7 Aplikasi Perekam Layar PC Ringan Gratis Terbaik

By | April 26, 2021
Aplikasi Perekam Layar PC Ringan

Kini, aplikasi screen record atau rekam layar dibutuhkan oleh banyak kalangan. Contohnya adalah bagi mahasiswa yang tidak bisa ikut kuliah online, bisa merekam kuliah online dan melihatnya di waktu lain. Nah, dibawah akan dijelaskan 7 aplikasi perekam layar PC ringan terbaik yang cocok untuk PC spek kentang:

1. Bandicam

Pada urutan pertama aplikasi perekam layar PC ringan adalah Bandicam, dari semua aplikasi, ini adalah yang paling populer. Pasalnya, keunggulan dari Bandicam sudah dibuktikan banyak orang. Tidak hanya merekam layar saja, aplikasi ini juga sekaligus bisa edit rekaman. Pengguna juga bisa mengatur sendiri besarnya bagian layar yang akan di record.

Bandicam juga memiliki hasil akhir yang berkualitas dengan resolusi 4K. Pada saat menyimpan hasil rekaman video, pengguna juga bisa memilih format yang diinginkan. Apakah hanya suara saja, original, maupun video saja tanpa suara.

2. TinyTake

Tentunya dari arti namanya sudah kelihatan bahwa aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil yaitu 50 mb. Walaupun ringan dan gratis, fitur didalamnya sangat beragam. Tidak hanya screen record, screen capture juga menjadi fitur lain yang tersedia. Jika ingin mengedit video rekaman dengan penambahan panah atau teks juga bisa.

Apabila pengguna menggunakan versi pro, proses perekaman bisa sampai 2 jam. Sedangkan versi gratisnya bisa merecord hingga 5 menit. TinyTake sangat recommended bagi pengguna dengan kebutuhan rekaman sedikit. Untuk tampilan yang user friendly lho!

3. WM Capture

Selanjutnya adalah WM Capture. Yang berbeda dari aplikasi lain adalah adanya fitur penjadwalan. Ini merupakan keunggulan menarik yang patut dicoba. Jadi dengan menggunakan fitur tersebut, proses record akan berjalan dengan sendirinya sesuai jadwal.

Apa lagi dari segi keluaran juga bermacam—macam formatnya. Ada AVI, MPEG, DVD, dan masih banyak lainnya. Hasil perekaman juga jernih dan jelas. Tersedia versi pro dan free trial. Jika ingin tanpa biaya maka bisa gunakan free trialnya ya!

4. ShareX

ShareX hadir dengan keunggulan tanpa biaya dan watermark. Dijamin tidak akan muncul iklan yang mengganggu proses screen record. Tak perlu ragu mencoba karena ShareX sudah terbukti berkualitas. Ketika merekam menggunakan ShareX, ukuran dan bentuk layar bisa diatur mulai dari kotak, bebas atau lonjong.

BACA JUGA :  Rekomendasi 10 Aplikasi Emoji iPhone di Android Terseru

Ingin menambah gambar pada rekaman layar atau tulisan sangat dimungkinkan. Selain itu, proses penggunaan tanpa batas dan watermark akan disuguhkan kepada pengguna. Memang, ShareX layak masuk daftar aplikasi perekam layar PC ringan terbaik.

5. OBS Studio

Pengguna pasti penasaran dengan aplikasi para youtuber gaming bukan? Yaps, OBS Studio jawabannya. Bagi yang memiliki PC dengan sistem Linux bisa memakai OBS Studio. Seperti aplikasi sebelumnya, OBS Studio juga memiliki hasil jernih memanjakan mata dan tentunya open source. Tidak hanya aktivitas merekam, pengguna bisa sekaligus editing suara dari rekaman layar.

6. Video Proc

Menjadi aplikasi multifungsi yaitu perekaman sekaligus pengeditan hadir pada Video Proc. Setelah rekam dan edit, bisa langsung dibagikan ke teman-teman pengguna. Untuk fitur editing tersedia opsi melimpah mulai dari dasar seperti potong atau tambah hingga pemberian efek dan penambahan subtitle.

Mengatur hasil rekaman menjadi lebih lambat ataupun lebih cepat juga ada fiturnya. Bisa dikatakan bahwa fitur edit Video Proc hampir sama dengan aplikasi edit video. Pada Video Proc menyediakan keluaran format hingga 350 lebih. Ini merupakan jumlah yang fantastis dan jarang ditemukan di screen record lain.

7. Camtasia

Aplikasi terakhir ini sangat direkomendasikan bagi kalangan mahasiswa atau pengguna yang sering melakukan rapat online. Banyaknya fitur mendukung seperti template presentasi akan memudahkan proses meeting pengguna. Aplikasi yang satu ini memiliki fitur paling banyak dan berkelas daripada yang lain.

Salah satu fitur berkelas yang tersedia adalah add caption, green screen, dan kursor emphasis menjadi keunggulannya. Jika ternyata hasil rekaman memiliki banyak noise, ada fitur yang bisa menghilangkannya. Camtasia benar-benar diciptakan tanpa kekurangan. Apabila ingin fitur lebih, pengguna bisa menggunakan versi pro. Tenang, Camtasia bisa digunakan gratis dengan free trial.

Itulah 7 aplikasi perekam layar PC ringan terbaik. Selain ringan, semuanya juga bisa digunakan secara gratis. Sudahkah pengguna mencoba salah satunya? Atau bahkan semuanya? Jika belum segera coba dan rasakan kemudahannya.

Leave a Reply