Intip Cara Agar Laptop Tidak Lemot Windows 10 Paling Ampuh

By | May 6, 2021
cara agar laptop tidak lemot Windows 10

Laptop lelet seringkali menjadi masalah yang menjengkelkan, terutama ketika melakukan pekerjaan dan belajar. Permasalahan tersebut terjadi karena beberapa faktor, seperti banyak aplikasi, sistem yang sudah lama, dan sebagainya. Ada sejumlah cara agar laptop tidak lemot Windows 10 untuk dipraktekkan langsung secara cepat dan mudah.

Pengguna bahkan tidak perlu menginstall aplikasi pendukung untuk melakukannya. Cukup mengakses menu pengaturan di laptop dan pilih sesuai prosedur yang dibutuhkan. Langkah sederhana tersebut dinilai efektif dan berpengaruh pada kinerja perangkat, sehingga tidak lelet dan lebih cepat.
Sering bermasalah dengan PC lambat? Simak ulasan tentang cara agar laptop tidak lemot Windows 10 selengkapnya wajib diketahui berikut:

Mengenal Operating System Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi diciptakan oleh Microsoft menggantikan seri 8 yang memiliki banyak kekurangan. Sistem ini bahkan kompatibel untuk semua jenis gawai, seperti laptop, komputer, tablet, serta smartphone. Tampilan dekstop dihadirkan tidak jauh berbeda dengan Windows 8.

Sistem canggih ini dibekali oleh DirectX 12 versi baru agar meningkatkan efisiensi dalam mengurangi kerja CPU serta grafis overhead lebih bagus. Platform ini dirilis dalam beberapa edisi antara lain Windows 10 Pro, Home, Education, serta Enterprise yang disesuaikan dengan kebutuhan tertentu.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Windows 10 Paling Mudah

Crash serta booting lama menjadi masalah yang kerap terjadi di PC dan laptop. Gangguan ini bisa membuat kegiatan pengguna menjadi terhambat. Inilah sejumlah cara yang wajib disimak berikut.

1. Lakukan Restart

Cara agar laptop tidak lemot Windows 10 yang pertama adalah restart atau menyalakan ulang supaya menghentikan operasi sistem sementara. Sistem tersebut dilengkapi dengan Fast Startup dengan tujuan mempercepat laptop lambat. Fitur tersebut dapat menghapus sampah seperti memori yang tidak memerlukan background process, sehingga laptop dapat refresh kembali.

2. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Menginstall aplikasi terlalu banyak di laptop bisa menyebabkan crash atau booting lama. Pengguna bisa menghapus aplikasi tidak penting karena hanya akan membuat harddisk penuh. Menguninstall program yang tidak perlu dapat memperbaiki kinerja lemot pada laptop dan PC.

BACA JUGA :  6 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows 10

Meng Uninstall aplikasi di Windows 10 tersebut cukup mudah yaitu buka menu Control Panel dan pilih Programs. Sesudah mengklik pilihan tadi, muncul opsi Program and Features berisi daftar software yang dipakai pada laptop. Jika telah memilih aplikasi yang akan dihapus, pengguna tinggal klik opsi Uninstall a Program.

3. Mengatur Ulang Daya

Mengatasi laptop dengan Windows 10 yang lambat ternyata dapat dilakukan dengan mengganti setting daya pada baterai. Pengguna dapat melakukan pengaturan ulang melalui Control Panels lalu tekan opsi System and Security. Selanjutnya, klik Power Options untuk mengatur daya pada laptop. Kemudian, cobalah klik menu additional plans memilih pengaturan High Performance.

4. Mengecek Aplikasi Saat Proses Booting

Kendala-kendala yang sering dialami oleh pengguna Windows 10 yaitu proses booting lambat. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh aplikasi yang bekerja secara otomatis ketika laptop dihidupkan. Pengguna bisa membatasi program yang muncul ketika booting berlangsung.

Pengguna dapat menerapkan cara agar laptop tidak lemot Windows 10 dengan mengaktifkan Startup. Bukalah menu Task Manager kemudian pilih opsi Startup untuk menerapkannya. Menggunakan fitur tersebut dapat mempengaruhi performa perangkat menjadi anti lelet.

5. Memperbarui Sistem Windows 10

Apabila software yang dijalankan pada perangkat terasa lambat maka sistem Windows 10 butuh diperbarui. Mengupdate sistem tersebut diperlukan untuk memperbaiki aplikasi serta bug, serta menambah sejumlah fitur terbaru. Tips ini cukup diandalkan mencegah masalah lelet serta membuat sistem semakin efisien ketika diterapkan.

6. Hindari Penggunaan Special Effects

Sistem Windows 10 menghadirkan tampilan keren melalui pilihan efek serta animasi. Tampilan PC dilengkapi special effects membuatnya lelet ketika digunakan. Tips menonaktifkan fitur ini, cukup klik Control Panel dengan pilihan System and Security. Kemudian, klik opsi System lalu pilih Advanced system settings.

Sesudah mengikuti petunjuk tersebut, Pengguna akan diarahkan ke tab dengan opsi Performance. Disini pengguna dapat mengatur pilihan special effects atau animasi yang akan dimatikan.

Demikian ulasan mengenai cara agar laptop tidak lemot Windows 10 yang dapat diterapkan dengan efisien dan mudah. Masalah lelet dapat diatasi melalui menginstall program seperlunya serta memperbarui sistem secara berkala. Pastikan untuk mengikuti prosedur dengan benar sebelum menerapkannya langsung pada PC dan laptop.

 

One thought on “Intip Cara Agar Laptop Tidak Lemot Windows 10 Paling Ampuh

  1. Pingback: Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Di Laptop Windows 10

Leave a Reply