Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dan Mengapa Hal Ini Penting untuk Pengguna

By | May 15, 2021
Cara menyembunyikan aplikasi di Android

Aplikasi perangkat Android merupakan bagian penting dari penggunaan sehari-hari. Dengan aplikasi, pengguna Android dapat menjalankan fungsi yang dibutuhkan dari smartphonenya. Namun, terkadang ada pengguna yang mencari cara menyembunyikan aplikasi di Android karena alasan tertentu. Penyembunyian aplikasi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah dan sederhana.

Metode untuk Menyembunyikan Aplikasi pada Perangkat Android

Metode-metode di bawah ini sering sekali diterapkan pengguna untuk membuat aplikasi tertentu tidak tampak pada tampilan smartphone:

1. Penggunaan Third Party App Khusus

Dibandingkan dengan cara lainnya di dalam daftar, jika ingin melakukan cara menyembunyikan aplikasi di Android ini ruang ekstra pada penyimpanan data dibutuhkan. Pengguna perlu mengunduh aplikasi khusus untuk mencapai tampilan yang diharapkan. Biasanya aplikasi yang bisa disembunyikan hanyalah aplikasi tambahan atau yang sifatnya non-sistem. Cara ini tidak efektif untuk digunakan pada aplikasi non-sistem.

Terdapat beberapa aplikasi yang disarankan untuk melakukan tugas ini, contohnya adalah App Hider dan Nova Launcher.  Aplikasi App Hider memiliki fungsi spesifik untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi tertentu di dalam sebuah perangkat. Sedikit berbeda dengan aplikasi tersebut, Nova Launcher merupakan aplikasi yang membantu pengguna melakukan personalisasi tampilan perangkat.

Menyembunyikan aplikasi dengan cara ini tidak boleh dilakukan dengan gegabah. Pertama, pengguna harus mempersiapkan ruang penyimpanan dan mungkin harus menghapus beberapa data. Selain itu, beberapa aplikasi terkadang membutuhkan akses data pribadi yang sifatnya rahasia. Pengguna mungkin keberatan untuk membagi informasi seperti itu.

2. Mengelompokkan Aplikasi dalam Folder

Cara berikutnya adalah menyimpan aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalam satu folder sendiri. Dengan cara ini, aplikasi tidak akan langsung terlihat ketika pengguna mengakses perangkat. Beberapa smartphone dengan sistem Android menyediakan fungsi ini untuk penggunanya. Proses setting dapat dilakukan dengan mudah oleh pengguna.

Berikut merupakan cara untuk memasukkan aplikasi ke dalam folder:

  • Mengakses menu “Settings” pada smartphone Android
  • Pilih menu “Biometrics and security”
  • Pilih menu “Secure folder”
  • Ikuti instruksi-instruksi yang diberikan pada layar untuk mengatur folder
  • Folder hanya bisa diakses dengan menggunakan kode pengaman

3. Menghapus App dari Sistem

Tentu saja, cara paling cepat untuk membuat aplikasi tidak terlihat di dalam perangkat Android adalah dengan menghapusnya. Metode ini sesuai apabila aplikasi yang dimaksud bukanlah aplikasi yang sering digunakan. Dengan melakukan hal ini, aplikasi tersebut tidak akan mengonsumsi ruang di dalam sistem. Beban smartphone pun menjadi lebih ringan.

Jika ingin melakukan hal ini, berikut tahapan yang perlu dilalui:

  • Akses menu “Setting” lalu pilih menu aplikasi
  • Tekan tombol aplikasi yang akan dihapus dari sistem
  • Akses “App info” lalu pilih “Disable”
  • Konfirmasi pilihan yang dibuat dan aplikasi tersebut akan hilang dari sistem

4. Melakukan Setup Mode Privat

Pengguna dapat melakukan pengaturan mode privat sebagai cara menyembunyikan aplikasi di Android. Ketika menggunakan cara ini, pemilik perangkat mengatur agar pengguna yang authorized saja yang bisa mengakses konten smartphone. Cara ini tidak hanya membuat aplikasi tersembunyi, namun juga meningkatkan perlindungan privasi data pengguna smartphone.

Berikut merupakan langkah untuk mempraktikkan metode ini pada smartphone Android:

  • Akses menu “Setting”
  • Pilih menu “Lock and security” yang tertera pada menu tersebut
  • Kemudian pilih “Private mode” kemudian geser toggle agar mode tersebut aktif
  • Pilih cara otorisasi baik dengan menggunakan pattern, PIN, maupun kata sandi

Alasan Menyembunyikan Aplikasi dari Tampilan Depan

Terdapat beberapa alasan yang bisa jadi membuat orang memilih membuat aplikasi tersembunyi di dalam perangkat. Pertama, bisa jadi pengguna memiliki anak kecil yang suka mengakses smartphone dengan bebas. Untuk membatasi anak agar hanya mengakses konten sesuai usianya, orang tua biasanya akan menerapkan cara ini.

Alasan umum yang kedua adalah perangkat smartphone sangat penuh dengan aplikasi sehingga pengguna menjadi sulit menemukan aplikasi penting. Ketika aplikasi yang ada di perangkat terlalu banyak, maka tampilannya juga akan terlihat berantakan dan mempersulit proses navigasi. Oleh karenanya, aplikasi yang jarang digunakan perlu disembunyikan.

Beberapa strategi atau cara menyembunyikan aplikasi di Android yang telah disebutkan cocok digunakan tergantung dalam konteks tertentu. Mungkin ada cara yang sesuai untuk pengguna satu, namun tidak untuk pengguna yang lainnya. Selain itu, ada dampak yang muncul dari setiap metode yang dilakukan oleh pengguna.

 

BACA JUGA :  8 Aplikasi Rekaman Suara PC Paling Jernih Wajib Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *