Inilah Cara Merubah Format JPG ke PNG di Android Anti Gagal

By | May 12, 2021
cara merubah format JPG ke PNG di Android

Pemahaman mengenai cara merubah format JPG ke PNG di Android patut dipelajari, khususnya bagi pengguna yang tertarik pada fotografi dan editing. Sebab, Hampir sebagian besar foto yang dihasilkan dari pengambilan gambar pada smartphone berformat JPG. Sedangkan PNG akan lebih cocok bila digunakan dalam proses pengeditan sebuah gambar.

Sebagaimana yang telah diketahui, format PNG mendukung beberapa fitur yang tidak ditemukan pada JPG. Salah satunya transparansi pada stiker dan logo, serta berguna untuk menggabungkan beberapa foto dalam satu frame. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan pengguna untuk memperoleh gambar PNG dijelaskan sebagai berikut:

Penggunaan Tools Cloudconvert

Meski dapat dilakukan menggunakan aplikasi, cara merubah format JPG ke PNG di Android akan lebih praktis memanfaatkan tools yang tersedia pada internet. Salah satunya Cloudconvert yang dapat diakses dengan mudah dan gratis. Tools ini menyediakan layanan convert beberapa jenis file, bukan hanya gambar. Berikut 5 cara yang dapat dilakukan ketika menggunakan Cloudconvert:

1. Masuk ke Situs Cloudconvert

Salah satu kelebihan pada situs ini terletak pada pilihan jenis file yang beragam. Sehingga selain untuk mengubah gambar, pengguna juga dapat memanfaatkan layanan guna mengubah beberapa jenis dokumen. Seperti audio, e-book, laporan presentasi, dan sebagainya. Dengan demikian tools tersebut dapat dimanfaatkan bagi pelajar untuk membantu dalam mengubah dokumen.

Tampilan situs yang dihadirkan cukup sederhana, dan mudah dipahami. Pengguna akan segera memahaminya meski baru pertama kali menggunakan tools. Pada bagian paling atas, terdapat opsi untuk memilih jenis berkas yang akan diubah. Dimana pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Pilih opsi JPG to PNG untuk mengubah berkas gambar.

2. Unggah File Gambar

Klik menu Add Files untuk mengunggah berkas gambar atau foto yang akan diubah. Pengguna dapat memilih foto yang tersimpan pada perangkat Android, akun Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Pastikan memilih gambar yang telah disiapkan sebelumnya.

3. Sesuaikan Pengaturan

Sebelum melakukan convert, ada baiknya untuk menyesuaikan pengaturan terlebih dahulu. Tujuannya agar hasil gambar sesuai dengan apa yang diharapkan. Pengguna dapat mengatur format gambar PNG dengan cara klik ikon settings pada bagian bawah dari file gambar yang telah diunggah.

Pada menu pengaturan, tetapkan berapa pixel ukuran gambar yang diinginkan. Pengguna juga dapat mengatur orientasi dan kualitas dengan memilih beberapa pilihan yang tersedia. Setelah selesai mengatur bagian settings, silahkan simpan dengan klik Ok pada bagian paling bawah.

4. Tambahkan File Berikutnya

Apabila jumlah berkas yang akan diubah lebih dari satu, maka pengguna dapat menambahkan ulang. Caranya dengan klik opsi Add More Files, kemudian pilih file gambar yang akan diubah ke dalam format PNG. Lakukan pengaturan yang sama seperti pada langkah sebelumnya.

5. Klik Convert

Setelah selesai mengupload semua berkas yang akan diubah, serta pengaturan masing-masing gambar. Klik menu Convert agar situs menjalankan proses pengubahan gambar ke PNG. Hasil akhir dapat diperiksa sekali lagi oleh pengguna, bila telah sesuai dengan yang diinginkan silahkan klik download. Otomatis semua hasil gambar dengan ekstensi PNG akan tersimpan pada perangkat Android.

Mengubah Ekstensi Langsung Pada Android

Sebenarnya cara merubah format JPG ke PNG di Android dapat dilakukan langsung melalui penyimpanan berkas. Dalam hal ini, pengguna hanya perlu memilih sebuah gambar JPG dan menekan lama. Setelah itu pilih opsi ubah nama, dan ubahlah ekstensi gambar menjadi .png pada akhir nama file. Secara otomatis, berkas gambar akan tersimpan dalam format PNG.

Meski terbilang mudah, cara tersebut memiliki sedikit kekurangan. Diantaranya tidak tersedia fitur editing untuk memastikan gambar memiliki resolusi yang baik. Di samping itu, mengubah ekstensi secara langsung tidak dapat dilakukan pada gambar yang memiliki transparansi. Sehingga pengguna memerlukan aplikasi tambahan lain untuk melakukan editing.

Demikianlah beberapa cara merubah format JPG ke PNG di Android tanpa membutuhkan waktu yang lama. Selain cara diatas, pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi seperti Image Converter yang tersedia di Play Store. Adanya bantuan aplikasi akan memudahkan pengguna ketika mengedit gambar sesuai dengan kebutuhan. Sehingga menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik.

 

BACA JUGA :  Inilah Cara Memblokir Aplikasi di Playstore Wajib Tahu!

One thought on “Inilah Cara Merubah Format JPG ke PNG di Android Anti Gagal

  1. Pingback: Cara Merekam Suara Internal Dan Eksternal Android Dengan 5 Aplikasi

Leave a Reply