Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi Termudah

By | May 13, 2021
Cara Ekstrak File Zip di Android

Bukan hal yang mustahil ketika sebuah ponsel android bisa mengekstrak file zip. Padahal, dulunya zip hanya bisa diekstrak pada PC saja. Teknologi memang memberikan berbagai kemudahan untuk manusia. Nah, untuk cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi bisa dilakukan dengan gampang. Begitu pula ketika menggunakan aplikasi. Bagaimana caranya? Ini dia penjelasannya!

Cara Ekstrak File Zip di Android Tanpa Aplikasi

Sebelum masuk ke cara ekstrak file, apakah pembaca sudah tahu mengenai file zip?. Beragam data digabungkan menjadi satu dalam ukuran lebih mungil itulah file zip. Tanpa berlama-lama lagi, ini dia cara ekstrak zip tanpa aplikasi!

  • Buka file manager: Langkah pertama adalah dengan membuka file manager pada ponsel masing-masing. Memiliki ikon berbentuk seperti folder berwarna kuning kecoklatan, menu ini bisa ditemukan di beranda maupun menu utama ponsel.
  • Pilih file zip: Setelah membuka menu diatas, pembaca bisa langsung mencari file yang ingin diekstrak. Pembaca bisa menemukan file dengan cepat pada mesin pencari dengan mengetik nama folder zipnya.
  • Tahan file hingga muncul titik tiga: Setelah menemukan folder zip yang diinginkan, tahan folder tersebut sampai muncul ikon titik tiga di bagian kanan atas.
  • Klik unzip dan beri nama: Pada titik tiga tersebut akan tersedia beberapa pilihan. Salah satunya adalah unzip yang perlu pembaca klik untuk mengekstrak file zip. Setelah itu, beri nama untuk folder hasil ekstrak serta lokasi penyimpanan. Selesai!

Cara Ekstrak File Zip di Android dengan Aplikasi

Setelah mengetahui cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi, pembaca juga harus tahu cara ekstrak dengan aplikasi. Nah, aplikasi ekstrak zip ini direkomendasikan bagi pembaca yang ponselnya tidak tersedia fitur unzip. Apa saja aplikasinya? Simak baik-baik dibawah ya!

1. Gunakan Aplikasi RAR

Ini merupakan aplikasi yang biasanya ada pada PC sebagai aplikasi bawaan. RARLab sebagai pengembang ternyata juga mengeluarkan dalam versi android lho!. Tidak hanya ekstrak zip, RAR juga bisa ekstrak file lain seperti ARJ. Selain bisa didapat secara gratis, ukuran dari RAR sangat mungil sehingga tidak memakan tempat.

Untuk penggunaan sangat gampang yaitu dengan membuka aplikasi sebagai langkah pertama. Setelah itu pembaca bisa memilih file zip. Jika ingin ekstrak file lebih dari satu, menggunakan RAR sangat dimungkinkan. Klik ikon RAR dengan panah keatas dan pembaca bisa mengikuti instruksi selanjutnya hingga file selesai di ekstrak.

2. Pilih Aplikasi Simple Unrar

Jika pembaca sedang mencari aplikasi dengan fitur proteksi, maka bisa mencoba Simple Unrar. User interface juga nyaman dan mudah dipahami bagi pemula. Setelah pembaca membuka aplikasi ini, akan terlihat 2 opsi yang harus diisi yaitu nama file dan destinasi penyimpanannya. Ketik nama folder dan lokasi penyimpanan zip yang ingin diesktrak.

Jika sudah, langsung saja masuk ke menu extract di bagian bawah. Setelah klik ekstract, file pun akan mulai proses extracting. Simple Unrar akan menampilkan estimasi waktu proses extracting dalam bentuk persen. Sangat mudah dan patut dicoba!

3. Gunakan Aplikasi ZArchiver

Masuk menjadi peringkat 2 aplikasi alat gratis, ZArchiver menjadi aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk ekstrak zip. Aplikasi ini juga mengusung kelebihan lain yaitu bisa digunakan untuk membuat dan mengompres file. Nah, cukup pilih file zip dan pada tanda plus warna hijau pilih opsi extract here untuk mengekstrak folder zip Gampang dan multifungsi!

4. Extract dengan Aplikasi Azip Master

Setelah aplikasi dibuka, masuk pada menu extract dan pilih file zipnya. Setelah pilih file, atur lokasi penyimpanan dan password jika ingin proteksi. Klik OK dan file akan mulai diextract. File pembaca juga bisa disimpan pada google drive sehingga tidak perlu khawatir hilang.

Semua fitur yang disediakan pada Azip Master bisa dicoba dengan gratis. Selain ekstrak atau kompres file, aplikasi ini juga mendukung fitur cleaner. Dengan begitu, file sampah yang tidak berguna bisa dibersihkan menggunakan fitur tersebut.

5. Gunakan Aplikasi WinZip

Karena WinZip mendukung fitur akses ke PC, file yang ada di android pun bisa dibuka di PC manapun. Semua jenis file zip seperti gambar, apk, buku, dan web bisa di ekstract menggunakan aplikasi ini. Sayangnya, ukuran aplikasi cukup besar dan banyak iklan. Namun WinZip tetap patut dicoba kok!

Diatas merupakan penjelasan cara ekstrak file zip di android tanpa aplikasi untuk semua merk HP. Jika ternyata menu unzip tidak tersedia  di HP pembaca, maka file bisa diekstrak menggunakan salah satu aplikasi diatas.

 

BACA JUGA :  Daftar 6 Aplikasi Pembersih RAM Terbaik Yang Wajib Dimiliki!

Leave a Reply