.

Program tersebut menyediakan beragam fitur memudahkan penggunanya membagikan file dalam bentuk dokumen maupun media. Pengguna dapat mengaksesnya secara gratis hanya bermodalkan koneksi internet saja. Selain itu, terdapat pula penyimpanan cloud dengan kapasitas mencapai 15 GB.

Pengguna  bisa mengunggah file melalui cloud storage ini serta membagikan tautan untuk dibuka oleh orang lain. Inilah ulasan tentang cara mengatasi limit Google Drive di Android serta penyebabnya wajib diketahui.

Mengetahui Penyebab Masalah Google Drive Limit di Android

Google Drive mempunyai kebijakan membatasi jumlah pengunduhan dokumen yang dilakukan oleh pengguna. Kemungkinan dokumen tidak bisa dibuka apabila angka bandwidth terpenuhi.  Nilai maksimal pada aplikasi ini tidak menentu disesuaikan  traffic dari server.

Dalam laman support Google, pengguna bisa mendapatkan limit untuk men-download file hingga  sekitar 6,6 GB per hari. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh file video atau film yang berkapasitas besar dan memakan terlalu banyak ruang di Android

Sebagai perusahaan besar, Google juga ingin memperoleh profit dan menghindari kerugian dari layanan Drive. Limit ini diterapkan untuk mencegah server yang terlalu ramai serta mengurangi kinerjanya. Pembatasan tersebut cukup wajar diterapkan mengingat akunnya non-berbayar.

Cara Mengatasi Limit Google Drive di  Android Paling Ampuh

Problem pada limit sebenarnya dapat ditangani dengan membuat salinan dokumen untuk diupload di Gdrive. Pengguna bisa memanfaatkan akun aktif untuk menyimpannya. Berikut ini sejumlah cara mengatasi limit Google Drive di Android yang bisa dicoba:

1. Mengganti Laman Download ke Preview

Pengguna umumnya akan langsung diarahkan menuju laman unduhan ketika membukanya melalui link. Sebagian link tersebut tidak bisa dibuka karena batasan telah dicapai. Cobalah membuka preview page ketika akan memindahkan dokumen ke account Google Drive lain.

Cara ini bisa dilakukan dengan memperhatikan address bar pada browser. Lalu, ganti  “uc” yang terletak sesudah simbol garis miring (/)  menjadi “open” . Kemudian, tulis “Enter” setelah mengubah &export=download pada bagian akhir. Langkah ini akan mengubah download dokumen menjadi laman preview.

2. Menambahkan Dokumen ke GDrive Lain

Mengimport dokumen ke Google Drive bisa dilakukan dengan mengklik tanda plus (+). Pastikan pengguna harus mempunyai account aktif serta melakukan proses Sign In. Setelah itu, terdapat pesan yang muncul agar menambahkan dokumen pada opsi “Add to My Drive”.

Apabila sudah mengklik perintah sebelumnya, klik Drive Saya lalu tekan Tambahkan Pintasan. Selanjutnya, logo Google Drive otomatis akan berganti menjadi folder setelah mendapat notifikasi  “Pintasan telah ditambahkan”. Folder ini nantinya akan mengarahkan secara langsung ke GDrive.

3. Mengcopy Dokumen pada Google Drive

Cara mengatasi limit Google Drive di Android berikutnya yaitu menyalin dokumen ke account pribadi. Tahapan ini diterapkan supaya mencegah hilangnya dokumen serta media serta tetap tersimpan aman.  Bukalah dokumen serta lakukan klik kanan untuk memilih menu  “Membuat salinan”. Pengguna  menerima pesan jika telah berhasil menyalin serta dapat diunduh kembali.

4. Mendownload Salinan Dokumen di Android

File yang telah di copy secara otomatis  belum mempunyai kapasitas limit. Pengguna bisa mengunduhnya melalui opsi “Download”  dengan mengklik kanan dokumen. Setelah itu, browser akan segera memproses unduhan tersebut. Gunakan bantuan aplikasi pendukung agar mempercepat prosesnya.

5. Menjeda Unduhan File

Umumnya Google Drive  memberikan limit harian untuk mendownload file. Menjeda unduhan serta melanjutkannya esok hari bisa menjadi alternatif langkah praktis dalam mengatasinya.  Dalam melakukan metode tersebut, sebaiknya pengguna Android bisa memakai bantuan aplikasi manager supaya dapat melakukan pengunduhan terjadwal ketika terkoneksi internet.

Itulah ulasan mengenai penyebab serta cara mengatasi limit Google Drive di Android gampang untuk dicoba. Metode tersebut sebenarnya bisa diterapkan di PC atau gawai lainnya karena prosedurnya tidak jauh berbeda. Pastikan untuk memahami petunjuk dengan benar sebelum mengatasi masalah limit tersebut.

 

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Paling Mudah

 

One thought on “Inilah Cara Mengatasi Limit Google Drive di Android Wajib Disimak

  1. Pingback: Aplikasi Mirip Procreate untuk Android Wajib Diketahui

Leave a Reply