Unik dan Kreatif, Inilah Aplikasi Membuat Video Pembelajaran Di Pc Wajib Dicoba

By | May 4, 2021
Aplikasi Membuat Video Pembelajaran Di Pc

Membuat materi yang menarik untuk anak-anak bukan perkara mudah, pasalnya guru harus lebih kreatif dan inovatif untuk mewujudkannya. Salah satu contohnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi membuat video pembelajaran di pc. Selain mudah dilakukan, hasil videonya pun terbilang cukup menarik perhatian siswa loh. Beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa dicoba adalah sebagai berikut, yaitu antara lain:

1. Videoscribe

Aplikasi ini terbilang sangat populer di bidangnya, pasalnya sudah banyak video pembelajaran yang dibuat hanya dengan menggunakan media satu ini. Pengajar bisa menggambar atau menyajikan gambar seolah-seolah digambar secara nyata menggunakan spidol. Sehingga tampilan video jadi lebih unik dan nampak menarik dibandingkan lainnya.

Untuk membuatnya pun tidak perlu khawatir kesulitan dalam menjalankannya. Aplikasi ini memiliki tampilan yang simpel dan juga mudah dioperasikan oleh siapapun termasuk pemula. Jadi, apakah tertarik membuat video menggunakan Videoscribe satu ini?

2. Filmora

Tidak hanya Videoscribe saja, namun ada pula Filmora yang menjadi favorit banyak movie maker maupun editor video. Aplikasi membuat video pembelajaran di pc satu ini bisa dibilang sangat simpel dan mudah digunakan, apalagi sentuhan efek maupun fitur menariknya dapat mengubah video biasa menjadi lebih menarik loh.

Berbagai efek editing seperti font, warna, animasi, musik atau lagu yang bisa ditambahkan dapat dipilih secara mudah sesuai keinginan. Bahkan menariknya, baik pemula maupun senior bisa menggunakan aplikasi ini tanpa perlu mengalami hambatan loh. Dijamin membuat video pembelajaran kini bukan perkara sulit karena Filmora sangat mudah digunakan.

3. Kinemaster

Menjadi salah satu aplikasi edit video paling populer di PC maupun Android, Kinemaster memiliki ruang tersendiri di hati penggunanya. Apalagi bagi seorang pengajar, aplikasi ini cukup mudah dioperasikan dan memiliki berbagai macam fitur menarik yang dapat digunakan.

Fitur yang kerap kali dipakai adalah seperti efek editing, mulai dari sistem transmisi, gambar, musik, font dan lain sebagainya. Sehingga editan video untuk pembelajaran jadi lebih menarik dan tampilannya tidak membosankan. Anak-anak pun jadi lebih mudah menyerap informasi yang ada.

BACA JUGA :  5 Cara Memperkecil Ukuran Video di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

4. VivaVideo

Ingin membuat video yang agak kompleks namun tetap mudah dibuat hanya bermodalkan aplikasi ringan? kini para pengajar bisa mengandalkan VivaVideo untuk menyiasati hal tersebut. Berbagai keperluan untuk editing video pun sudah tersedia dan bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran lebih menarik.

Uniknya, hasil video pun bisa langsung dibagikan ke berbagai media sosial yang ada, seperti YouTube, TikTok, Instagram, bahkan Twitter sekalipun loh. Video materi maupun presentasi yang dibuat jadi bisa diterima oleh khalayak umum dan menambah pengetahuan bagi orang yang menontonnya.

5. YouCut

Ada pula YouCut yang cukup populer di kelasnya, dimana menjadi salah satu favorit para editor video. Hal ini dikarenakan fiturnya yang menarik dan bisa menambahkan berbagai efek agar videonya semakin menarik.

Penggunaannya pun juga tidak akan merasa kesusahan karena tampilannya simpel dan beberapa efeknya bisa digunakan secara mudah sesuai kebutuhan. Bahkan efek dan suara latar menjadi keunggulannya tersendiri untuk membuat video kreatif dan inovatif mungkin berbeda dibandingkan lainnya.

6. Ms Power Point

Namun apabila merasa kesusahan dengan berbagai aplikasi membuat video pembelajaran di pc yang ada, maka pengajar atau pendidik bisa memanfaatkan Ms. Power Point yang sudah ada sebelumnya. Kini tanpa menginstall pun, maka bisa membuat video menarik dan juga efektif.

Hal yang perlu dilakukan adalah hanya dengan menyiapkan materi, mengunduh template power point, dan memasukkan beberapa efek musik pada dokumen. Dijamin pembelajaran pun jadi lebih menyenangkan dan meningkatkan minat belajar siswa dengan baik. Untuk mendapatkan inspirasi desain, maka berbagai contohnya di YouTube bisa menjadi pilihan tepat.

Demikian beberapa aplikasi membuat video pembelajaran di pc yang seringkali digunakan oleh guru atau pengajar di sekolah yang tentunya dapat dijadikan referensi. Selain itu dengan adanya video materi pelajaran yang lebih menarik, maka minat belajar pun jadi lebih meningkat dan anak-anak semakin semangat. Jadi pastikan untuk selalu berinovasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dalam membuat video untuk pembelajaran. Selamat mencoba.

Leave a Reply