Cara Menghilangkan Noise pada Audio di Android; Kombinasi Aplikasi dan Proses Rekaman

By | May 3, 2021
Cara Menghilangkan Noise pada Audio di Android

Ketika menggunakan smartphone Android untuk mendengarkan file suara atau video sendiri, terkadang suara yang keluar tidak terdengar jernih. Hal ini dapat terjadi karena adanya noise pada sistem audio smartphone. Pengguna Android banyak yang mencari cara menghilangkan noise pada audio di Android untuk menghindari ketidaknyamanan ini.

Noise dapat diartikan sebagai suara-suara yang tidak diharapkan terdengar di dalam sebuah file audio. Biasanya noise muncul dalam bentuk desisan atau dengungan yang pastinya tidak terdengar nyaman di telinga. Ketika membuat rekaman suara dengan menggunakan smartphone, noise dapat diminimalisir untuk membuat kualitas audio menjadi lebih jernih.

Melakukan Instalasi Aplikasi Pengatur Noise

Cara menghilangkan noise pada audio di Android yang paling mudah dan efektif adalah melakukan instalasi aplikasi pendukung. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu mengurangi noise dalam audio pengguna Android:

1. Safe Headphones

Tujuan utama aplikasi ini sesungguhnya adalah untuk penggunaan headphone yang lebih aman. Fungsinya adalah dengan membuat background noise tetap terdengar meskipun pengguna mendengarkan musik dengan headphone. Namun, aplikasi ini juga dilengkapi oleh fitur noise filtering. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menurunkan volume noise hingga minimum.

2. Noise Killer

Interface aplikasi ini cukup sederhana namun sangat jelas protokolnya. Noise Killer terutama canggih dalam mendeteksi suara asing seperti suara kendaraan maupun percakapan manusia lain. Pengguna dapat menurunkan desibel suara tersebut di dalam audio mereka dengan menekan tombol. Selain itu, aplikasi ini tetap bisa berjalan meskipun layar smartphone tidak menyala.

3. Urban Denoiser

Ketika mendengarkan musik sambil bekerja, orang-orang ingin tetap bisa berkonsentrasi penuh. Urban Denoiser membantu melakukan tugas ini karena fitur-fiturnya mampu memilah komponen suara dalam sebuah file audio. Berkat fitur tersebut, pengguna juga dapat melakukan noise filtering untuk audio rekamannya sendiri. Komponen suara yang utama akan terdengar semakin jelas dengan aplikasi ini.

4. Neutralizer

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang spesifik dirancang untuk perekam suara. Pada awal instalasinya, pengguna akan diminta untuk melakukan sebuah tes. Tes tersebut mengidentifikasi jenis noise apa yang paling menonjol menurut pendengaran pengguna. Ketika digunakan untuk merekam audio, aplikasi tersebut akan melakukan noise cancelling sesuai dengan karakteristik pengguna.

BACA JUGA :  Cara Mengatasi Instagram Error di Android 100% Berhasil! Ini

5. Parrot Zik

Aplikasi ini mendukung audio customization dengan cara melakukan breakdown terhadap komponen-komponen audio. Background noise akan terlihat dipisahkan dari suara utama yang direkam. Pengguna dapat melakukan noise filtering dengan cara menurunkan volumenya hingga batas terbawah. Suara utama juga dapat ditingkatkan volumenya untuk membuat audio semakin terdengar baik.

6. Noise Generator

Noise Generator bekerja berkebalikan dengan aplikasi lain dalam daftar ini. Aplikasi tersebut mendeteksi jenis noise yang muncul dan memungkinkan pengguna untuk mengatur noise tersebut. Cara menghilangkan noise pada audio di Android dengan aplikasi ini adalah menurunkan volume untuk masing-masing jenis noise. Hasilnya adalah audio yang lebih kohesif.

7. myNoise

Aplikasi myNoise mampu membantu pengguna untuk melakukan filter terhadap noise yang dideteksi dalam rekamannya. Aplikasi ini sangat membantu pengguna di dalam memproduksi audio berkualitas baik. Tambahan lagi, pengguna juga dapat mengganti noise yang mengganggu di dalam audio dengan noise lain yang lebih cocok. Editing ini biasanya tergantung dengan konsep rekaman.

8. Sound Amplifier

Aplikasi ini sangat mendukung pengguna yang ingin meningkatkan kualitas audio rekamannya. Proses customization menjadi mudah karena aplikasi mendeteksi komponen suara utama dan background noise. Pengguna dapat dengan mudah meningkatkan volume untuk suara utama dan mengurangi volume background nice. Ketika melakukan editing dengan aplikasi ini, penggunaan headphone sangat disarankan.

Cara Lain untuk Mendukung Aplikasi

Untuk mendukung aplikasi yang sudah diinstal, pengguna Android dapat melakukan strategi lain guna meningkatkan kejernihan audio. Cara menghilangkan noise pada audio di Android adalah mencari ruangan yang cukup tenang dengan sedikit suara mengganggu saat membuat rekaman. Selain itu, pengguna smartphone bisa menggunakan microphone agar suara yang direkam semakin terdengar jelas.

Teknologi terbukti bisa membantu pengguna yang ingin memproduksi audio dan video dengan kualitas tinggi. Menggabungkan app dengan proses rekaman yang baik dapat membuat file yang dibuat semakin berkualitas. Tips ini berguna tidak hanya untuk orang yang bekerja sebagai content creator saja, namun juga profesi lainnya seperti surveyor.

Leave a Reply