Cara Memindahkan WA dari Android ke Iphone dengan Mudah

By | May 9, 2021
cara memindahkan WA dari Android ke iPhone

Beralih ke handphone baru, terkadang membuat malas karena harus memindahkan banyak data atau isi galeri. Apalagi jika handphone yang baru memiliki operating system yang berbeda, dari Android ke iPhone. Selain media, pengguna juga kebingungan dengan cara memindahkan WA dari Android ke iPhone.

Memindahkan Whatsapp dari Android ke ponsel berbasis iOS sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya memang, pengguna membutuhkan sedikit effort agar tidak kehilangan semua data-data yang ada. Pengguna dapat menggunakan bantuan PC untuk melakukan transfer data. Namun sebelumnya, ada hal yang harus dilakukan sebelum melakukannya.

Cara Memindahkan Manual

Cara memindahkan WA dari Android ke iPhone yang pertama dapat dilakukan secara manual. Dalam artian, pengguna tidak memerlukan bantuan aplikasi apapun untuk melakukannya. Pemilik ponsel Android hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut untuk memindahkah data dari smartphone-nya ke iPhone.

1. Backup Chat WA

Langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah melakukan back up data. Untuk melakukannya pun tidak sulit, hanya tinggal mengakses menu setelan di tombol titik tiga di akun whatsapp. Ketuk ikon tersebut yang terletak di pojok kanan atas, lalu pilih menu setelan. Setelah itu, pilih menu chat yang terdapat di dalamnya.

Setelah mengetuk menu chat, lanjutkan dengan meng-klik ikon ‘cadangan chat’ untuk melakukan back up data whatsapp. Pada menu tersebut, pengguna akan diminta untuk memilih tempat pencadangan Google Drive, dengan memasukkan nama email yang akan digunakan. Sejauh ini, pengguna hanya tinggal menunggu proses selesai.

2. Restore Whatsapp di IPhone

Langkah berikutnya adalah menyematkan kembali data yang sudah di-back up di Google Drive ke iPhone. Prosesnya sangat mudah dan dalam waktu sekejap data di akun Whatsapp akan berpindah ke handphone baru.

Pertama, pastikan pengguna sudah memasang akun WA di ponsel iPhone miliknya. Namun, akun yang terpasang ini haruslah akun yang sama, atau akun dengan email dan nomor yang sama dengan akun yang digunakan ketika memakai smartphone Android. Meskipun berganti handphone, pengguna tidak harus mengganti akun atau nomor WA yang dimiliki.

BACA JUGA :  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Handphone

Sebagaimana halnya menginstall aplikasi di perangkat baru, tentu akan ada proses verifikasi ulang. Ikuti langkah demi langkah sampai selesai dan Whatsapp terinstall dengan sempurna di iPhone. Sebelum menyentuh akhir proses, akan ada pertanyaan untuk menyematkan ulang (restore) data WA.

Pengguna hanya tinggal meng-klik ‘OK’ dan tunggu sampai prosesnya selesai. Dengan demikian, data-data yang sebelumnya sudah disimpan di Google Drive akan berpindah ke iPhone. Cara ini bahkan pengguna tidak perlu menggunakan PC atau aplikasi apapun. Pada proses ini, gunakan Wifi karena pemindahan data ini berat sehingga membutuhkan kuota internet besar.

Memindahkan Menggunakan Aplikasi

Jika pengguna memiliki waktu agak santai, cara memindahkan WA dari Android ke iPhone dapat pula dilakukan menggunakan aplikasi yang diakses menggunakan PC. Terdapat beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu teknik restore data ini.

1. Dr. Fone

Banyak pengguna yang sudah mengenal aplikasi premium ini untuk memulihkan data. Aplikasi ini dapat digunakan di Android maupun iPHone, baik untuk memulihkan atau memindahkan data. Termasuk dalam hal ini, jika pengguna ingin berganti handphone dan memindahkan Whatsapp-nya.

Gunakan PC untuk membantu proses ini, pasa ‘Dr. Fone’ di komputer dan buka berandanya. Langkah berikutnya, pengguna hanya tinggal menghubungkan smartphone Android dan iPhone yang dimiliki ke PC.  Pastikan kedua ponsel tersebut terdeteksi oleh PC. Setelahnya, akses menu Transfer dan ketuk Whatsapp dan Transfer pesan Whatsapp.

2. MobileTrans-Whatsapp Transfer

Ini adalah aplikasi yang juga populer untuk transfer data. Bantuan ini dapat digunakan untuk OS Android dan iPhone. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk memindahkan data dari Android ke iPhone, atau sebaliknya. Begitu pula untuk melakukan transfer data antar ponsel Android dan iPhone.

Setelah meng-install bantuan ini, di dalamnya pengguna akan dipandu dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Mulai dari membackup data hingga menyelamatkannya kembali ke ponsel yang baru. Pada setiap langkahnya pun akan selalu ada notifikasi yang mengingatkan proses akhir atau awal instruksi berikutnya.

Pengguna smartphone dapat menerapkan cara memindahkan WA dari Android ke iPhone sesuai dengan kebutuhan. Hal yang terpenting adalah agar tidak lupa terlebih dulu membackup data dari ponsel yang lama.

One thought on “Cara Memindahkan WA dari Android ke Iphone dengan Mudah

  1. Pingback: Aplikasi Kamera Selfie untuk iPhone untuk Hasil Foto Menakjubkan

Leave a Reply