Aplikasi Membuat Mind Mapping Smartphone dan PC Terlengkap!

By | April 24, 2021
Aplikasi Membuat Mind Mapping

Mind mapping adalah peta pikiran memakai diagram berisi informasi atau konsep kunci dan tampak secara visual. Memakai mind mapping membuat pemakai menjadi lebih kreatif berpikir. Peta pikiran tidak cuma dapat ditulis menggunakan alat tulis, sekarang terdapat aplikasi membuat mind mapping dan mudah dipakai. Apa saja aplikasinya? Berikut rekomendasinya:

1. Mindomo

Mindomo merupakan aplikasi membuat mind mapping yang pertama. Mind mapping Mindomo termasuk aplikasi freemium, yakni perpaduan antara free dan berbayar. Aplikasi Mindomo sendiri tersedia untuk PC, di antaranya Windows, MacOS, dan Linux. Tak hanya PC, aplikasi Mindomo juga dapat digunakan di iPad dan android, lho.

Sangat lengkap, bukan? Khusus iPad dan android dapat pengguna pakai ketika sedang perjalanan atau ketika malas memakai PC. Untuk paket free, Mindomo menyediakan tiga peta pikiran gratis tapi berbatas. Jika pengguna menginginkan lebih, bisa menggunakan paket berbayar.

2. Ayoa

Pembuat aplikasi Ayoa adalah Chris Griffiths yang merupakan ahli dalam dunia mind mapping dan diperuntukkan bagi android. Ayoa ialah aplikasi yang memadukan kreativitas, manajemen sekaligus kolaborasi unik. Aplikasi mind mapping buatan Chris Griffiths teramat cocok dipakai secara individu atau berkelompok, lho.

Platform yang disediakan Ayoa juga terbilang lengkap. Di dalam Ayoa terdapat beragam fitur yang dapat pengguna pakai untuk berbagai keperluan, tak hanya mind mapping saja. Kegunaannya tersebut antara lain, memanajemen pekerjaan, membuat daftar atau list tugas, dan kerjasama tim atau individu.

3. Xmind 8

Xmind 8 merupakan aplikasi mind mapping yang terbilang lengkap dan profesional. Aplikasi Xmind 8 diperuntukkan untuk PC berbasis MacOS, iOS, sekaligus Windows. Ternyata, aplikasi Xmind 8 ini disebut software mind mapping terbaik bagi Mac dan paling terkenal, lho. Keren banget, bukan?

Karena fitur dari Xmind 8 yang begitu lengkap dan dapat dipakai profesional, tak mengherankan aplikasi digolongkan freemium. Untuk penggolongannya juga berbeda-beda, lho. Di antaranya Xmind 8 free untuk pemakaian, Xmind Plus dan Xmind Pro yang dipakai berbayar. Fitur canggih tersebut adalah Presentation Mode bergaya realistis yang wajib dicoba.

4. SimpleMind

SimpleMind merupakan aplikasi membuat mind mapping berikutnya. Aplikasi mind mapping SimpleMind juga terbilang cukup lengkap ditambah beberapa fitur canggih yang disediakan. Yang lebih mengesankan, SimpleMind dilengkapi dengan cara kontrol display sekaligus memiliki nuansa tersendiri.

BACA JUGA :  Aplikasi Converter Video PC dan Android Gratis Terbaik!

SimpleMind tersedia untuk smartphone maupun PC, lho. Mulai dari Mac, iPhone, iPad, android dan juga Windows. Kerennya lagi, terdapat fitur aplikasi SimpleMind yang dapat memindai otomatis ke kanvas mind map-nya. Fitur tersebut tentu membantu berhemat waktu sekaligus pemakai juga bebas melakukan editing terhadap mind mapping-nya, lho.

5. FreeMind

FreeMind ialah aplikasi peta pikiran yang memiliki banyak kegunaan tak cuma untuk membuat mind mapping saja. Kegunaan lainnya dari aplikasi FreeMind adalah untuk membuat dasar pengetahuan, lacak pekerjaan, brainstorming, dan masih banyak lagi. Fitur utama yang tersedia yaitu drag and drop serta copy-paste dapat digunakan secara free.

Sayangnya, FreeMind tidak dapat digunakan untuk bekerjasama atau berkolaborasi dengan tim. Penggunaan FreeMind dilakukan secara individual serta masih mempunyai fitur grafis dan fotonya yang dalam tahapan pemula. Namun, jangan terlalu kecewa karena aplikasi ini terus mengupdate fitur-fitur menjadi lebih canggih.

6. Scapple

Aplikasi mind mapping berikutnya, Scapple yang mempunyai fakta dikembangkan tahun 2006 oleh kelompok Literature and Latte. Tujuan pertama dari Scapple adalah mengenalkan pada para penulis cara simpel untuk mengembangkan keahlian yang dimiliki. Kerennya, sekarang Scapple menjadi salah satu software laris di dunia perpetaan pikiran, lho.

Penggunaan Scapple ini juga dibilang mudah daripada aplikasi mind mapping yang lain. Karena peralatan untuk membuat mind mapping-nya berjumlah kecil sehingga penguasaannya tak memakan waktu lama. Namun, aplikasi ini tidak boleh diremehkan, karena telah didukung beberapa fitur canggih lainnya.

7. MindManager

Ingin melakukan presentasi di hadapan klien atau kolega? Namun bingung memakai aplikasi mind mapping apa? Jangan bingung atau khawatir karena pemakai bisa menggunakan aplikasi MindManager. MindManager merupakan aplikasi membuat mind mapping yang terakhir.

Software ini dicipta terfokus digunakan untuk perusahaan raksasa. Karena fokus utama dari MindManager ini dipakai perusahaan raksasa, tentu saja dilengkapi dengan fitur tangguh dan handal. Walau aplikasi MindManager berbayar tetap disediakan trial gratis selama sebulan.

Nah, di atas merupakan aplikasi membuat mind mapping smartphone dan PC yang dapat dipakai untuk mengembangkan gagasan dan kreativitas. Penggunaan aplikasi mind mapping membuat penggunanya memiliki pemikiran terstruktur dan lebih kreatif. Ayo tuangkan ide, kreativitas, sekaligus rencana di aplikasi mind mapping. Selamat mencoba dan berkreasi!

Leave a Reply