Perbedaan Samsung A30 dan A30S yang Wajib Dicermati

By | April 26, 2021
Perbedaan Samsung A30 dan A30S

Awal tahun 2019, tepatnya bulan Februari, Samsung membuat gebrakan dengan meluncurkan A30 ke pasaran untuk kali pertama. Menariknya, selang enam bulan kemudian, vendor ini seolah mencipta pembaruan produk canggih tersebut dengan merilis versi A30S. Hingga membuat penikmat gadget penasaran dengan perbedaan Samsung A30 dan A30S, baik spesifikasi maupun harganya.

Kira-kira, benarkah pembaruan tersebut diterapkan Samsung pada A30S atau hanya berubah nama saja? Lalu, adakah perbedaan Samsung A30 dan A30S yang dirasa signifikan baik dari segi spesifikasi ponsel maupun banderol harga yang ditawarkan? Daripada terus menerus dibuai penasaran, maka ada baiknya untuk membaca ulasan berikut ini dengan seksama!

Perbedaan dalam Spesifikasi

Usut punya usut, walau keduanya diluncurkan pada rentang waktu tidak terlampau jauh, pengguna bisa menemukan perbedaan A30 dan A30S yang signifikan. Terlebih pada sejumlah komponen penting ponsel yang disebutkan di bawah ini:

1. Konsep Desain yang Diusung

Meskipun memiliki dimensi berukuran panjang 158,5 mm, tebal 7,7 mm, dan lebar 74,5 mm, nyatanya konsep dua ponsel ini berbeda. Terutama, terlihat perbedaan Samsung A30 dan A30S dari segi penamaan warna. Sebagai pendahulu nama A30 cenderung sederhana yakni Blue, White, dan Black. Sedang A30S kekinian dengan Prism Crush White, Green, dan Blacknya.

2. Kelengkapan Dapur Pacu

Selanjutnya, perbedaan yang begitu kentara pada gadget ini adalah pada spesifikasi dapur pacu, khususnya komponen chipset yang ditanam Samsung. Chipset ini sangat menentukan kinerja pada sebuah perangkat gadget sehingga tidak boleh diabaikan begitu saja. Karena semakin baiknya perangkat chipset maka kinerja dapur pacu pada sebuah ponsel akan semakin andal, begitupun sebaliknya.

Untuk urusan chipset ini, nampaknya Samsung A30 sedikit lebih mengungguli versi A30S. Pasalnya pada gadget canggih ini telah tertanam chipset bertipe Exynos 7904 (14nm). Ini cukup berbeda dengan A30S yang masih memakai Exynos 7885 (14nm). Tentu ini cukup berdampak pada kinerja A30S yang lebih lincah daripada A30 saat bekerja.

BACA JUGA :  5 Cara Agar iPhone Tidak Lemot Saat Digunakan

3. Jenis Layar yang Dipakai

Menyoal segi kelengkapan layar yang dipakai, kedua gadget ini telah dilengkapi dengan teknologi layar andal dan kekinian, Super Amoled. Sayangnya, meski begitu mirip, pengguna akan terkejut saat melihat resolusi yang berbeda dari keduanya. A30 yang memiliki kemampuan resolusi 1080 x 2340 pixel jauh lebih unggul dari A30S yang hanya beresolusi 720 x 1560 pixel.

4. Keandalan Kamera Utama

Kemudian, dari kelengkapan kamera utama pada kedua ponsel ini juga nampak perbedaan yang kontras. Sebagai versi terdahulu, Samsung A30 memiliki spek kamera utama lebih rendah dengan kekuatan hanya 16 MP dan 5 MP. Jauh berbeda dengan A30S yang menakjubkan, pasalnya dibekali triple kamera utama mumpuni yang punya kekuatan 25 MP, 5 MP, dan 8 MP.

5. Sensor Fingerprint

Kehadiran fitur ini pada ponsel sangat bermanfaat untuk melindungi banyak data pribadi pengguna. Keduanya, sebenarnya sama-sama dibekali dengan kecanggihan ini, hanya saja ditanamkan pada tempat berbeda. Jika pada A30 sensor ditanam di bagian belakang ponsel maka pada Samsung A30S kecanggihan tersebut ditanam di layar dengan konsep sidik jari under display.

6. Slot Eksternal Tersedia

Baik A30 maupun A30S sebenarnya telah memiliki ruang simpan internal yang besar yakni 64 GB. Namun, kebutuhan masyarakat modern semakin kompleks, hingga memerlukan slot eksternal. Pada komponen inilah yang membedakan keduanya, A30 memiliki pilihan eksternal hingga 1TB sedangkan pada A30S besaran daya simpan eksternal tersebut hanya mencapai maksimal 512 GB.

Harga Terbaru Samsung A30 dan A30S

Soal harga, sebenarnya baik Samsung A30 maupun Samsung A30S tidak terlalu mahal. Yaitu hanya dengan banderol sekira 3,4 jutaan untuk Samsung A30 dan 3,3 jutaan untuk versi Samsung A30S. Tentunya, harga ini sangat pas di kantong, mengingat akan ada banyak keunggulan dari produk buatan vendor Samsung yang teruji kualitasnya ini.

Bagaimana? Setelah mengetahui perbedaan Samsung A30 dan A30S yang telah dijabarkan secara rinci di atas, sudahkah menjatuhkan pilihan? Jika sudah, sebaiknya lekas beli di gerai terdekat, karena kecanggihan ini sudah menanti untuk dimiliki. Terlebih, dengan penawaran harga murah serta spesifikasinya yang mewah, tentu gadget ini mudah habis di pasaran!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *