10 Aplikasi Membuat Curriculum Vitae Gratis untuk Pengguna Smartphone

By | May 4, 2021
Aplikasi Membuat Curriculum Vitae Gratis

Curriculum vitae sangat dibutuhkan jika seseorang ingin melamar sebuah pekerjaan. Pemberi kerja akan mengenal seorang pelamar dan menentukan kelayakannya terhadap sebuah posisi menggunakan dokumen ini. Saat ini sudah ada beberapa aplikasi membuat curriculum vitae gratis bagi pengguna smartphone. Aplikasi seperti ini memudahkan pelamar kerja untuk mendesain curriculum vitae berkualitas dengan cepat.

Sebuah curriculum vitae (CV) perlu menampilkan informasi yang penting mengenai pelamar kerja. Informasi tersebut harus relevan, terutama dengan posisi yang dilamar. Selain itu, tampilannya juga harus menarik dan memudahkan pemahaman recruiter.

Memiliki aplikasi yang bisa membantu seseorang untuk membuat CV dengan mudah dan cepat tentunya akan sangat membantu. Berikut merupakan beberapa aplikasi yang direkomendasikan oleh banyak pengguna smartphone:

1. Resume Star

Aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk pengguna Android dan iOS saja, namun juga pengguna desktop computer. Terdapat 16 template yang ditawarkan dan bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain membuat CV, aplikasi ini juga membantu pengguna untuk menyusun portofolio online dan cover letter.

2. Aristoz

Aristoz disediakan secara cuma-cuma bagi para pengguna smartphone Android. Keunggulan dari aplikasi ini dibandingkan dengan aplikasi lainnya yang memiliki fungsi sama adalah UI yang bersifat lightweight. Ketika menggunakan Aristoz, smartphone tidak akan mengalami kelambatan fungsi dan masih bisa beroperasi dengan normal. Dengan begitu proses membuat CV menjadi lebih cepat.

3. Resume Builder

Aplikasi ini didesain spesifik untuk pengguna Android di luar sana. Banyak sekali template CV atau resume yang dapat digunakan secara cuma-cuma di dalamnya. Hal menarik lainnya adalah fitur intelligent writing yang ditawarkan. Fitur ini membantu pengguna untuk menulis CV dengan lancar terutama ketika mereka mengalami hambatan ide.

4. CV Engineer

Fakta menarik mengenai aplikasi membuat curriculum vitae gratis ini adalah pengembangnya dahulu merupakan seorang recruiter. Karena itu, pengguna dapat dengan tenang menggunakan aplikasi tersebut sebab tentunya CV yang dihasilkan akan memenuhi standar kualitas. Pengguna bisa menyimpan file untuk setiap bagian sehingga memudahkan proses review.

BACA JUGA :  Terbukti! Ini 6 Aplikasi Penghemat Baterai dan Pengisian Cepat Terhitz 2021

5. Resume

Seperti namanya yang cukup sederhana, aplikasi yang populer ini membantu pengguna membuat CV dengan cepat dan mudah. UI-nya disebut sebagai salah satu yang mudah digunakan. Aplikasi ini juga sering sekali diperbarui oleh developer-nya. Pembaruan aplikasi ini membuat CV yang dihasilkan lebih up-to-date dengan perkembangan industri.

6. CV Maker

Pengguna yang menginginkan proses pembuatan CV-nya praktis dan cepat pasti akan mengapresiasi aplikasi ini. Dengan memilih template yang sesuai kemudian mengisi data yang diperlukan sesuai petunjuk template, CV akan jadi hanya dalam beberapa menit. Tidak hanya itu, hasil desain CV dapat diunduh dalam format PDF.

7. Resumaker

Aplikasi pembuat CV ini merupakan aplikasi yang sifatnya sangat inklusif. Tidak hanya pekerja yang masih dalam level bawah saja yang bisa menemukan template CV bagus. Seorang eksekutif juga dapat membuat CV berkualitas dengan aplikasi ini. Terlebih lagi, Resumaker disediakan untuk pengguna Android dan iOS.

8. Canva

Canva tidak secara spesifik memasarkan diri sebagai aplikasi membuat curriculum vitae gratis. Akan tetapi, aplikasi ini juga menyediakan template menarik untuk pembuatan CV. Pengguna hanya perlu mengisi informasi mengenai dirinya serta foto jika template membutuhkannya. Canva juga dapat digunakan di PC apabila pengguna lebih mudah menavigasi interface yang lebar.

9. CV & Resume Creator

Customization merupakan kelebihan dari aplikasi ini. CV & Resume Creator menyediakan ragam template yang dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma. Selain itu, pengguna dapat melakukan customization lebih lanjut seperti dengan perubahan font hingga warna. UI aplikasi ini juga cukup sederhana dan tidak memberatkan sistem smartphone.

10. Easy Resume Builder

Aplikasi ini terutama sangat disarankan untuk orang yang baru sekali itu membuat CV atau resume. Aplikasi buatan Technokit tersebut dirancang untuk memiliki UI yang sederhana dan interaktif sehingga tidak sulit digunakan. Selain itu, template yang ditawarkan juga cenderung sederhana sehingga pengguna dapat membuat CV dengan lebih efisien.

Menyusun lamaran kerja yang menarik dengan bantuan aplikasi membuat curriculum vitae gratis tentunya memudahkan pekerjaan pelamar. Meskipun begitu, pelamar tetap disarankan untuk melakukan riset terhadap perusahaan yang dituju. Hal tersebut akan membantunya melakukan customization CV agar lebih sesuai dengan standar perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *