6 Cara Menggabungkan File di Android untuk Jenis File PDF

By | May 21, 2021
Cara Menggabungkan File di Android

Agar lebih praktis ketika berbagi data melalui ponsel, maka sebuah file perlu digabung menjadi satu. Ternyata cara menggabungkan file di Android sangat mudah terutama untuk jenis PDF. Jenis ini banyak digunakan karena mudah dibaca serta ukurannya kecil. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah cara menyatukan file dengan praktis!

1. Menggabungkan File dengan PDF Element

Adobe Acrobat menjadi cara pertama menyatukan dokumen via aplikasi atau tanpa internet. Setelah pembaca mengunduh software ini, buka dan unggah dokumen. Lalu masuk pada menu “edit mode” dan tandai dokumen tersebut dengan cara menekannya. Langsung saja gabung dokumen tersebut dengan klik pilihan “combine”. Simpan dan dokumen pun sudah tergabung menjadi satu.

Software ini bisa diakses pada platform manapun asalkan akun pengguna sudah terdaftar. Tak hanya menggabungkan PDF, edit dan memanage berkas bisa dilakukan lho. Semuanya bisa digunakan sepuasnya secara free!

2. Menggabungkan File dengan Xodo PDF

Ini menjadi cara menggabungkan file di Android kedua dengan bantuan aplikasi. Dikeluarkan oleh Xodo Technologies, software ini sudah mengantongi ribuan ulasan positif. Banyak fitur keren yang tersedia pada aplikasi ini terutama fitur penggabungan pdf. Setelah masuk pada halaman utama, pilih beberapa file kemudian tekan ikon titik tiga.

Pada ikon tersebut terdapat pilihan merge. Nah, klik opsi itu dan beri nama berkas gabungan yang ingin disimpan. Tekan kembali merge dan select. Prosesnya pun selesai dalam sekejap mata. Xodo  terbilang aplikasi pengeditan dokumen super lengkap dan canggih. Diantara fitur canggih tersebut adalah fitur anotasi bersama pengguna lain secara real time.

3. Menggabungkan File dengan PDF Utility

Sebuah software dengan tampilan antar muka yang sederhana. Pada halaman awal ketika aplikasi dibuka, terdapat beberapa pilihan menu seperti edit, convert, unlock, dan merge. Fitur merge atau gabung menjadi bahasan utama dibawah ini. Ketika pengguna ingin menggabungkan file, cukup pilih opsi merge.

Cari dan pilih file sesuai keinginan dengan meng-klik ikon dokumen di kanan atas. Setelah cukup memilih, langkah terakhir untuk menyimpan file tersebut adalah dengan klik ikon centang. Fitur basic pada software ini bisa dinikmati secara gratis, kapan saja dan dimana saja. Sudah mencoba aplikasi ini?

4. Menggabungkan File dengan iLove PDF

Tak heran jika cara menggabungkan file di Android selanjutnya ini layak dicoba. Tersedia 15 fitur unggulan bagi siapa saja yang mengunduh software ini. Mulai dari compress berkas sampai menyatukannya, bisa dilakukan menggunakan iLovePDF.

Cara menggabungkan berkas juga tergolong simple. Pada option “gabungkan PDF”, pilih dua atau lebih dokumen yang akan disatukan. Setelah itu, cukup klik gabungkan sebagai langkah terakhir dan file pdf gabungan pun siap untuk dibagikan ke teman atau kolega. Ingin menyimpan tanpa takut hilang maka dokumen bisa disimpan di cloud.

5. Menggabungkan File dengan Situs Small PDF

Cara kelima ini sudah masuk pada cara menggabungkan file di Android via online. Karena tidak perlu mengunduh aplikasi, cara ini sangat recommended bagi pemilik android penyimpanan kentang. Situs untuk menyatukan file ini bernama small PDF. Setelah pengguna mengetik small pdf sebagai kata kunci di google, search lalu masuk pada situs teratas.

Nantinya akan ditampilkan beberapa pilihan alat pdf dan pengguna bisa masuk ke opsi merge pdf. Masukkan file yang ada di ponsel setelah pengguna menekan tombol “choose files”. Tunggu hingga proses upload selesai. Selanjutnya pilih opsi “merge files” dan “choose option”. Dokumen pun sudah selesai digabung.

6. Menggabungkan File dengan Situs PDF Merge

Seperti namanya, situs ini diutamakan untuk menggabungkan file saja. Setelah masuk pada web ini, pengguna akan langsung disambut dengan tombol besar merah bertuliskan “select pdf files”. Langsung klik saja tombol tersebut dan pilih berkas dari file penyimpanan ponsel maupun gdrive. Selanjutnya, klik tombol merah lain bertuliskan “merge pdf”.

Tunggu proses merging selesai lalu tekan download pdf. Dokumen pun otomatis tersimpan di android pengguna. Jika pengguna ingin mendapat link dokumen saja, bisa tekan simbol link yang ada di samping ikon gdrive.

Itulah 6 cara menggabungkan file di Android untuk jenis file PDF. Bagaimana pembaca masuk tim offline atau online? Diantara kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cukup pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

 

BACA JUGA :  Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

 

One thought on “6 Cara Menggabungkan File di Android untuk Jenis File PDF

  1. Pingback: √ Anti Ribet! Ternyata Begini Cara Mengembalikan Data Backup Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *