6 Cara Menghilangkan Pop Up Iklan di Android Termudah

By | May 15, 2021
cara menghilangkan pop up iklan di Android

Saat seseorang mengoperasikan HP Android kerap terganggu adanya pop up iklan yang muncul tiba-tiba sehingga harus mengetahui cara menghilangkan pop up iklan di Android. Pengguna bisa lebih leluasa mengoperasikannya tanpa ada gangguan iklan.

Apa Itu Pop Up?

Adanya iklan di Android cukup mengesalkan apabila tiba-tiba ada pada situasi darurat. Misalnya mengirimkan pesan penting, iklan muncul dan menutup layar. Tentunya menghambat penulisan pesan. Terlebih jika hendak mengirimkannya kepada atasan.
Pada dasarnya, virus bisa berupa iklan serta dapat merusak sistem ponsel tersebut. Oleh sebab itu, cara menghilangkannya harus dengan memasang antivirus. Selain itu, Iklan bisa muncul karena adanya aplikasi.

Menghilangkan Pop Up Iklan dalam 6 Langkah Mudah

Pentingnya mengetahui cara menghilangkan pop up iklan di Android sehingga adanya iklan yang muncul tidak akan mengganggu penggunanya, dan kerap mengesalkan pemilik ponsel tersebut. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Menghilangkan iklan dengan Menghapus Aplikasi

Aplikasi yang diunduh menjadi salah satu pemicu kemunculannya. Oleh sebab itu, harus menghapusnya Langkah pertama akses Playstore. Lihat sebelah kiri dan pilih opsi, lalu melakukan sortir pada koleksi untuk aplikasi dan game saya.

Lanjutkan dengan masuk ke setting/pengaturan, pilih sekiranya aplikasi yang membahayakan. Matikan HP beberapa saat. Aplikasi yang dianggap berbahaya akan hilang termasuk pop up iklan yang sering mengganggu. Menghapusnya merupakan cara menghilangkan pop up iklan di Android.

2. Mengamankan HP dari Virus Melalui Pengaturan

Langkah lainnya yaitu meningkatkan sistem keamanan pada HP. Masuk ke menu pengaturan, lanjutkan dengan mengatur aplikasi agar saat proses pengunduhan, HP akan menampilkan notifikasi perizinan kepada penggunanya.

Notifikasi yang tampil di layar Android, memberi tahu penggunanya bahwa akan ada proses instalasi dari aplikasi sehingga menampilkan pilihan untuk melanjutkan atau tidak. Apabila pengguna mengizinkan, proses instalasi pun mulai dilakukan namun pengguna bisa saja menolaknya dan tidak melakukan instalasi tersebut, jika dicurigai berasal dari sumber yang tidak terpercaya.

3. Menghilangkan Pop Up Iklan di Android dengan Memasang Anti Virus

Seiring berkembangnya teknologi, virus pun akan semakin canggih. Termasuk bisa menyusup dari sebuah iklan. Virus tersebut dinamakan adware. Mencegahnya bisa dengan memasang anti virus di Android. Dengan demikian, virus tidak akan mudah merusak sistem Android tersebut.

BACA JUGA :  5 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android Dengan Mudah

Salah satu antivirus yang bisa digunakan adalah malwarebytes. Cara mendapatkannya melalui Playstore. Klik pada kolom pencarian Malwarebytes, lalu klik install. Setelah terinstal dengan sempurna, buka anti virus tersebut lalu pilih menu pindai. Anti virus ini akan melakukan scanning pada HP Android untuk Menghilangkan virus.

4. Mengubah Pengaturan di Mesin Pencari untuk Menghilangkan Iklan

Alternatif lain agar iklan bisa hilang dengan melakukan cara ini. Pasalnya bisa menghilangkannya tanpa root. Browser tersebut merupakan browser default yang memiliki banyak fitur.

Caranya bisa memilih setting, dengan memilih titik 3 pada bagian sebelah kiri. Lanjutkan dengan memilih iklan lalu ubah menjadi blokir pada opsi menunya. Keluar dari browser tersebut untuk beberapa saat.

5. Blokir Iklan pada UC Browser

Apabila Android memasang UC Browser, akan terdapat banyak sekali pop up iklan yang bermunculan. Oleh sebab itu, harus menonaktifkan iklan di UC Browser ini. UC Browser merupakan tergolong peramban yang terdapat banyak iklan. Bahkan kerap muncul secara berkala.

Kemunculan iklan dari UC Browser, harus menonaktifkannya terlebih dahulu melalui peramban ini agar tidak muncul di Android. Caranya dengan membuka UC Browser, lalu pilih tiga titik pada bagian tengah. Selanjutnya pilih Ads Blok dan aktifkan.

6. Lakukan Reset HP

Cara ini merupakan cara terakhir sebagai cara menghilangkan pop up iklan di Android, apabila cara sebelumnya tidak berhasil. Hal yang harus dilakukan oleh pengguna Android, yaitu dengan melakukan reset HP agar iklan tidak muncul tiba-tiba dan mengganggu.

Melakukan cara ini akan mengembalikan Android seperti baru, yaitu tidak memiliki data sama sekali. Semua kontak akan hilang, termasuk data penting. Oleh sebab itu, jika ingin menggunakan melalui cara ini harus memindahkan data penting terlebih dahulu pada memori eksternal.

Gangguan iklan yang kerap terjadi tidak akan terjadi lagi bila melakukan salah satu cara tersebut. Semua jenis iklan baik iklan sistem, maupun iklan virus akan terblokir dengan sendirinya.Dengan demikian, pengguna akan lebih leluasa untuk mengoperasikannya. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui cara menghilangkan pop up iklan di Android.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *