Cara Memutar Youtube di Latar Belakang Android Sekaligus Menjalankan Aplikasi Lain

By | May 8, 2021
cara memutar youtube di latar belakang android

Menjalankan dua aplikasi sekaligus memang terdengar aneh, namun metode ini juga efektif bila ingin mendengarkan musik sembari melakukan aktivitas lain. Sayangnya aplikasi lain tidak dapat dijalankan bersamaan ketika sedang membuka Youtube. Sehingga pemahaman tentang cara memutar Youtube di latar belakang Android perlu dipelajari dengan baik, agar pengguna dapat memanfaatkan waktu dengan efektif.

Bila dipahami dengan tepat, sebenarnya kendala tersebut dapat diatasi dengan menggunakan web browser atau metode split layar. Teknik ini akan membawa kemudahan bagi pengguna untuk mendengarkan musik sembari mengerjakan hal lain. Dengan demikian, aplikasi lain tetap mampu dioperasikan meski dalam waktu bersamaan. Adapun cara yang dapat dilakukan sebagai berikut:

Memutar Youtube Melalui Chrome

Sederhananya, Chrome dapat menjadi alternatif sebagai cara memutar Youtube di latar belakang Android tanpa memerlukan waktu lama. Chrome mendukung fitur tersebut melalui adanya situs desktop pada setelan. Apalagi aplikasi ini seringkali ditemukan pada perangkat Android, berikut 5 cara memutar video Youtube sekaligus menjalankan aplikasi lain pada satu waktu:

1. Izinkan Notifikasi Web Browser

Kunci utama ketika menggunakan web browser adalah memberikan izin kepada aplikasi. Izin tersebut dimaksudkan agar aplikasi dapat mengirimkan notifikasi di latar belakang Android. Sehingga video tetap berjalan meskipun pengguna sedang mengakses aplikasi lain. Itulah sebabnya metode ini akan sangat cocok bagi pengguna untuk mendengarkan musik maupun podcast.

Untuk memberikan izin aplikasi, silahkan mengunjungi menu Setting atau Pengaturan pada smartphone. Pilih opsi Aplikasi untuk menampilkan semua daftar aplikasi yang terpasang pada Android. Pengguna dapat mencari Chrome, kemudian pilih bagian notifikasi. Berikan izin untuk semua notifikasi yang berasal dari web browser tersebut.

2. Buka Chrome

Setelah mengizinkan seluruh notifikasi, jalankan Chrome pada perangkat yang digunakan. Kemudian temukan Youtube pada mesin telusur seperti biasanya. Langkah ini dapat dijalankan supaya video yang sedang diputar tetap berlangsung dan dapat didengarkan meski pengguna sedang disibukkan dengan aplikasi lain. Sebab, fitur tersebut belum tersedia bila menggunakan aplikasi bawaan Youtube.

BACA JUGA :  Intip Cara Memindahkan Kontak ke Akun Google Paling Simpel

3. Pilih Tampilan Dekstop

Perlu diperhatikan bila cara memutar Youtube di latar belakang Android dapat dilakukan dengan memilih tampilan desktop. Sebab, bila pengguna memakai tampilan mobile maka video otomatis akan berhenti bila dialihkan ke aplikasi lain. Untuk mengatur tampilan desktop, pilih ikon titik tiga pada bagian kanan atas. Kemudian lakukan checklist pada opsi Situs Desktop.

4. Putar Sebuah Video

Cobalah mencari sebuah video untuk diputar pada halaman Chrome. Umumnya, jenis video yang cocok untuk didengarkan audionya saja berupa daftar musik, podcast, komedi, serta instrumen lain. Pengguna dapat menyiapkan sebuah video untuk diputar menemani aktivitas di rumah atau sembari mengoperasikan aplikasi lain.

5. Keluar Halaman Chrome Dengan Menekan Menu Utama

Untuk mendengarkan audionya saja, pengguna dapat keluar halaman Chrome dengan cara menekan tombol menu utama. Sebab bila memilih opsi keluar, otomatis video akan terhenti dan gagal diputar di latar belakang Android. Setelah berada pada menu utama, silahkan geser layar bagian atas agar menemukan notifikasi dari Chrome. Notifikasi tersebut menunjukkan bahwa video sedang dimainkan.

Memudar Youtube dengan Memanfaatkan Split Layar

Cara memutar Youtube di latar belakang Android juga dapat dilakukan dengan menampilkan visual. Dalam hal ini pengguna dapat memanfaatkan metode split layar. Namun, cara ini memiliki sedikit kekurangan ketika dijalankan pada Android. Sebab tidak semua smartphone mendukung fitur tersebut. Ada pula beberapa perangkat yang memerlukan akses aplikasi lain untuk melakukan metode split layar.

Metode split layar umumnya memiliki langkah yang berbeda-beda pada tiap perangkat. Namun, biasanya dapat dijalankan dengan mudah dengan memanfaatkan Recent Apps. Pengguna dapat memilih aplikasi Youtube dengan cara menekan lama hingga muncul pilihan Split Screen. Secara otomatis video akan diputar pada layar bagian atas. Pengguna dapat menjalankan aplikasi lain menggunakan layar bagian bawah.

Demikianlah dari penjelasan cara memutar Youtube di latar belakang Android dengan efektif tanpa membuang waktu lama. Pengguna dapat menggunakan web browser untuk menjalankan video tanpa perlu melihat visual yang sedang ditampilkan. Atau menggunakan split layar bila ingin menjalankan video dengan tetap menghadirkan visual. Sehingga aplikasi lain dapat dijalankan secara bersamaan dalam satu waktu.

Leave a Reply