5 Cara Memperkecil Ukuran Video di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

By | May 6, 2021
Baik digunakan dalam story maupun dibagikan ke pengguna lain, sehingga cara memperkecil ukuran video di Android tanpa aplikasi perlu dipelajari dengan benar.

Berkas video yang besar seringkali membuat pengguna smartphone kesulitan untuk berbagi. Pasalnya, beberapa akun media sosial maupun aplikasi chatting menerapkan batas ukuran maksimal untuk pengiriman sebuah video. Baik digunakan dalam story maupun dibagikan ke pengguna lain, sehingga cara memperkecil ukuran video di Android tanpa aplikasi perlu dipelajari dengan benar.

Cara termudah yang dapat dilakukan adalah compress berkas file video yang tersimpan. Sehingga nantinya video ditampilkan dalam ukuran file yang lebih ringan. Hal ini dapat dilakukan tanpa aplikasi dengan memanfaatkan beberapa situs penyedia layanan compress video. Berikut 5 situs compress video secara online yang dapat diakses pada Android tanpa aplikasi:

1. Video2edit

Upaya menurunkan ukuran video juga dapat dilakukan dengan menggunakan layanan Video2edit. Pengguna dapat meminimalkan ukuran berkas video yang tersimpan pada smartphone, akun Google Drive, maupun Drop Box. Situs ini juga menyediakan fitur edit berupa rotasi dan pemotongan video yang akan mempermudah pengguna.

Untuk memulai compress video, pengguna dapat mengunggah video pada bagian Drop Files Here. Cara ini juga dapat dilakukan dengan meletakkan link video bila tersimpan pada akun Google Drive dan Dropbox. Pada bagian Settings, tentukan format file dan ukuran berkas yang diharapkan. Klik Start untuk memulai mengecilkan ukuran video.

2. Clipchamp

Situs ini menyediakan ruang lebih besar untuk mengunggah video. Pengguna dapat memperkecil ukuran video yang berukuran maksimal 20 GB. Clipchamp mendukung beberapa format video, seperti WMF, FLV, MP4, dan WebM. Layanan ini dapat digunakan secara gratis tanpa perlu mengunduh aplikasi apa pun.

Pengguna dapat mengunggah video pada bagian dashboard Clipchamp yang telah tersedia. Tahap ini mungkin akan memerlukan waktu cukup lama. Tentukan format dan resolusi video akhir yang diharapkan. Tunggu beberapa saat hingga proses compress video selesai. Simpan pada smartphone atau bagikan hasil video ke akun media sosial yang diinginkan.

3. YouCompress

Situs ini mampu melakukan compress beberapa jenis file, mulai dari video, PDF, dan semua format file gambar. Sebagaimana situs yang lain, YouCompress akan membantu mempertahankan kualitas video. Sehingga meski ukuran video telah berkurang, setidaknya kualitas gambar yang dihasilkan masih tetap baik. Pengguna dapat mengakses layanan ini secara gratis tanpa perlu login.

BACA JUGA :  Rekomendasi 5 Aplikasi Pembuat Logo Squad Terbaik Untuk Gaming

Cara memperkecil ukuran video di Android tanpa aplikasi dapat dilakukan dengan mengunjungi situs YouCompress. Tentukan satu video yang tersimpan pada smartphone. Kemudian unggah video tersebut pada kolom yang telah tersedia. Pilih compress dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Simpan hasil video pada smartphone dengan cara klik download.

4. FreeConvert

Situs ini mampu menurunkan berkas video sesuai dengan keinginan pengguna. Sebab, FreeConvert menyediakan fitur Advanced Settings untuk mengatur ukuran dan kualitas video yang diharapkan. Selain itu, situs ini juga dilengkapi dengan fitur compress untuk beberapa jenis data lain. Seperti PDF, PNG, JPEG, dan format gambar sejenisnya.

Pengguna Android dapat mengakses situs FreeConvert secara gratis. Ukuran berkas maksimal yang dapat diperkecil yaitu 1GB. Memasukkan video pada bagian Choose File, kemudian tunggu hingga video terunggah sepenuhnya. Kemudian atur ukuran dan kualitas video yang diinginkan pada bagian Advanced Settings. Compress video dan simpan hasilnya pada smartphone.

5. Clideo

Mengakses situs Clideo merupakan salah satu cara memperkecil ukuran video di Android tanpa aplikasi dengan mudah. Khususnya video yang tersimpan pada akun Google Drive dan Dropbox. Batasan ukuran berkas yang dapat diunggah adalah 500 MB saja. Meski demikian, Clideo akan membantu menurunkan ukuran video dengan tetap menjaga kualitas gambarnya.

Untuk mulai melakukan compress video, pengguna dapat mengunjungi halaman Clideo pada web browser. Pada opsi Choose File, pilih video yang akan diperkecil atau masukkan link file video pada kolom yang tersedia. Tunggu beberapa saat hingga halaman menampilkan hasil compress video. Simpan video berukuran kecil yang telah tersedia pada halaman Clideo.

Demikianlah penjelasan 5 cara memperkecil ukuran video di Android tanpa aplikasi dengan mudah. Berkas yang ringan pada video akan memberikan kemudahan ketika berbagi. Bahkan pengiriman lewat bluetooth juga akan berlangsung lebih cepat. Akan tetapi, compress video secara berlebihan juga dapat menurunkan kualitas gambar yang dihasilkan pada video.

 

Leave a Reply