Cara Pasang 2 WhatsApp di Android: Sistem dan Third Party App

By | May 22, 2021
Cara Pasang 2 WhatsApp di Android

WhatsApp adalah salah satu aplikasi instant messaging paling populer dalam skala global, terutama di kalangan pengguna Android. Fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi ini sangat membantu kegiatan sehari-hari dan bahkan ada pengguna yang memiliki dua akun sekaligus. Jika memahami cara pasang 2 WhatsApp di Android, membuat dua akun berfungsi optimal menjadi lebih mudah.

Secara garis besar, terdapat dua cara yang bisa dipraktekkan untuk memasang dua WhatsApp pada perangkat Android. Cara pertama adalah dengan menggunakan sistem, sedangkan cara kedua menggunakan aplikasi tambahan. Kedua cara memiliki ciri-cirinya sendiri.

Instal 2 Aplikasi WhatsApp dengan Sistem yang Ada

Beberapa perangkat smartphone Android yang dijual di pasaran memungkinkan pengguna untuk melakukan instalasi dua WhatsApp melalui sistem. Hal ini berarti bahwa pengguna tidak perlu memanfaat aplikasi third party untuk melakukan fungsi ini. Biasanya perangkat yang mengakomodasi hal ini merupakan perangkat yang didesain untuk memuat dua SIM Card.

Pada semua smartphone yang dijual di pasaran, fungsi instalasi dua aplikasi dalam satu perangkat akan tersedia di dalam menu “Setting”. Dalam perangkat Samsung misalnya, fungsi ini terdapat di menu Advance Features dan diberi nama “Dual Messenger”. Perangkat Xiaomi menamai fungsi ini sebagai “Dual Apps”. Pengguna dapat memeriksa user guide untuk menemukannya.

Berikut cara pasang 2 WhatsApp di Android dengan menggunakan menu yang sudah tersedia pada perangkat pengguna:

  • Akses menu untuk mengaktifkan dua aplikasi di dalam perangkat
  • Pilih aplikasi yang akan diduplikasi oleh pengguna, yaitu WhatsApp
  • Tunggu hingga proses duplikasi aplikasi terselesaikan
  • Akses home screen dan klik aplikasi WhatsApp kedua yang muncul
  • Lakukan konfigurasi akun WhatsApp kedua dengan menggunakan nomor handphone yang aktif
  • Akun WhatsApp yang kedua siap digunakan oleh pengguna

Pasang 2 Aplikasi dengan Third Party App

Meskipun menggunakan menu yang sudah terinstal di sistem merupakan cara yang cukup mudah, ada juga orang yang lebih memiliki menggunakan third party app. Menggunakan aplikasi semacam ini berarti bahwa pengguna harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu sebelum menduplikasi WhatsApp. Cukup banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk melakukan fungsi ini.

Berikut ini merupakan beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk menduplikasi WhatsApp dan aplikasi-aplikasi lainnya di perangkat Android:

1. 2Accounts

Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk memanfaatkannya dalam kegiatan sehari-hari. Hanya dengan sekali klik, pengguna dapat mengakses akun WhatsApp satunya. Selain itu, aplikasi 2Accounts juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi terutama bagi pengguna premium. Aplikasi ini membuat orang lain tidak bisa mengakses akun pengguna dengan mudah.

2. Parallel Space

Hal terbaik yang bisa pengguna temukan di dalam aplikasi ini adalah user interface yang mendukung customization. Customization bisa dilakukan pada aplikasi yang diinstal dan juga tampilan aplikasi ini sendiri. Selain itu, pengguna bisa menyembunyikan aplikasi yang telah terinstal di dalamnya untuk melindungi privasi. Parallel Space juga tersedia dalam berbagai bahasa.

3. Multiple Accounts

Penggunaan Multiple Accounts merupakan cara pasang 2 WhatsApp di Android terfavorit lainnya. Aplikasi ini mengedepankan dukungan untuk aplikasi-aplikasi lain yang sifatnya 64-bit. Penggunaan RAM dan energi baterai yang minimal juga merupakan keunggulan yang ditawarkan oleh Multiple Accounts. Tampilannya cenderung sederhana dan mudah dinavigasi oleh pengguna segala usia.

4. Dual Space

Aplikasi yang direkomendasikan lainnya adalah Dual Space. Aplikasi ini sangat mirip dengan Parallel Space karena juga menawarkan zona privasi untuk melindungi data dari orang lain. Selain itu, Dual Space melindungi data dari aplikasi yang terduplikasi agar tidak bercampur. Hal ini mencegah aplikasi dari crash yang kemungkinan banyak dijumpai jika menggunakan aplikasi yang tidak terekomendasi.

Tentunya menggunakan aplikasi third party sebagai cara pasang 2 WhatsApp di Android tidak cocok untuk semua orang. Aplikasi ini membutuhkan ruang penyimpanan data tambahan untuk mengakomodasinya. Jika perangkat smartphone pengguna penuh, justru instalasi aplikasi semacam ini akan menyebabkan perangkat mengalami lagging. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan penggunaan smartphone.

Pengguna bebas untuk memilih metode yang dianggap paling tepat di dalam memasang aplikasi WhatsApp kedua di dalam smartphone mereka. Cara yang paling tepat tentu disesuaikan dengan tingkat kenyamanan pengguna dalam mengoperasikan smartphone. Spesifikasi smartphone yang digunakan juga berpengaruh terhadap pilihan metode yang sesuai.

 

BACA JUGA :  Intip Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik Paling Mudah

 

 

Leave a Reply