5 Cara Memperbaiki Video yang Tidak Bisa Diputar di Android Dengan Mudah

By | May 8, 2021
cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android

Perkembangan dunia digital memudahkan para penggunanya untuk mendownload berkas secara online. Salah satunya berupa film yang banyak dibagikan di situs streaming maupun media sosial. Akan tetapi, kendala yang seringkali ditemui adalah ketidakmampuan player untuk membuka video. Sehingga pengguna dibuat kebingungan dalam menentukan cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android dengan efektif.

Pada dasarnya ada beberapa penyebab yang seringkali menimbulkan kendala semacam ini. Dapat berasal dari perangkat smartphone maupun berkas video itu sendiri. Tentunya setiap masalah memiliki solusi berbeda, tergantung penyebab sebuah file video tidak dapat ditayangkan pada Android. Berikut 5 cara yang harus dilakukan pengguna agar video dapat ditonton kembali lewat smartphone:

1. Menghapus Berkas yang Tidak Diperlukan

Seringkali masalah penyimpanan internal penuh dapat mengganggu sistem kerja Android. Salah satunya terlihat jelas ketika sebuah video gagal ditayangkan pada tampilan media. Bahkan hal ini dapat diperparah dengan ketidakmampuan smartphone untuk membuka galeri. Dengan demikian, pengguna harus mengosongkan beberapa ruang penyimpanan internal.

Adapun langkah sederhana dapat dilakukan agar video dapat kembali ditayangkan pada smartphone. Mulai dengan menghapus beberapa berkas yang tidak diperlukan, memori, dan cache aplikasi. Pengguna juga dapat menyalin file berukuran besar ke dalam microSD, agar ruang internal kembali tersisa. Disamping itu, lakukan pemeriksaan secara berkala untuk mengecek kapasitas penyimpanan.

2. Melakukan Convert

Salah satu cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android dikarenakan perbedaan format file adalah dengan melakukan convert. Seringkali player yang tersedia pada smartphone memiliki keterbatasan dalam menayangkan ekstensi video tertentu. Sehingga hal ini akan menimbulkan persoalan ketika akan memutar sebuah video lewat Android.

Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengubahan format video. Dalam hal ini, pengguna dapat memanfaatkan tools gratis yang tersedia pada Google. Cobalah untuk mengubah format file video ke dalam ekstensi yang diterima oleh aplikasi player video yang terpasang pada smartphone.

3. Melakukan Pemindaian Berkas dan Perangkat

Bila kerusakan file video dikarenakan adanya virus, maka perlu dilakukan pemindaian. Kemungkinan adanya virus tersebut dapat ditemukan pada file video yang diunduh dari situs yang kurang aman. Sehingga memungkinkan berkas video yang terunduh justru mengalami kerusakan.

BACA JUGA :  Informasi Harga dan Spesifikasi Oppo Find X2 Pro Terbaru

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pengguna dapat memanfaatkan beberapa aplikasi pemindai pada Play Store. Salah satunya aplikasi MP4Fix Video Repair Tool untuk memperbaiki berkas video. Guna menghindari kerusakan pada file-file lainnya, lakukan pemindaian secara berkala pada berkas dan perangkat Android.

4. Update Player Bawaan HP

Pastikan selalu menggunakan aplikasi yang up to date, termasuk pada aplikasi pemutar video. Sebab, video yang gagal ditayangkan pada smartphone juga dapat disebabkan karena keterbatasan kemampuan aplikasi video player dalam memutar beberapa format file. Dengan melakukan update, setidaknya fitur-fitur pada pemutar video menjadi lebih lengkap.

Untuk melakukan update aplikasi, pengguna dapat mengunjungi Play Store pada smartphone. Pada menu Aplikasi dan Game Saya, terdapat daftar seluruh aplikasi yang terpasang pada Android. Temukan aplikasi pemutar video yang terinstal lalu klik satu kali pada ikon aplikasi. Pilih opsi update untuk mengunduh beberapa fitur baru yang dihadirkan dalam aplikasi tersebut.

5. Menginstal Aplikasi Pemutar Video Baru

Masalah perbedaan format file juga dapat diatasi dengan menginstal aplikasi pemutar video baru. Pastikan memilih aplikasi yang menerima format file sesuai dengan video yang akan diputar. Misalnya bila video dalam format Mp4, maka pengguna harus menginstal aplikasi player yang mampu membaca data file yang berformat Mp4.

Ada banyak aplikasi pemutar video yang dapat dipasang pada Android. Beberapa diantaranya seperti VLC, KMPlayer, GOM Player, dan sejenisnya. Aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan dengan gratis untuk memutar video dalam berbagai format file. Pastikan ruang penyimpanan internal cukup untuk memasang aplikasi tersebut pada smartphone.

Demikianlah 5 cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android berdasarkan penyebab yang berbeda-beda. Pengguna perlu mengidentifikasi mengapa sebuah video gagal ditayangkan pada Android. Dengan mengetahui penyebabnya lebih dini, diharapkan mampu memberikan kemudahan untuk memutuskan solusi yang terbaik. Sehingga video dapat diputar pada smartphone tanpa menemukan kendala apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *