Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memory Card Android dengan Aplikasi

By | May 2, 2021
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memory Card Android

Kartu memori merupakan salah satu komponen dari HP yang sangat penting. Dengan kartu kecil ini, pengguna bisa menambah memori HP dan menyimpan lebih banyak dokumen maupun foto. Namun, tidak jarang, data yang ada di dalam kartu hilang secara sengaja maupun tidak. Jika mengalami hal yang sama, maka pelajari cara mengembalikan file yang terhapus di memory card android.

Kini, ada banyak cara dan aplikasi yang dapat melakukan recovery secara cepat. Hanya dengan beberapa langkah mudah, para pengguna bisa mendapatkan datanya kembali tanpa perlu ke tukang servis. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara untuk mendapatkan kembali data yang terhapus:

1. Mengunduh EaseUS Data Recovery

EaseUS MobiSaver dikenal sebagai aplikasi terbaik yang mampu mengembalikan semua jenis file. Aplikasi ini juga mampu digunakan untuk semua jenis kartu memori mulai dari Micro SD hingga SHDC card yang mungkin tidak banyak digunakan. Namun, untuk bisa mendapatkan datanya kembali, pengguna harus menggunakan laptop untuk menginstall aplikasi EaseUS Data Recovery.

Setelah berhasil mengunduh dan menginstall software, sambungkan juga ponsel ke PC dengan menggunakan kabel atau card reader. Selanjutnya, bukalah aplikasi dan pilihlah lokasi tempat penyimpanan data yang hilang. Klik scan dan kemudian software akan menunjukkan data-data yang ada sebelumnya.

2. Menginstal EaseUs MobiSaver

Bagi yang tidak memiliki PC dapat mengunduh EaseUS MobiSaver secara gratis pada HP masing-masing. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengembalikan berbagai macam data, mulai foto hingga history telpon dan sms. Jika ingin peluang recovery yang lebih maksimal, maka pastikan HP memiliki root.

Ketika membuka aplikasi, pengguna akan melihat jenis data yang bisa dikembalikan oleh aplikasi. Pilih salah satu jenis data, lalu akan muncul data-data yang sudah pernah dihapus sebelumnya. Jika ada, maka pilihlah yang diinginkan dan tekan tombol recovery pada bagian tengah atau kanan bawah.

3. Mengembalikan Kontak Dengan Google Contact

Google menyediakan banyak fitur back up untuk mengantisipasi data yang hilang sebagai pilihan cara mengembalikan file yang terhapus di memory card android. Khusus untuk kontak yang hilang, cobalah menggunakan Google Contact. Yang perlu dilakukan hanyalah mengunjungi Google Contact baik melalui PC maupun HP dan klik restore contact. Kemudian, seluruh kontak yang hilang akan kembali dengan otomatis.

Namun, untuk bisa menggunakan fitur ini, pastikan sudah memiliki dan telah login ke dalam email. Jadi, semua kontak yang ada pada HP akan otomatis tersimpan ke dalam Google Contact juga. Untuk memastikan kontak baru juga ikut tersimpan dalam fitur ini, maka lakukan synchronize secara rutin. Dengan begitu, semua kontak dapat tersimpan secara rutin pada Google Contact.

4. Mengembalikan Foto Dengan DiskDigger

Bagi yang baru saja menghapus foto mantan di HP lalu ternyata sekarang balikan, tenang saja, foto-foto tersebut bisa kembali dengan DiskDigger. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, DiskDigger hanya bisa melakukan recovery foto saja baik yang lama maupun yang baru.

Untuk mendapatkan foto si doi kembali, maka bukalah aplikasi pada ponsel. Pada saat yang bersamaan, aplikasi akan bekerja dan melakukan scanning terhadap isi kartu dan HP. Setelah beberapa menit, akan muncul gambar-gambar yang sudah pernah dihapus beserta tanggalnya. Pilihlah foto yang diinginkan lalu simpan kembali ke kartu memori ponsel. Untuk memastikan foto telah kembali, jangan lupa untuk dicek di gallery.

Meskipun tidak selalu berhasil, namun aplikasi recovery mampu mengembalikan sebagian besar data yang telah terhapus. Jika ingin data kembali, maka segera mencarinya kembali tidak lama setelah terhapus. Semakin lama waktu data terhapus, maka akan semakin susah untuk mengembalikanya.

Namun, untuk menghindari kehilangan data, ada baiknya setiap orang menyimpan kembali data-data yang ada kartu memori pada PC atau akun Google. Dengan begitu, jika ada data yang terhapus atau menghilang mendadak, data bisa didapatkan dengan lebih cepat.

Usahakan untuk tetap memiliki salah satu aplikasi diatas untuk proses recovery yang cepat. Pelajari pula cara mengembalikan file yang terhapus di memory card android untuk memudahkan proses. Dan jika jumlah data yang ingin dikembalikan tidak banyak, maka unduh aplikasi melalui HP saja. Namun, jika jumlahnya banyak dan ukurannya cukup besar, maka sebaiknya menggunakan PC.

 

BACA JUGA :  Ini 6+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Cepat dan Mudah!

 

Leave a Reply