Cara Mengatasi Android Lemot Anti Badmood dan 100% Berhasil!

By | April 24, 2021
Cara Mengatasi Android Lemot

Smartphone android yang lemot tentu membuat penggunanya menjadi kesal dan mood ikut berantakan. Pekerjaan yang sedang digarap juga menjadi terasa lama dan tak kunjung selesai. Android yang lemot memang menguras banyak emosi, energi, sekaligus waktu. Ada cara mengatasi android lemot dengan mudah agar pemakai kembali good mood. Seperti apa caranya? Berikut ulasannya:

1. Kosongkan Ruang Memori

Memori penuh sesak merupakan penyebab smartphone android menjadi lemot. Terlalu banyak menyimpan aplikasi bahkan file-file membuat android menjadi lemot bahkan bisa terkena lag. Padahal aplikasi dan file-file tersebut jarang terpakai bahkan tidak berguna tapi masih saja tetap disimpan.

Cara mengatasi android lemot yaitu dengan mengosongkan ruang memori android. Pengosongan ruang dapat dilakukan dengan menghapus aplikasi dan file yang tidak berguna. Apabila seluruh aplikasi dan file tersebut masih dirasa berguna, pemakai dapat memanfaatkan eksternal SD. Eksternal SD akan membantu meringankan beban dari memori android.

2. Hindari Pemakaian Baterai Hampir Habis

Jadi dengan menghindari pemakaian baterai sampai habis merupakan cara mengatasi android lemot yang berikutnya. Kehandalan performa dapat menurun diakibatkan hal ini walaupun smartphone telah memakai prosesor tertangguh sekali pun. Smartphone yang terlalu lama digunakan akan membuat baterainya terkuras banyak apalagi memainkannya saat sedang di charge. Bisa-bisa baterai smartphone mengalami kebocoran.

Maka, hindari memakai smartphone hingga baterai hampir habis atau memainkannya saat sedang di charge. Ini membuat pemakaian baterai tidak normal dan lama-lama berdampak pada smartphone pengguna. Jadi, sangat penting menjaga baterai smartphone agar tetap sehat.

3. Perbarui Perangkat Lunak Android Berkala

Memperbarui perangkat lunak android secara berkala juga merupakan cara mengatasi android lemot milik pengguna. Tentunya dengan memperbarui perangkat lunak tersebut maka akan meningkatkan kinerja dari aplikasi dan bisa menghindari lemotnya smartphone.

Pastikan juga internal memori smartphone memiliki cukup ruangan. Jika tidak, maka smartphone android tak bisa memperbarui perangkat lunak sekaligus kembali lemot. Jadi, jangan sampai hal ini terjadi lagi dan install aplikasi-aplikasi penting saja.

4. Bersihkan Cache

Cache adalah data yang disimpan sementara dari aplikasi yang dipakai pengguna. Bertujuan agar memudahkan pengguna membuka aplikasi yang pernah digunakan tersebut. Memang memudahkan, namun ketika cache-nya terlalu banyak, maka menjadi ancaman untuk android. Ya, android akan menjadi lemot.

BACA JUGA :  Ini 6+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android Cepat dan Mudah!

Solusinya, jangan malas dan sering-sering melakukan pembersihan cache jika tidak ingin smartphone lemot. Melakukan pembersihan cache juga tidak berdampak besar terhadap aplikasi dan android yang digunakan sebelumnya. Jadi, santai dan tidak perlu khawatir.

5. Hapus Widget Kurang Berguna

Widget memang memudahkan ketika ingin membuka aplikasi tanpa membuka tab menu sekaligus mempercantik homescreen android. Namun, kenyataannya memiliki banyak widget di homescreen membuat smartphone menjadi lemot, lho. Ini diakibatkan semakin banyak widget makin penuh juga RAM android pengguna.

RAM yang sesak membuat kerja android menjadi lambat alias lemot minta ampun. Oleh karenanya, kurangi penggunaan widget yang tidak terlalu berguna dan memindah banyak aplikasi di homescreen. Untuk mengakses aplikasi biasakan memakai tab menu saja.

6. Matikan Sinkronisasi Beberapa Akun

Pasti banyak pemakai yang tak hanya memiliki satu akun di smartphone android. Mulai dari jejaring media sosial hingga aplikasi browser yang sangat berguna ketika mencari tahu sesuatu. Ternyata memiliki banyak akun tersinkronisasi dapat membuat android menjadi lemot, lho.

Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan cara mematikan atau menonaktifkan fitur sinkronisasi dari beberapa akun yang pemakai punya. Matikan sinkronisasi untuk beberapa akun aplikasi yang jarang dipakai. Nah, sebelum itu pemakai bisa memantau aplikasi mana yang jarang digunakan.

7. Hapus Latar Belakang Aplikasi

Sering membuka banyak aplikasi dalam jeda waktu yang singkat tanpa menghapus latar belakang setelah menggunakannya? Tentu saja ini membuat smartphone android menjadi lemot yang sering pengguna lakukan. Sama dengan widget, latar belakang juga memakan banyak RAM dan mengakibatkan android jadi lemot.

Karenanya, sangat penting untuk menghapus latar belakang aplikasi bila sudah tak digunakan. Ini akan membuat RAM android berkurang dan tidak sesak sehingga lancar ketika digunakan. Selain itu, latar belakang aplikasi juga menyedot banyak baterai, lho.

Itulah 7 cara mengatasi android lemot yang membuat pemakai kembali good mood dan 100% berhasil. Cukup mudah untuk diterapkan di android, bukan? Setelah android menjadi lancar, hindari hal-hal yang membuatnya menjadi lemot kembali. Hal-hal tersebut merupakan kebalikan dari cara-cara di atas. Selamat mencoba dan rasakan kembaliĀ  performa handal android pengguna!

Leave a Reply