Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Android dan Pentingnya Backup

By | May 24, 2021
cara mengembalikan chat WA yang terhapus di Android

Masih lumayan banyak user yang tidak tahu cara mengembalikan chat WA yang terhapus di Android. Pengguna WhatsApp tentu mengetahui sulitnya melakukan aktivitas sehari-hari apabila chat mereka terhapus dengan tak sengaja. Sesungguhnya hal ini tidak harus menjadi masalah besar, karena chat tersebut bisa didapatkan kembali.

Banyak dari pengguna aplikasi instant messaging ini yang bahkan tidak tahu bahwa hal ini merupakan sesuatu yang mungkin dilakukan. Restorasi data memungkinkan karena sesungguhnya data chat masih tersimpan di dalam sistem hingga jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, pengguna perlu melakukannya dengan gesit sebelum data terhapus secara permanen.

Strategi Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Terdapat beberapa metode yang dapat diikuti untuk melakukan restorasi data WA yang tidak sengaja terhapus. Pengguna dapat menggunakan bantuan aplikasi lain maupun sistem yang sudah ada. Berikut merupakan penjelasan lengkapnya:

1. Restorasi Data di Google Drive

Google Drive adalah aplikasi yang digunakan sebagai penyimpanan backup sehingga restorasi data memungkinkan dengan aplikasi ini. Tentunya pengguna sebelumnya harus memastikan bahwa memang data backup rajin dilakukan. Proses ini hanya bisa berhasil jika pengguna masih menggunakan nomor handphone dan email Google yang sama ketika registrasi WA.

Poin di bawah ini menunjukkan cara mengembalikan chat WA yang terhapus di Android dengan menggunakan Google Drive:

  • Hapus aplikasi WA di perangkat smartphone
  • Melakukan instal ulang aplikasi WA di perangkat
  • Sign in akun WA pada aplikasi yang sudah diinstal ulang
  • Melakukan konfirmasi nomor handphone melalui SMS
  • Ketika muncul pilihan untuk melakukan restorasi data maka pilih “Restore” dan data akan muncul kembali di dalam chatroom

2. Restorasi Data dengan Local Backup

Restorasi data juga ternyata bisa dilakukan dengan metode local backup. Cara ini agak sedikit lebih rumit apabila dibandingkan dengan cara yang sebelumnya dijelaskan. Pengguna akan mengembalikan backup yang disimpan di memori internal atau eksternal smartphone. Dengan begitu pengguna dapat merestorasi data meskipun sudah berganti nomor handphone.

Berikut adalah cara melakukan restorasi data WA dengan pendekatan ini:

  • Akses pengaturan file di dalam perangkat smartphone
  • Cari folder yang berakhiran nama “…./WhatsApp/Databases”
  • Di dalamnya, carilah file yang memiliki kode “crypt” dan pilihlah file yang terakhir
  • Ubahlah nama file tersebut menjadi “msgstore.db.crypt12”
  • Lakukan penghapusan dan instalasi ulang aplikasi WA di perangkat
  • Ketika sign in dan muncul pilihan untuk mengembalikan data, klik “Restore”

3. Restorasi Data dengan Aplikasi untuk Recovery

Metode ini dilakukan ketika pengguna tidak melakukan backup melalui Google Drive. Biasanya, metode restorasi data ini dilakukan dengan bantuan laptop atau komputer desktop. Pengguna harus menginstal program yang memang diperuntukkan untuk melakukan proses restorasi data di perangkat smartphone. Perlu diingat bahwa proses ini tidak selalu berhasil.

Salah satu program yang disarankan untuk melakukan proses ini adalah PhoneRescue yang didesain untuk perangkat Android. Aplikasi ini disarankan karena memiliki tingkat kesuksesan yang cukup besar. Selain itu, pengguna tidak perlu menjadi seorang ahli komputer untuk dapat menggunakannya. User interface dari program ini sangat mudah dinavigasi oleh siapa saja.

Pentingnya Melakukan Backup Data dengan Teratur

Meskipun terdapat cara mengembalikan chat WA yang terhapus di Android tanpa backup, pengguna tetap disarankan untuk melakukan backup secara berkala. Tingkat kesuksesan recovery chat WA terhapus jika pengguna melakukan penyimpangan data cadangan lebih besar. Penggunaan aplikasi data recovery terkadang tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan pengguna.

Berikut merupakan tahapan untuk melakukan pengaturan backup WA:

  • Akses aplikasi WA di smartphone dan buka menu “Settings” dengan menekan tiga titik di bagian kanan atas
  • Klik menu “Chats”
  • Tekan menu untuk melakukan backup data ke Google Drive
  • Pilih “Daily”, “Weekly”, atau “Monthly” tergantung frekuensi penggunaan

Koneksi internet yang digunakan merupakan hal yang cukup penting dalam proses backup data. Karena penyimpangan cadangan biasanya meliputi ukuran data yang cukup besar, biasanya proses ini hanya berlangsung ketika pengguna terkoneksi dengan WiFi. Penting untuk mengecek ulang jenis koneksi yang digunakan sebelum waktu backup rutin yaitu pukul 2 pagi.

Aplikasi WA merupakan aplikasi instant messaging yang sangat membantu kehidupan sehari-hari. Ketika pesan yang diterima atau dikirimkan tiba-tiba hilang, tentu tugas sehari-hari bisa terganggu. Beberapa cara mengembalikan chat WA yang terhapus di Android dapat dilakukan untuk mendapatkan data yang hilang. Namun, backup data teratur disarankan bagi semua pengguna WA.

 

BACA JUGA :  Ini 6+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Cepat dan Mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *