6 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Android yang Jarang Diketahui

By | May 11, 2021
cara meningkatkan kecepatan internet Android

Koneksi internet yang terbatas pasalnya sering memunculkan kendala bagi pengguna smartphone. Aktivitas yang dilakukan secara online tentu akan terganggu dan tidak dapat berjalan dengan semestinya. Adapun cara meningkatkan kecepatan internet Android sebenarnya dapat dilakukan guna memaksimalkan koneksi jaringan. Sehingga pengguna dapat mengakses aplikasi online tanpa hambatan.

Beberapa kegiatan seringkali memerlukan koneksi internet yang optimal seperti belajar daring, browsing, streaming film, video call, serta aktivitas online sejenisnya. Tanpa koneksi yang stabil, pengguna akan kesulitan dalam mengoperasikan beberapa layanan online tersebut. Adapun upaya yang dapat dilakukan guna mempercepat koneksi internet dijelaskan pada 6 rincian berikut ini:

1. Gunakan Jaringan Terbaik

Jaringan 4G sangat baik saat digunakan pada smartphone, dimana pengguna akan merasakan mudahnya dalam melakukan browsing data. Untuk mengatur jaringan terbaik yang akan digunakan, silahkan mengunjungi menu pengaturan pada Android. Kemudian pilih opsi koneksi untuk mengatur mode jaringan yang akan digunakan.

Agar memperoleh jaringan terbaik, aturlah mode jaringan dengan memilih 4G only. Bila keadaannya kurang memungkinkan atau perangkat berada pada lokasi yang terpencil, pengguna dapat memilih opsi sambungan otomatis saja. Di samping itu, saat beberapa perangkat Android telah menawarkan opsi jaringan 5G yang akan mempercepat proses transmisi data.

2. Hindari Penggunaan VPN

Meski memiliki peran yang cukup baik, kehadiran VPN yang diaktifkan pada perangkat Android justru akan menurunkan kecepatan internet. Sebab, proses enkripsi yang lebih besar mampu membuat koneksi internet jauh menurun. Berbeda ketika VPN pada Android dinonaktifkan, pengguna akan merasakan perbedaan kecepatan dalam mengakses sebuah situs tanpa adanya VPN.

3. Matikan Hotspot Seluler

Fitur berbagi jaringan internet atau hotspot seluler dengan perangkat lain memang seringkali diaktifkan pada smartphone. Namun, kehadiran hotspot seluler akan membatasi jumlah penggunaan data pada perangkat. Sebab, kini jaringan internet harus digunakan bersama oleh beberapa perangkat. Sehingga wajar bila kecepatannya semakin menurun saat fitur ini diaktifkan.

Guna memaksimalkan kecepatan internet pada smartphone, ada baiknya pengguna membatasi jumlah perangkat yang terpasang pada hotspot. Bila perlu, nonaktifkan fitur hotspot seluler agar internet kembali stabil. Sebab, kini jaringan yang digunakan hanya terfokus pada satu perangkat saja.

4. Gunakan Mode Pesawat Atau Lakukan Restart

Menerapkan mode pesawat pada HP bisa jadi merupakan salah satu cara meningkatkan kecepatan internet Android yang paling sederhana. Cara ini akan membantu pengguna untuk memperoleh jaringan yang lebih kuat. Pengguna hanya perlu mengaktifkan mode pesawat pada bagian atas layar. Beberapa detik kemudian, nonaktifkan fitur tersebut agar jaringan internet kembali aktif.

Selain itu, cara termudah yang dapat dilakukan ketika kesulitan menemukan koneksi internet adalah dengan merestart perangkat. Tutup semua aplikasi, kemudian matikan perangkat Android dengan cara klik restart. Tunggu beberapa saat hingga smartphone kembali menampilkan layar pembuka saat memulai menjalankan sistem Android.

5. Berpindah Lokasi

Tidak bisa dipungkiri, lokasi sangatlah menentukan kecepatan jaringan internet sebuah perangkat. Ketika berada di tempat yang terpencil maupun gedung dengan tembok yang tebal memungkinkan sedikitnya jaringan yang ada di smartphone. Untuk itulah, pengguna dapat berpindah lokasi yang lebih tinggi atau berada di luar gedung.

6. Jangan Gunakan Penghemat Data

Adanya fitur penghemat data memang sangatlah membantu dalam meminimalkan penggunaan data. Sehingga paket data yang digunakan menjadi lebih hemat dan tidak lekas habis. Akan tetapi, sesuai dengan cara kerjanya fitur ini akan menghambat kecepatan internet yang terdapat pada sebuah perangkat Android. Sebaiknya pengguna menonaktifkan sementara layanan tersebut.

Untuk menghentikan layanan penghemat data, silahkan kunjungi menu Settings atau pengaturan. Pilih bagian koneksi, kemudian lihat pada bagian penggunaan data. Pada halaman ini pengguna akan melihat grafik penggunaan data selama satu bulan. Lanjutkan pada bagian bawah dan temukan opsi mode ultra hemat data. Nonaktifkan layanan tersebut untuk sementara waktu.

Demikianlah 6 cara meningkatkan kecepatan internet Android yang jarang diketahui oleh pengguna smartphone. Terapkan salah satu cara diatas bila merasakan adanya penurunan koneksi internet. Kemudahan dalam mengakses aplikasi, web browser, beserta akun media sosial akan dirasakan saat kecepatan internet dalam kondisi yang optimal.

 

BACA JUGA :  Cara Mengetahui Pengguna WiFi IndiHome Paling Mudah

 

Leave a Reply