Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 10 Paling Mudah

By | May 13, 2021
Cara Cek Spesifikasi Laptop Windows 10

Banyak orang menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi yang mudah digunakan, baik oleh pemula maupun profesional sekalipun. Performanya yang menakjubkan tapi tetap ringan membuatnya cukup digemari. Bahkan selain itu, pengguna bisa mengetahui cara cek spesifikasi laptop windows 10 karena sistem bawaan yang mudah dioperasikan loh. Apa saja cara yang bisa dilakukan? Simak ulasannya berikut ini:

1. Buka DXDIAG

Hal pertama sebagai cara cek spesifikasi laptop windows 10 adalah dengan membuka DXDIAG yang telah tersedia otomatis pada sistem. Caranya cukup mudah, yaitu hanya perlu mengetik kata Run pada kolom search. Kemudian barulah ketik “DXDIAG” dan klik OK hingga muncul informasi yang dibutuhkan, mulai dari spek CPU, RAM, hingga VGA.

Melalui cara ini, tentunya tiap pemilik laptop bisa melihat spek dari perangkat yang dimilikinya secara mudah bukan? sehingga nantinya bisa menjadi pengetahuan tambahan dan mungkin bermanfaat untuk hal lain nantinya.

2. Command Prompt

Tidak hanya dengan membuka DXDIAG, pengguna bisa memanfaatkan perintah Command Prompt yang cukup mudah dilakukan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetik “CMD” di kolom pencarian dan ketik “System Information”. Kemudian barulah tekan “Enter” dan dapatkan informasi lengkap mengenai spek laptop yang dimiliki.

Informasi yang ditampilkannya tidak jauh berbeda apabila melalui cara lain, namun pengguna bisa memilih langkah paling mudah yang bisa dilakukan. Sehingga nantinya tidak akan merepotkan apabila terjadi permasalahan.

3. Melalui Sistem Properties Computer

Hampir menyerupai pengecekan spek melalui DXDIAG, bedanya pada langkah satu ini pada informasi yang ditampilkannya. Pada program ini, pengguna hanya bisa melihat tipe CPU dan juga kapasitas RAM yang dimilikinya saja. Bisa dibilang hanya menampilkan spesifikasi dasar saja tanpa detail lainnya.

Cara mengaksesnya juga mudah, yaitu hanya perlu membuka Windows Explorer dan kemudian klik “This PC”. Barulah nantinya klik kanan dan klik Properties, setelah itu akan muncul informasi mengenai CPU dan RAM milik laptop kesayangan. Sangat mudah bukan?

4. Menggunakan Aplikasi Pengecek Sistem

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan aplikasi pengecek sistem, yaitu untuk tiga komponen utama yang ada pada laptop windows 10, mulai dari Hardisk, VGA, dan juga processor. Aplikasi yang seringkali dipakai adalah CPU-Z, GPU-Z, dan HDTune sesuai kebutuhan masing-masing penggunanya.

Dengan aplikasi khusus, maka tidak heran apabila informasi yang ditampilkannya pun cukup spesial. Sehingga pengguna bisa melihat spek secara mendetail dan mengerti tiap komponennya dengan baik. Apakah tertarik untuk menggunakannya?

5. Memanfaatkan HWInfo

Langkah berikutnya sebagai cara cek spesifikasi laptop windows 10 adalah dengan memanfaatkan HWInfo. Hal ini bisa dibilang cukup bisa diandalkan, pasalnya pengguna bisa mengecek spek laptop secara keseluruhan menggunakan cara ini.

Informasi secara mendetail mulai dari sistem perangkat maupun komponen pendukung bisa didapatkan dengan mudah melalui aplikasi satu ini. Untuk mendapatkannya, pengguna bisa mengunduhnya di web resminya.

6. System Information Windows 10

Apabila tidak ingin menginstall aplikasi lain pada laptop kesayangan, maka cara ini bisa dilakukan. Tentu saja langkah yang harus ditempuh cukup mudah, yaitu hanya dengan mengetik “system information” pada kolom pencarian Windows. Kemudian barulah buka aplikasinya dan pilih kategori System Summary.

Setelah itu, pengguna bisa mengecek spesifikasi dasar yang dipunya oleh laptop windows 10 secara mudah. Untuk mendapatkan informasi detail lainnya, bisa pula membuka subcategory lain yang telah disediakan.

7. Menggunakan Speccy

Tidak hanya HWInfo, untuk pengecekan spek laptop bisa dilakukan dengan cara menggunakan Speccy. Aplikasi ini bisa dibilang sangat canggih dan bisa dipakai untuk mengetahui komponen beserta spesifikasinya secara lengkap.

Penggunaannya pun mudah, pengguna hanya perlu menginstalnya seperti biasa. Kemudian pada menu Summary akan ditampilkan informasi dasar dan komponen pada laptop dengan jelas. Bahkan tersedia pula kategori-kategori lainnya untuk mengetahui detail yang ada. Sangat menakjubkan bukan?

Nah itulah ulasan menarik mengenai bagaimana cara cek spesifikasi laptop windows 10 paling mudah dilakukan bagi pemula sekalipun. Tentunya lakukan beberapa cara di atas agar bisa mengetahui spek perangkat yang dimiliki dan melihat detail komponen lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

BACA JUGA :  Rangkaian Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 10 Terjitu

Leave a Reply