6 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10

By | May 6, 2021
Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10

Berkas penting hilang bisa melanda dan membuat panik semua orang. Tidak hanya bagi pelajar, para pekerja kantoran bisa terkena hal ini. Tetap tenang dan ambil nafas yang dalam lalu baca cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 dibawah ini!

1. Gunakan Recycle Bin

Cara diatas sudah tidak asing atau mainstream. Betul sekali, recycle bin menjadi cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 paling pertama. Bisa dipastikan bahwa semua laptop memiliki fitur ini. Jika ternyata tidak bisa ditemukan pada laptop pengguna, kemungkinan besar recycle bin masih hidden.

Untuk memunculkannya, dapat pengguna temukan pada menu themes. Cukup ketikkan themes pada kolom pencarian untuk menemukan menu ini. Setelah itu pengguna bisa masuk ke desktop icon dan centang bagian recycle bin. Nah, halaman utama pun akan bertambah satu ikon yaitu recycle.

Sedangkan untuk merestore file, pengguna bisa buka recycle dan cari folder yang lenyap. Saat sudah ditemukan, tinggal masuk dalam pilihan restore dan folder tidak jadi lenyap.

2. Gunakan Aplikasi Command Prompt

Aplikasi diatas adalah fitur bawaan sehingga tidak perlu repot mengunduhnya. Command prompt bisa pengguna cari dengan gampang pada searching. Setelah ketemu, langsung saja klik kanan dan jalankan. Saat sudah terbuka, masukkan kode chkdsk X: /f. Untuk huruf x bisa diubah nama folder yang tidak ada.

Setelah itu masukkan kombinasi huruf (ATTRIB-H-R-S/S/DX:*.*.). Untuk huruf x juga diganti namanya. Apabila sudah, berkas hilang pun akan muncul kembali dengan sendirinya. Pastikan mengingat nama foldernya ya!

3. Gunakan Fitur Cadangkan

Fitur cadangkan menjadi solusi dari masalah hilangnya berkas ke-delete permanen jika ternyata tidak bisa disearch di recycle. Untuk menemukan data yang sudah dicadangkan, pengguna bisa  menemukannya di menu file history. Setelah masuk, cukup klik panah hijau untuk mengembalikan berkas penting yang hilang.

Menu tersebut bisa dicari pada mesin pencari laptop masing-masing. Perlu digaris bawahi bahwa tips ini hanya berlaku bagi pengguna yang sudah mencadangkan datanya. Bagi yang belum, segera cadangkan pada menu backup pada settings setelah membaca tips ini. Jangan sampai data pengguna hilang sebelum dicadangkan.

4. Gunakan Aplikasi Ease us Data Recovery

Cara selanjutnya menggunakan aplikasi bukan bawaan. Ease us Data Recovery menjadi aplikasi yang patut dicoba karena terbukti ampuh menemukan kembali folder yang hilang. Ketika menggunakannya, pengguna juga tidak perlu repot backup karena software ini otomatis mencadangkan.

Cukup buka aplikasi dan pilih lokasi hilangnya file. Nah, Ease us Data Recovery otomatis menampilkan semua folder yang pengguna punya sebelumnya. Klik menu restore untuk pengembalian data dan pilih lokasi baru untuk menyimpan file recovery. Tampilannya juga sederhana seperti tampilan laptop sehingga mudah dipahami.

5. Gunakan Aplikasi Recuva

Selanjutnya cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 adalah dengan Recuva. Berbeda dengan software sebelumnya yang menampilkan semua data, Recuva hanya akan menampilkan berkas yang ke-delete. Dengan begitu, proses mencari file lenyap tentunya lebih gampang dan cepat. Jika memori pengguna tidak cukup untuk menampung Recuva, tetap bisa menggunakan karena bisa dibuka portable.

Untuk cara restore berkas penting, hal pertama bisa cari terlebih dahulu dengan judulnya. Setelah ditemukan, tekan folder tersebut lalu pada kanan bawah terdapat pilihan recover. Klik pilihan tersebut dan Recuva akan mengembalikan semuanya.

6. Gunakan Aplikasi Pandora Recovery

Tersedianya panduan untuk pengguna pemula menjadi salah satu keunggulan yang ditonjolkan pada aplikasi ini. Tak hanya itu, file rusak parah bisa dimungkinkan untuk ditemukan lho. Untuk menemukan file sulit ini, pengguna bisa mencoba fitur deep scan. Memang aplikasi yang canggih!

Luar biasanya lagi, apabila pengguna lupa dengan namanya, Pandora Recovery bisa menemukannya lho. Nah, bagi pengguna yang sering sekali lupa nama atau judulnya bisa mencari dengan ukuran, jenis, dan tanggal dibuatnya file itu. Sangat recomended yang berkasnya sering lenyap.

Nah, itulah 6 cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop windows 10 dengan lengkap. Ketika mendapati file hilang, segera lakukan salah satu cara diatas. Bagi pengguna yang belum pernah mencadangkan data, segera lakukan agar peluang kehilangan data penting untuk ditemukan bisa lebih besar.

BACA JUGA :  Cara Mengaktifkan VPN di Laptop saat Harus WFH

One thought on “6 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10

  1. Pingback: Cara Menonaktifkan Antivirus Windows 10 Terjitu Bisa Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *