Anti Ribet! Ternyata Begini Cara Mengembalikan Data Backup Android

By | May 24, 2021
cara mengembalikan data backup android

Data hilang tiba-tiba? Atau tidak sengaja terhapus? Tetap tenang dan baca tulisan ini sampai selesai. Disini akan dijelaskan cara mengembalikan data backup android yang bisa dicoba kapanpun pembaca berada. Proses restore berbagai data ponsel semakin lancar dan tidak perlu khawatir hilang. Ini dia caranya!

1. Gunakan Google Photos untuk Mengembalikan Data Foto

Foto lenyap dari HP bisa dimunculkan kembali melalui Google Photos lho.  Prosesnya pun cepat hanya dengan beberapa klik saja. Setelah software terbuka, klik 3 garis pada bagian kiri atas dan masuk pada opsi trash. Di dalamnya akan langsung ditampilkan semua foto yang dulunya terhapus. Tekan foto yang ingin dikembalikan hingga muncul centang.

Selanjutnya, klik ikon restore dan foto lenyap tersebut akan kembali. Google Photos juga bisa digunakan untuk backup semua foto yang ada di HP pengguna. Saat pengguna sudah mengaktifkan backup, foto yang dipunya bisa diakses di platform mana saja dengan mudah. Juga secara otomatis akan mencadangkan ketika ada media baru masuk galeri.

2. Gunakan Google Contact untuk Mengembalikan Data Kontak

Masih seputar Google, cara mengembalikan data backup android untuk file kontak ini menggunakan software Google Contact. Perlu diingat bahwa kontak perlu dicadangkan terlebih dahulu. Proses pencadangan diperlukan agar data kontak tersimpan di penyimpanan awan. Sehingga nantinya ketika file hilang bisa dimunculkan kembali sebab datanya masih ada dalam penyimpanan awan.

Untuk merestore kontak menggunakan Google Contact tidak terlalu sulit dilakukan. Pada bagian opsi “lainnya”, pilih menu “restore contact”. Selanjutnya pilih kontak yang ingin direstore berdasarkan waktu. Jika sudah, langsung saja tekan ok dan data pun sudah dipulihkan. Tidak hanya lewat ponsel, proses restore juga dapat dilakukan melalui PC.

3. Gunakan Google Play Games Mengembalikan Data Aplikasi

Saat memiliki gawai baru, data aplikasi pun biasanya ikut baru. Padahal di dalam beberapa software tersimpan file-file penting. Salah satunya adalah aplikasi game. Sangat disayangkan ketika game favorit yang sudah sampai level tertinggi harus dimainkan ulang. Untung saja Google Play Games diciptakan untuk menangani masalah tersebut.

Semua game yang pernah diunduh pengguna termasuk datanya akan disimpan pada Google Games. Langkah pertama yang dilakukan adalah masuk pada menu aplikasi saya. Pilih game yang ingin direstore lalu klik sinkron. Game serta datanya akan masuk kembali pada ponsel pengguna dan siap untuk dimainkan kembali.

4. Gunakan Google Drive untuk Mengembalikan Data Musik

Sebenarnya ada software khusus untuk merestore data musik. Namun, karena belum tersedia di Indonesia maka cara mengembalikan data backup android ini menggunakan software lain yaitu GDrive. Walaupun bukan aplikasi khusus, cara ini tetap ampuh untuk dilakukan dan worth it. Setelah membuka Gdrive, langsung saja pada menu ”my drive” bisa diklik.

Setelah itu cari file musik yang sudah dicadangkan sebelumnya. Unduh satu persatu lagu tersebut dan data pun akan kembali ke penyimpanan pengguna. Gdrive sendiri bisa untuk menyimpan berbagai data selain musik. Salah satunya adalah dokumen dan foto. Harus mengunduh ulang satu persatu menjadi kelemahan software ini.

5. Gunakan Email untuk Mengembalikan Data Email Penting

Email penting dari perusahaan atau sekolah hilang? Jangan panik dan tarik nafas yang dalam. Ada solusi ampuh untuk mengembalikannya kok!. Email hilang bisa disebabkan karena kecerobohan pengguna yang tidak sengaja menghapusnya atau karena memori penuh.

Untuk memunculkan data email ternyata tidak perlu menggunakan software tambahan karena di dalam aplikasi email sudah ada fitur yang disediakan. Caranya sangat praktis lho! Pengguna bisa merestore semua email yang terhapus pada menu sampah. Hanya dengan 1 klik saja dan email akan langsung masuk pada daftar email baru.

6. Gunakan Software Lain untuk Mengembalikan Data Unduhan

ES Explorer File Manager menjadi cara ampuh untuk mengembalikan data unduhan. Semua file unduhan bisa ditemukan dan dimunculkan dengan cepat ketika menggunakan software ini. Tampilan antar mukanya juga sederhana sehingga mudah dipahami bagi yang baru saja mencobanya. Setelah membuka aplikasi, pengguna bisa masuk ke menu file unduhan.

Setelahnya, pilih semua data yang ingin dikembalikan. Klik restore dan data unduhan otomatis kembali pada penyimpanan file ponsel pengguna. Tak hanya itu, berbagai jenis media dapat dimunculkan dengan mudahnya. Software ini juga tersambung dengan akun penyimpanan awan pengguna lho! Dengan begitu, data pengguna akan aman selamanya.

Sangat mudah dan anti ribet bukan? 6 cara mengembalikan data backup android tersebut 100% bekerja pada android manapun. Kini, data hilang bukan lagi menjadi masalah besar karena sudah terdapat solusi dibaliknya.

BACA JUGA :  Kenali Perbedaan Vivo V20 Dan V20 Se, Spesifikasi dan Harga Sebelum Membelinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *