Cek Di Sini Cara Kompres Video di Android Dengan Mudah

By | May 19, 2021
cara kompres video di Android

Kecanggihan teknologi membuat hampir semua aktivitas bergerak menggunakan gadget. Bahkan, smartphone berbasis Android juga menjadi ‘meja kerja’ yang selalu mendukung kegiatan bisnis, yaitu ketika mengirimkan dokumen, gambar, atau video materi pemasaran. Namun, jika video memiliki size yang besar, pengguna harus tahu cara kompres video di Android, agar komunikasi dan bisnis tetap berjalan lancar.

Agar dapat mengkompres video untuk di share melalui berbagai media, pada dasarnya dapat dilakukan menggunakan perangkat apapun. Jika sedang duduk di kantor, siapapun dapat dengan leluasa memakai PC atau laptopnya. Namun bagaimana jika file video yang harus dikirimkan berada di smartphone Android, sementara pengguna sedang mobile ke lapangan?

1. Mengunduh Video Converter

Menggunakan aplikasi video converter menjadi salah satu cara kompres video di Android. Aplikasi ini dapat dipasang dengan mudah, serta akan membantu aktivitas berbagi melalui chat whatsapp atau media lainnya di ponsel.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah aplikasi ini di google play store. Pengguna bisa mencari dengan kata kunci ‘video converter’. Pengguna akan mendapat beberapa pilihan, tapi pilih saja aplikasi dengan logo berlatar belakang warna hitam bertuliskan ‘video converter, compressor MP4, 3GP, MKV, MOV, AVI’. Segera ketuk ‘install’ untuk memasang aplikasi ini.

Aplikasi dengan rating 4,5 di playstore ini mempunyai beragam menu pilihan, seperti memotong serta menyambung, convert, compressor, dan sebagainya. Maka langkah awalnya, pengguna dapat meng-klik ‘compressor’ lalu ikuti langkah mudah di dalamnya.

Pengguna bisa mengunggah video yang ingin diproses, lalu tunggu sistem bekerja. Seperti halnya mengecilkan size video melalui PC, proses di Android juga membutuhkan waktu beberapa saat. Setelah selesai, pengguna dapat langsung mengunduh dan file tersebut akan tersimpan di galeri.

2. Menggunakan VidCompact

Smartphone berbasis Android pasti sudah dilengkapi dengan dukungan aplikasi yang memudahkan berbagai aktivitas. Pengguna bisa mencari berbagai aplikasi, termasuk untuk mengompres video, salah satunya adalah VidCompact.

Menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mengubah ukuran video berformat MP4. Setelah diinstall, pengguna bisa mengakses menu ‘trim & compress’. Ini adalah menu yang akan memudahkan pengguna mengecilkan file video ke ukuran yang sesuai dengan keinginan. Juga agar video tersebut dapat dengan mudah di share ke media sosial.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memilih ukuran file, tanpa merusak kualitas gambarnya. Dengan demikian, video yang sudah disesuaikan ukurannya dapat dibagikan dengan mudah, dan dapat dinikmati dengan kualitas gambar yang sama baiknya.

3. Unduh YouCut

Cara berikutnya yang bisa digunakan di Android yaitu YouCut. Ini merupakan aplikasi yang tergolong populer dengan rating play store 4,8. Seperti biasa, pengguna tinggal mencari di play store dan menginstalnya di smartphone. Setelah itu, masuk ke aplikasi tersebut dan pilih ikon atau lambing plus (+) guna menambahkan file yang hendak diproses.

Selain mengecilkan ukuran, akan disuguhkan juga beragam menu editing untuk menambah seru tampilan video. Ketuk ‘simpan’ hasil editing lalu klik ‘kompres’ untuk memproses video yang diinginkan. Dalam waktu beberapa saat, video dengan ukuran yang diinginkan akan tersimpan di gallery.

4. Gunakan Panda Video Compressor

Kebanyakan pengguna smartphone Android pasti familiar dengan aplikasi ini. Sama mudahnya dengan aplikasi lain, pengguna bisa memasang aplikasi ini di smartphone melalui pencarian playstore. Setelah itu, pilih file video yang akan diproses, tentukan juga ukuran file hasil yang diinginkan. Setelah itu, video dengan ukuran kecil bisa segera didapat dan di share ke media sosial.

5. Kompres Secara Online

Selain menggunakan aplikasi, pengguna smartphone Android juga dapat melakukannya secara online. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi memasang aplikasi via Play Store, namun langsung mengunggah video yang diinginkan ke beberapa situs yang melayani kompres video langsung. Hasilnya pun dapat langsung diunduh ke galeri smartphone masing-masing.

Kecanggihan teknologi membuat setiap pekerjaan semakin mudah. Kini, pengguna smartphone tidak perlu bingung lagi untuk mengirimkan video smartphone. Setelah mengetahui cara kompres video di Android, aktivitas share video pun semakin mudah dilakukan, tanpa takut dengan ukuran file yang terlalu besar.

 

 

BACA JUGA :  6 Cara Menggabungkan File di Android untuk Jenis File PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *