Kenali Sejumlah Perbedaan Samsung A31 dan M31

By | April 30, 2021
Perbedaan Samsung A31 dan M31

Lebih dari setahun sejak diluncurkan pada Maret 2020 silam, membuat gaung dua produk Samsung A31 dan M31 masih ramai dibicarakan. Masih banyak pecinta gadget yang begitu penasaran dengan perbedaan Samsung A31 dan M31 yang fenomenal ini. Terlebih, saat melihat namanya yang nyaris serupa membuat banyak pecinta gadget terpancing untuk membandingkan keduanya.

Sebenarnya apa saja perbedaan paling mencolok antara keduanya? Adakah perbedaan Samsung A31 dan M31 ini, memiliki pengaruh pada kemampuan pengoperasiannya? Lalu bagaimana dengan harga yang dibanderol Samsung pada dua produk unggulan ini? Sebaiknya simak ulasan menarik berikut! Karena setiap jawaban dari pertanyaan tersebut akan diuraikan secara lengkap di bawah ini:

Perbedaan Spesifikasi Bawaan

Membicarakan tentang perbedaan Samsung A31 dan M31 tentu tidak bisa lepas dari perhatian atas spesifikasinya. Pasalnya, spesifikasi dapat dijadikan sebagai patokan dasar untuk membandingkannya, seperti berikut ini:

1. Jenis Chipset yang Ditanam

Perangkat paling penting bagi setiap gadget untuk menjalankan performanya ini, menjadi indikasi perbedaan pertama yang amat mencolok. Bisa dilihat, dari adanya spesifikasi bawaan chipset  Samsung A31 yang telah memakai  jenis unggulan Helio PG5 (12nm). Tentunya, ini lebih unggul dibandingkan dengan Samsung M31 yang masih dibekali dengan Exynos 9611 (10 nm) pada perangkat chipsetnya.

2. Kelengkapan Layar Ponsel

Kedua, perbedaan ini terdapat pada bagian layar yang jika diamati sepintas nampak serupa. Ini karena kedua gadget unggulan ini sama-sama telah mengusung teknologi kekinian Super Amoled yang mempesona. Hanya saja untuk resolusi A31 dengan 1080 x 3400P dan rasio  layar 20:9 lebih diunggulkan dari versi M31 yang punya resolusi 1080 x 2340P dengan rasio 19.5 :9.

3. Kamera Primer

Menyoal kamera primer yang ditanamkan Samsung, tampaknya menjadi keunggulan bagi M31. Ini karena spesifikasi kamera primer di gadget Samsung ini telah mengusung empat jenis kamera dengan kekuatan 64 MP, 5 MP, 5 Mp, dan 8 MP. Sedikit lebih optimal untuk fotografi daripada Samsung A31 yang memiliki empat kamera dengan kekuatan masing-masing 48 MP, 5MP, 5MP, 8 MP.

BACA JUGA :  Ketahui Perbedaan Samsung A31 Dan A51 Dan Tips Memilihnya

4. Sokongan Selfie Kamera

Bicara lebih lanjut soal fitur kamera, tentu sebagai manusia modern tidak bisa mengabaikan kelengkapan yang satu ini. Ternyata, setelah disimak mendalam, untuk urusan kamera Selfie,  lagi-lagi Samsung M31 lebih diuntungkan daripada jenis A31. Khususnya, setelah menyimak spesifikasi kamera selfie M31 yang berkekuatan 32 MP, lebih halus dari A31 yang berkekuatan hanya 20MP.

5. Perlindungan Sidik Jari Handal

Sebenarnya, kedua gadget unggulan Samsung ini sama-sama telah dibekali dengan fitur keamanan berupa sensor sidik jari pada spesifikasinya. Hanya, bentuk pengaplikasian sensor saja yang  nampak menunjukkan adanya perbedaan. Yakni A31 lebih mutakhir karena sensor terletak di bagian under display, sedang M31 masih sedikit ketinggalan dengan sensor yang berada di belakang ponsel.

6. Daya Simpan Baterai

Keenam, ada baiknya juga membedakan kedua gadget ini dari ketersediaan daya simpan baterai yang ditanam oleh vendor Samsung. Sebetulnya, keduanya telah sama-sama memiliki daya simpan baterai yang cukup lapang untuk memenuhi banyak kebutuhan multimedia pengguna. Tetapi, kapasitas daya simpan A31 sedikit lebih kecil yakni 5000 mAh, dibanding M31 yang memiliki baterai 6000 mAh.

7. Konsep Pewarnaan Ponsel

Terakhir, namun tidak kalah menarik untuk dijadikan pembanding adalah pilihan yang diusung kedua ponsel ini. Nampaknya, A31 yang memiliki 3 konsep, lebih terasa sentuhan kekiniannya karena penamaan keren seperti Ocean Blue, Red, dan Space Black. Hal ini cukup kontras dengan M31 yang penamaanya sederhana layaknya PC Black, White, Red, dan Blue.

Beda Harga Kedua Ponsel

Sesudah mengetahui perbedaan Samsung A31 dan M31 dari spesifikasinya, maka sekarang adalah saat paling tepat untuk mengintip harganya. Pertama, bagi pengincar gadget yang tergiur dengan spek A31, bisa mendapatkannya dengan membayar 4 jutaan. Sedang, bagi pengincar A31 hanya cukup membayar senilai 3,7 jutaan saja, untuk setiap performa andal dari produk buatan Samsung ini.

Informasi terkait harga di atas, tampaknya telah melengkapi sajian pembahasan terkait perbedaan Samsung A31 dan M31 ini. Bagaimana, setelah mengetahui perbedaan dari segi spesifikasi dan harga, tidakkah tertarik untuk memilikinya? Jika memang ketertarikan tersebut ada, sebaiknya jangan buang-buang waktu! Segera miliki dua produk andal ini sebelum habis terjual di pasaran!

Leave a Reply